Tips Nyaman Puasa Bagi Penderita Sakit Maag
Health

Tips Nyaman Puasa Bagi Penderita Sakit Maag

30 March 2021 - 3 menit membaca

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh seluruh kaum muslim di dunia. Selain itu, beberapa penelitian pun telah membuktikan jika berpuasa sangat baik untuk kesehatan, termasuk menyehatkan jantung, mengendalikan diabetes, dan lainnya.

Namun bagi penderita sakit maag, kamu nggak bisa asal berpuasa. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut merupakan tips agar nyaman puasa bagi penderita sakit maag.


1. Makan Secukupnya

Salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan banyak orang saat makan sahur dan berbuka puasa adalah, makan dalam jumlah banyak. Saat berbuka, mereka beralasan sangat lapar karena seharian tidak mendapat makanan dan minuman, sementara saat makan sahur alasannya agar ‘kuat’ puasa.

Jelas kebiasaan ini sangat berbahaya bagi kesehatan, karena lambung akan dipaksa bekerja lebih keras dalam satu waktu. Akibatnya, produksi asam lambung pun meningkat, dan gejala maag pun akan mudah kambuh. Solusinya, makan secara perlahan, lebih sering dalam porsi yang sedikit.


2. Jangan Terburu-buru

Selain makan dalam jumlah banyak, kebanyakan dari kita un kerap makan terburu-buru. Tidak hanya saat berbuka puasa, kebiasaan ini pun kerap dilakukan saat makan sahur. Terutama ketika Anda bangun kesiangan dan mendapati waktu makan sahur tinggal sebentar lagi.

Agar nyaman puasa bagi penderita sakit maag, tentu saja Anda harus tetap makan dalam kondisi santai. Setelah Adzan Maghrib, mulailah dengan segelas air hangat, kemudian setelah shalat maghrib mulai menyantap makanan utama sedikit demi sedikit. Lakukan hal yang sama saat makan sahur.


Baca Juga:

Tips Memenuhi Kebutuhan Air Selama Berpuasa

Tetap Sehat Dan Nyaman Puasa Meski Sakit Maag

Puasa Bikin Badan Tambah Sehat, Mitos Atau Fakta?


3. Hindari Makanan Pemicu Maag

Sebisa mungkin Anda harus menjauhi makanan yang bisa memicu sakit maag, terutama saat pertama berbuka puasa, dan makan sahur. Misalnya, makanan dengan kandungan lemak tinggi, terlalu pedas, makanan atau minuman terlalu asam, makanan mengandung kafein, dan lainnya.

Bagi para perokok, cobalah untuk menjadikan puasa sebagai terapi agar Anda terbebas dari kebiasaan ini. Pasalnya, banyak penelitian yang membuktikan jika kebiasaan buruk ini lebih cepat menyebabkan masalah lambung ketimbang faktor resiko dari makanan.


4. Pilih Menu Yang Tepat

Kunci utama agar nyaman puasa bagi penderita sakit maag adalah, memilih menu makanan yang tepat, baik saat buka puasa maupun makan sahur. Untuk menu berbuka puasa, pilihlah menu makanan yang mudah diserap tubuh, seperti jus buah tanpa es dan gula, sebagai makanan pembuka.

Untuk menu utama berbuka puasa, Anda bisa mengkonsumsi makanan tinggi serat, seperti oatmeal, roti gandum utuh dan lainnya. Menu yang sama sangat disarankan saat makan sahur, dengan tambahan buah-buahan utuh sebagai makanan penutup.


5. Hindari Tidur Setelah Makan

Karena bangun dini hari, kebanyakan orang lebih memilih untuk kembali tidur setelah makan sahur. Ini jelas sangat buruk bagi kesehatan, mengingat tidur atau berbaring setelah makan dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan memicu heartburn.

Solusinya, setelah makan sahur cobalah untuk melakukan aktivitas ringan, seperti membereskan bekas makan, mencuci piring, atau beres-beres rumah. Setelah shalat Subuh, Anda pun disarankan untuk mengikuti pengajian atau yang dikenal dengan istilah ‘Kuliah Subuh’.

Yang tidak kalah penting, agar nyaman puasa bagi penderita sakit maag, pastikan Anda selalu mengendalikan emosi, kelola stres dengan baik, jangan banyak tidur di siang hari, dan sore hari Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ringan. Perlu dipastikan sebelum berpuasa untuk memeriksakan kesehatan lambung anda ke dokter, sakit maag fungsional akan sembuh dengan buasa, namun pada sakit maag yang organik memerlukan terapi penyembuhan terlebih dahulu dengan pantauan dari dokter.


Referensi:

  1. Naluri.life. Diakses pada 2021. Tips on Fasting for People With Gastric or GERD
  2. Houstonheartburn.com. Diakses pada 2021. Does Fasting Increase Heartburn?
  3. livestrong.com. Diakses pada 2021. Acid Indigestion When You're Fasting: What You Need to Know
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai