Wajib Waspada! Stres Bikin Sakit Maag Gampang Kambuh
Health

Wajib Waspada! Stres Bikin Sakit Maag Gampang Kambuh

30 December 2021 - 3 menit membaca




Sakit maag merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa menimpa siapa saja. Ada banyak faktor penyebab dari penyakit ini, mulai dari gaya hidup yang buruk, pola dan cara makan yang kurang tepat, konsumsi obat-obatan tertentu, dan lainnya. 

Mengobati sakit maag hingga benar-benar 100% sembuh tergolong sulit, terlebih jika Anda sudah menderita penyakit ini cukup lama. Namun ada cara yang paling efektif untuk mengendalikannya, diantaranya dengan menurunkan faktor resiko penyebab maag kambuh. 

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk ini, diantaranya: 

  • Menghindari makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik, seperti makanan pedas, makanan tinggi lemak, makanan asam, makanan dan minuman tinggi kafein. 
  • Mengubah pola makan dengan makan sedikit namun teratur, mengunyah makanan hingga lembut, dan tidak makan berlebihan di satu waktu. 
  • Hindari rokok dan minuman keras. Kedua hal ini merupakan yang paling mudah meningkatkan asam lambung dan mempercepat sakit maag kambuh. 
  • Hindari konsumsi obat-obatan yang dapat memicu masalah asam lambung, seperti acarbose, preparat besi, cisapride, metformin, alendronat, kodein, dan obat antiinflamasi non-steroid. 

Selain itu, tidak banyak yang tahu jika menghindari stres merupakan salah satu cara yang cukup ampuh menurunkan resiko sakit maag kambuh.

Cara Stres Memicu Sakit Maag Kambuh

Memang terdengar sedikit aneh, namun faktanya stres bisa memicu gejala sakit maag kambuh. Ada beberapa alasan untuk mendukung klaim tersebut, diantaranya alasan umum yang menjelaskan tubuh akan cenderung lebih sensitif saat stres.

Dilansir dalam Healthline, para pakar setuju jika stres tidak dapat meningkatkan keasaman cairan lambung. Namun saat mengalami stres, tubuh seseorang akan merespons sesuatu dengan cara berlebihan, terutama hal-hal yang berhubungan dengan rasa sakit. 

Hal ini terjadi karena ketika stres otak akan memunculkan reseptor rasa sakit, dan membuat seseorang menjadi lebih sensitif terhadap peningkatan kadar asam. Tidak hanya itu, stres juga dapat menurunkan produksi prostaglandin yang berfungsi sebagai pelindung lambung dari efek cairan asam di lambung.

Alasan lainnya, sekaligus penguat klaim stres dapat memicu sakit maag kambuh karena selama stres, seseorang akan menghasilkan hormon yang dapat memperlambat kinerja sistem pencernaan. 

Kondisi ini akan membuat makanan yang masuk ke dalam lambung akan bertahan lebih lama, sehingga tubuh secara otomatis akan memproduksi asam lambung untuk menghancurkannya. Tidak hanya itu, kondisi lambung yang penuh akan membuat asam lambung naik ke kerongkongan. 

Masalah ini akan bertambah parah dengan fakta, beberapa orang cenderung mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung tinggi gula secara berlebih saat mengalami stres. Padahal seperti disebutkan di atas, kedua jenis makanan tersebut dapat memicu sakit maag kambuh. 

Klaim ini dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology, yang menyebut pasien sakit maag akan cenderung menghadapi gejala yang lebih parah saat mengalami stres. 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk mencegah terjadinya stres dan gangguan kecemasan, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengetahui pemicu dari stres tersebut. Namun secara umum, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya stres, diantaranya: 

  • Berolahraga secara rutin. Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies In Medicine.
  • Hindari hal-hal yang dapat memicu Anda stres, misalnya menghindari kemacetan, bekerja sesuai dengan passion, menghindari konflik dengan orang lain dan lainnya.
  • Cintai apa yang Anda lakukan. Misalnya dalam bekerja, Anda harus mencintai pekerjaan tersebut, dan menganggap bekerja sebagai cara lain untuk bersenang-senang. 
  • Berusaha untuk meredam keinginan, dan fokus kepada kebutuhan. Hal ini cukup penting dilakukan untuk memudahkan Anda mengelola stres. 
  • Lakukan apa yang ingin Anda lakukan, misalnya berlibur dan lainnya. Jadikan ini sebagai reward ketika Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan besar. 
  • Cukupi kebutuhan istirahat, terutama tidur malam, dan konsumsi makanan sehat. 

Jika gejala kecemasan dan stres yang Anda alami sudah dirasa sangat berat, segera cari bantuan profesional untuk mengatasinya. 


Referensi:

  1. Healthgrades. Diakses pada 2021. Can Stress Cause Heartburn?
  2. Healthline. Diakses pada 2021. Can Stress Cause Acid Reflux?
  3. UChicago Medicine. Diakses pada 2021. Stress and stomach pain: When should you see a specialist?




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya