Yuk Lancarkan Peredaran Darah dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini
Health

Yuk Lancarkan Peredaran Darah dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

29 October 2021 - 3 menit membaca




Darah merupakan cairan terpenting dalam tubuh. Selain mengatur suhu tubuh, darah berfungsi sebagai pengangkut oksigen dan nutrisi dari makanan untuk disalurkan ke seluruh tubuh, mengangkut limbah tubuh menuju ginjal dan hati, serta memaksimalkan proses penyembuhan luka.

Namun karena gaya hidup yang buruk, seperti kebiasaan merokok, konsumsi garam berlebih dan lainnya, membuat sistem peredaran darah jadi terhambat. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya, seperti diabetes, stroke dan gangguan jantung.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu melancarkan peredaran darah, diantaranya dengan mengkonsumsi beberapa makanan sehat berikut ini.


1. Cabai Rawit

Selain bisa digunakan sebagai mood booster, cabe rawit ternyata bisa diandalkan untuk membantu melancarkan peredaran darah. Kemampuan luar biasa ini disebabkan karena kandungan capsaicin, senyawa kimia yang bertugas merelaksasi otot yang melapisi pembuluh darah. 

Dengan otot pembuluh darah yang lebih rileks, peredaran darah akan berjalan lebih lancar, dan tekanan darah secara otomatis akan menurun. Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism.


2. Buah Bit

Buah bit sebenarnya jenis umbi-umbian yang bentuknya mirip ubi. Buah bit diketahui mengandung nitrat, senyawa aktif yang akan berubah jadi oksida nitrat yang berfungsi membantu melancarkan peredaran darah dengan cara memperlebar pembuluh darah.

Penelitian membuktikan jika konsumsi buah bit secara rutin efektif menurunkan tekanan darah sistolik. Bagi penderita hipertensi, Anda disarankan rutin mengkonsumsi buah bit selama 4-8 minggu, baik diolah menjadi jus atau diolah sebagai campuran salad. 


3. Buah Berry

Buah dengan rasa asam menyegarkan ini dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik menangkal dampak buruk dari paparan radikal bebas, termasuk dapat mengeraskan dinding arteri yang jadi penyebab utama lonjakan tekanan darah, dan berisiko memicu timbulnya penyakit iskemik. 

Selain itu, buah beri mengandung senyawa anthocyanin yang bermanfaat melindungi dinding arteri, menjaga pembuluh darah tetap fleksibel, dan merangsang pelepasan oksida nitrat yang berfungsi membantu menurunkan tekanan darah. Selain bagus untuk melancarkan peredaran darah, buah berry juga memiliki kandungan zat yang mampu membunuh bakteri jahat pada sistem pencernaan yang berpotensi mengganggu kesehatan lambung.


4. Ikan Laut Dalam

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah adalah dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3. Lemak sehat ini secara alami bertugas mengendalikan jumlah kolesterol jahat (LDL), yang jadi penyebab utama penyakit iskemik.

Meski asam lemak omega-3 tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, namun jangan khawatir, Anda bisa mendapatkannya dengan cara mengkonsumsi ikan yang bersal dari laut dalam, seperti makarel, salmon, trout, halibut, kerang-kerangan dan lainnya. 


5. Bawang Putih

Selain berkhasiat melezatkan makanan, bawang putih ternyata bisa digunakan untuk membantu melancarkan peredaran darah. Bumbu dapur dengan aroma menyengat ini mengandung senyawa allicin yang efektif merelaksasi pembuluh darah.

Selain itu, bawang putih punya kandungan spesial berupa zat nitric oxide (NO) dan hydrogen sulphide (H2S) yang tugasnya mirip dengan senyawa allicin, yakni menurunkan ketegangan dalam pembuluh darah, dengan tingkat efektivitas yang lebih tinggi. 

Selain mengkonsumsi makanan tersebut, Anda bisa menjaga peredaran darah tetap lancar dengan tetap menjalankan diet sehat untuk mengendalikan berat badan, rutin berolahraga minimalnya 30 menit per hari dan kelola stres dengan baik.


6. Kunyit

Seperti halnya bawang putih yang kerap menjadi bumbu dapur, kunyit juga memiliki khasiat yang baik untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa kurkumin yang ada pada kunyit. Selain itu, kunyit juga menjadi salah satu herbal alami untuk asam lambung serta anti inflamasi atau peradangan luka yang mudah didapatkan dan kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. The 14 Best Foods to Increase Blood Flow and Circulation
  2. Medical News Today. Diakses pada 2021. How to improve circulation




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya