mencegah asam lambung
Ahlinya Lambung

Tips Atur Pola Makan untuk Mencegah Asam Lambung Naik

01 November 2019 - 3 menit membaca

Untuk mencegah asam lambung naik terus, kamu mungkin perlu mengubah pola makan sehari-harimu mulai dari sekarang. Pasalnya, kebiasaan makan tertentu atau pilihan menu makanmu sering tidak disadari justru memicu asam lambung naik. Yuk, baca dan ikuti tips berikut.

Tips mengatur pola makan untuk mencegah asam lambung naik

Pengidap maag atau refluks asam lambung bukan berarti harus pantang makan ini-itu. Kamu masih bisa makan enak setiap hari, asalkan pintar mengatur pola makannya untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Seperti apa?

1. Makan sering-sering dalam porsi kecil

Jika kamu suka makan sekaligus banyak dalam satu waktu, mulai sekarang ubah kebiasaan ini.

Makan banyak sampai kekenyangan bisa membuat asam lambung mudah naik ke kerongkongan. Sebab, lambung yang kedatangan makanan sekali banyak akan membuat katup kerongkongan tertekan sehingga terbuka. Akibatnya, berbagai gejala maag seperti mual dan perut kembung justru kamu rasakan sehabis makan karena isi lambung bocor ke kerongkongan.

Solusi makan yang terbaik untuk mencegah asam lambung naik adalah lebih sering tapi porsinya juga lebih kecil. Makan sering-sering dalam porsi kecil tidak akan membuat lambung langsung kepenuhan sehingga menekan katupnya.

Begitu kamu merasa kenyang, sebaiknya segera berhenti makan dan tak usah memaksa untuk menghabiskan semuanya. Simpan makananmu dan nikmati kembali saat perut mulai terasa lapar.

2. Membatasi makanan tertentu

Tidak semua makanan ramah untuk lambung pengidap maag. Oleh karena itu, kamu perlu tahu makanan apa saja yang sekiranya harus dibatasi atau kurangi untuk mencegah asam lambung naik.

Dilansir dari laman International Foundation for Gastrointestinal Disorders, beberapa makanan dan minuman itu adalah:

● Makanan tinggi lemak

● Kafein

● Cokelat

● Bawang

● Peppermint

● Minuman berkarbonasi

● Alkohol

● Tomat dan buah-buahan sitrus

Kamu tidak perlu menghindari total makanan ini. Hanya batasi frekuensi dan porsi makannya untuk mencegah asam lambung gampang naik.

Mungkin masih ada makanan lain yang juga memicu asam lambung kamu naik tapi tidak disadaari. Untuk mengenalinya, catat dalam buku khusus kira-kira makanan apa saja yang bisa memicu kondisi ini agar lain waktu kamu bisa menghindarinya.

3. Perbanyak makanan sehat

Sementara menghindari makanan dan minuman tertentu untuk mencegah asam lambung naik, kamu perlu mengimbangi asupannya dengan makanan sehat lain.

Berikut beberapa makanan yang bisa mengurangi asam lambung dan perlu kamu masukkan dalam menu makan harian:

● Sayuran seperti bayam, brokoli, dan kembang kol

● Jahe, memiliki sifat antiradang dan mengatasi masalah pencernaan ringan

● Oatmeal, terbuat dari gandum utuh dan bisa menyerap asam di lambung

● Buah-buahan manis seperti melon, pisang, apel, dan pir

● Putih telur

● Daging tanpa lemak dan makanan laut

● Lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun atau minyak wijen

Konsisten menerapkan pola makan sehat menjaga asam lambung kamu tidak mudah naik ke kerongkongan.

4. Tidak membiasakan makan dekat waktu tidur

Sering makan mepet waktu tidur? Jangan dibiasakan. Makan sebelum tidur bisa meningkatkan produksi asam dalam lambung.

Ketika kamu berbaring, kemampuan katup penghubung kerongkongan dan perut juga menurun. Akibatnya, asam lambung bisa bocor dan naik ke kerongkongan. Makanlah paling tidak 3 sampai 4 jam sebelum tidur.

5. Tidak langsung berbaring setelah makan

Setelah makan, jangan tergoda untuk langsung rebahan meski perut sudah kenyang dan mata mulai sayup.

Usahakan untuk berdiri atau duduk tegap sehabis makan untuk mencegah asam lambung tidak bocor naik ke kerongkongan. Kamu juga bisa bersandar di kursi untuk menjaga cairan asam tetap di dasar lambung.

Jika ingin rebahan, beri jeda tiga jam setelah makan untuk memberi waktu sampai semua makan sudah tercerna dengan baik.

6. Hindari berolahraga keras setelah makan

Sebaiknya, hindari berolahraga terlalu keras setelah makan. Apalagi jika olahraganya mengharuskan berlari atau membungkukkan posisi badan. Kegiatan ini bisa membuat asam bergerak ke kerongkongan.

Jika kamu hendak berolahraga, lakukan yang ringan seperti jalan santai atau bersepeda santai. Jangan paksakan diri bergerak terlalu cepat dan keras segera setelah makan.

Paling tidak, beri jeda selama kurang lebih dua jam setelah makan sebelum mulai untuk membiarkan tubuh mencerna makanan dengan sempurna. Setelah itu, barulah kamu boleh berolahraga.

Kadang, gejala maag masih mungkin kambuh meski kamu sendiri sudah sangat menjaga pola makan. Kalau sudah begini, segera minum Promag yang tablet atau cair. Promag mengandung hydrotalcite yang bekerja cepat mengatasi gejala maag dan menetralkan asam lambung, dengan efek melindungi lebih tahan lama.


Sumber

Is It Bad After Meal? https://share.upmc.com/2015/11/is-it-bad-to-sleep-after-a-meal/ accessed on October 8th 2019

7 Tips to Control Your Acid Symptoms https://health.clevelandclinic.org/7-tips-to-control-your-acid-reflux-symptoms/ accessed on October 8th 2019

Lifestyle Guidelines for the Treatment of GERD https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15530-lifestyle-guidelines-for-the-treatment-of-gerd accessed on October 8th 2019

Indigestion https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/diagnosis-treatment/drc-20352215 accessed on October 8th 2019

Diet Changes for GERD https://www.aboutgerd.org/diet-lifestyle-changes/diet-changes-for-gerd.html accessed on October 8th 2019

9 ways to relieve acid reflux without medication https://www.health.harvard.edu/digestive-health/9-ways-to-relieve-acid-reflux-without-medication accessed on October 8th 2019

7 Foods to Help Your Acid Reflux https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition accessed on October 8th 2019

The fake Windows update is a never ending process which can prank your friends when you open it in full screen (F11) on their computer.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif