tips-menetralkan-asam-lambung
Ahlinya Lambung

Tips Menetralkan Asam Lambung

24 June 2020 - 3 menit membaca

Pernah mengalami sensasi terbakar atau heartburn di area dada? Atau mulut terasa pahit hingga sering bersendawa? Jangan diabaikan, karena hal ini bisa jadi tanda dari asam lambung naik. Tentu saja akan terasa menyiksa bila gejala ini muncul terus saat kamu beraktivitas. Supaya semua kegiatanmu tidak terganggu, kamu perlu menetralkan asam lambung dengan cepat. 

Cara cepat menetralkan asam lambung

Asam lambung harusnya berada di dalam lambung, sayangnya karena otot-otot kerongkongan melemah, cairan tersebut bisa naik ke kerongkongan.

Ketika itu terjadi, kamu akan mengalami sensasi seperti terbakar di ulu hati. Bahkan terkadang kondisi ini membuat mulut terasa asam dan pahit. Sayangnya, jika dibiarkan begitu terus, kamu akan mengalami masalah lain, seperti bau mulut, gigi rusak, radang tenggorokan, hingga batuk berkepanjangan. 

Supaya itu tidak terjadi, kamu bisa mencoba beberapa tips jitu yang bisa bantu menetralkan asam lambung naik. 

1. Minum obat maag

Ketika perut terasa perih, ulu hati nyeri dan terasa terbakar, hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah minum obat. Nah, obat maag yang kamu pilih juga tak bisa sembarangan.

Agar kamu cepat terbebas dari gejala yang menyiksa tersebut, kamu butuh obat maag yang punya antasida ganda. Salah satu contohnya adalah Promag Double Action.

Obat ini bisa mengatasi masalah lambung yang disertai gejala nyeri lambung, ulu hati, mual, dan kembung. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lagi jadwalmu terganggu akibat maag kambuh. 

2. Makan perlahan dalam porsi kecil dan teratur

Selain menyebabkan obesitas, makan dengan porsi yang berlebihan bisa memengaruhi kesehatan lambungmu. Bagi kamu yang sering mengalami maag, kamu harus ubah pola makanmu dari sekarang.

Supaya asam lambung terus stabil dan netral, sebaiknya kamu makan dalam porsi kecil tapi sering. Tentu saja makannya harus pelan-pelan, ya! Nikmati makananmu dan tidak perlu terburu-buru.

Kamu juga lebih baik buat jadwal makan yang teratur. Pasalnya, kamu telat makan sampai 2-3 jam, asam lambung yang diproduksi semakin banyak dan berlebihan. Akibatnya, timbul rasa nyeri di ulu hati hingga perut. 

3. Hindari makanan pedas dan asam

Bagi pecinta makanan pedas dan asam, tampaknya kamu perlu mengontrol makanan kesukaanmu. Makanan yang pedas berlebihan mudah memicu sistem pencernaan berkontraksi, hingga menimbulkan nyeri pada ulu hati. Hal ini bisa menimbulkan asam lambung naik yang berkelanjutan.

Kalau pada hari-hari biasa kamu lebih suka makan makanan yang bersifat asam, segera ganti dengan menu yang lebih sehat. Berlebihan mengonsumsi makanan asam bisa menyebabkan iritasi pada saluran cerna.

Pasti kamu tidak mau, kan, tiba-tiba nyeri di ulu hati dan perut bergejolak padahal sedang asyik berkumpul bareng teman. Nah, agar itu tidak terjadi, kamu harus menghindari buah dengan rasa asam seperti apel, tomat, stroberi, anggur, maupun jeruk. 

4. Duduk tegak setelah makan

Untuk menetralkan asam lambung, kamu bisa duduk tegak setelah makan. Sistem pencernaan dapat mengolah makanan yang masuk dengan baik ketika kita duduk tegak. Cara ini baik dibiasakan saat setelah selesai makan untuk menghindari sakit maag.

Hindari juga kebiasaan tiduran setelah makan yang justru dapat mengganggu sistem pencernaan dan mengacaukan asam lambungmu. 

5. Mengunyah permen karet

Cara cepat lain untuk menetralkan asam lambung adalah mengunyah permen karet. Saat kamu mengunyah permen karet, otomatis produksi air liur akan bertambah dan kamu jadi lebih sering menelan. 

Peran air liur di sini dapat menetralkan asam lambung, menenangkan esofagus, dan mengembalikan asam kembali ke lambung. Namun, hindari mengunyah permen karet peppermint yang justru berisiko memicu asam lambung.

6. Hindari kafein

Baik kopi atau teh mengandung kafein. Kamu yang sering mengalami nyeri di perut dan ulu hati perlu membatasi asupan kafein. Ini karena asupan kafein hanya memperparah kenaikan asam lambungmu. Nah, tidak mau ini terjadi terus-terusan, kan? 

Untuk sementara waktu, kamu bisa memilih minuman tanpa kafein. Namun, bila kamu tipe orang yang tidak bisa hidup tanpa kopi dan teh, kamu bisa memilih teh herbal atau teh buah dan kopi tanpa kafein. 

7. Hindari makanan yang mengandung gas

Tak sedikit orang yang tahu ada beberapa makanan yang perlu dihindari ketika mengalami kenaikan asam lambung, seperti sawi, kol, nangka, pisang ambon, maupun kedondong. Makanan ini justru menghasilkan gas di dalam perut yang berdampak terjadinya kenaikan asam lambung.

Kamu bisa mengonsumsi telur putih, kacang-kacangan, maupun oatmeal. Jahe juga dipercaya memiliki kelebihan alami untuk menetralkan asam lambung berkat sifat antiradangnya.


Sumber

Diet Lambung. http://www.yankes.kemkes.go.id/read-diet-lambung-revisi-4250.html. Diakses 28 Agustus 2019.

What is Reflux Acid? https://www.medicalnewstoday.com/articles/146619.php. Diakses 28 Agustus 2019.

What is Acid Reflux DIsease? https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/what-is-acid-reflux-disease#1. Diakses 28 Agustus 2019.

Heartburn (Acid Reflux, GERD): Causes, Symptoms and Remedies. https://www.onhealth.com/content/1/heartburn_symptoms_gerd_remedies_acid_reflux

Diakses 28 Agustus 2019.

Should people with GERD avoid caffeine? https://www.medicalnewstoday.com/articles/323333.php. Diakses 28 Agustus 2019.

Diagnosis and treatment of gastroesophageal reflux disease. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4133436/. Diakses 28 Agustus 2019.

11 stomach-soothing steps for heartburn. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/11-stomach-soothing-steps-for-heartburn. Diakses 3 September 2019.


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai