Tips Memenuhi Kebutuhan Air Selama Berpuasa
Health

Tips Memenuhi Kebutuhan Air Selama Berpuasa

30 March 2021 - 3 menit membaca

Selama berpuasa tubuh Anda tidak akan mendapatkan asupan apapun, baik makanan maupun minuman. Hal ini tentu menimbulkan banyak kekhawatiran, salah satunya ancaman dehidrasi yang disebabkan karena ketidakmampuan Anda memenuhi kebutuhan air selama berpuasa.

Kondisi ini diperparah dengan banyak orang yang jarang mengkonsumsi air putih selama berbuka, dan beberapa kebiasaan buruk lainnya, seperti merokok, konsumsi kopi dan teh secara berlebihan, yang bersifat diuretik alias dapat menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil.


Cara Memenuhi Kebutuhan Air Selama Berpuasa

Pada dasarnya setiap orang punya kebutuhan air putih yang berbeda, sesuai dengan tingkat aktivitas dan berat badannya. Namun untuk memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan kebutuhan cairan, beberapa pakar gizi memberikan rumus sederhana, yakni 8 gelas atau 2 liter cairan per hari.

Karena hanya bisa mengkonsumsi makanan dan minuman di malam hari, maka untuk memenuhi kebutuhan air selama berpuasa, Anda bisa mengakalinya dengan pola 2-4-2, dengan perincian:

  1. 2 gelas saat berbuka puasa, bisa dilakukan dengan 1 gelas sebagai pembatal, dan satu gelas lagi setelah Anda mengkonsumsi makanan pembuka.
  2. 4 gelas di malam hari, bisa dilakukan dengan cara, 1 gelas sebelum berangkat shalat tarawih, 1 gelas setelah pulang shalat tarawih, 1 gelas sebelum tidur, dan 1 gelas saat bangun tidur.
  3. 2 gelas saat makan sahur, bisa dilakukan dengan cara, satu gelas sebelum sahur, dan satu gelas setelahnya. Bisa juga 1 gelas setelah makan sahur, dan 1 gelas menjelang imsak.

Sebagai catatan, jumlah tersebut bukan mutlak berasal dari air putih saja, tapi juga bisa didapat dari buah-buahan, sayuran hijau, air kelapa muda, dan sumber makanan yang mengandung banyak cairan. Anda pun bisa mendapatkan asupan cairan dari sayuran sup, jus buah, dan lainnya.


Baca Juga:

Tetap Sehat Dan Nyaman Puasa Meski Sakit Maag

Puasa Bikin Badan Tambah Sehat, Mitos Atau Fakta?

Puasa Bagi Lansia, Perhatikan Ini Saat Sahur dan Berbuka

Ingin Tetap Olahraga Selama Berpuasa? Begini Caranya


Jangan Minum Secara Berlebihan

Demi memenuhi kebutuhan air selama berpuasa, banyak orang yang memilih untuk minum dalam jumlah banyak di satu waktu. Biasanya, kebiasaan buruk ini dilakukan setelah makan sahur atau menjelang imsak dengan dalih sebagai ‘persediaan’ di siang hari.

Perlu diingat, metode seperti ini tidak dibenarkan mengingat tubuh manusia tidak didesain untuk bisa menyimpan cairan seperti halnya unta atau hewan sejenis. Bagaimanapun juga, tubuh manusia didesain untuk langsung mencerna setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Kebiasaan minum secara berlebih dalam satu waktu bisa menyebabkan peningkatan kadar cairan tubuh yang tidak wajar. Karena sifat air mudah diserap, kondisi ini bisa menyebabkan lonjakan volume darah, hingga akhirnya akan membebani kinerja jantung dan ginjal.

Mengenai kebiasaan ini, Professor Michael Farrell dari Monash University, pernah melakukan penelitian dengan dengan FMRI (Functional Magnetic Resonance Imaging).

Hasilnya cukup menakutkan, konsumsi air putih dalam jumlah banyak di satu waktu bisa menyebabkan daerah prefrontal otak bekerja lebih berat, hingga menyebabkan korteks frontal tumpang tindih. Dalam kondisi ekstrim, kondisi ini bisa menyebabkan kematian.

Selain itu, kebiasaan ini pun bisa menyebabkan keracunan air atau hyponatremia. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala mual, lesu, pusing, kejang hingga koma.

Maka dari itu, demi memenuhi kebutuhan air selama berpuasa, Anda disarankan untuk menggunakan pola 2-4-2 seperti yang dijelaskan di atas, dan maksimalkan dengan konsumsi makanan yang mengandung banyak cairan, seperti buah-buahan, dan sayuran. Namun pola 2-4-2 ini tidak berlaku jika ada aktifitas diluar ruangan, dengan suhu tinggi sehingga memicu keluarnya keringat berlebihan, perlu dilakukan penyesuaian pada kasus kusus tersebut untuk menghindari terjadinya dehidrasi.


Diakses pada 2021:

  1. zerofasting.com. Diakses pada 2021. How to Stay Hydrated While Fasting
  2. popsugar.com. Diakses pada 2021. You're Probably Not Drinking Enough Water While Intermittent Fasting
  3. betterme.world. Diakses pada 2021. How Much Water Should I Drink While Fasting: Estimating Your Fluid Needs
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai