Timbul Keringat Dingin Saat Lambung Mengalami Masalah
Ahlinya Lambung

Timbul Keringat Dingin Saat Lambung Mengalami Masalah, Mungkin Ini Sebabnya!

28 May 2021 - 3 menit membaca

Saat melakukan aktivitas fisik, suhu tubuh akan meningkat. Untuk menurunkan suhu tersebut, tubuh akan memberikan respon dengan mengeluarkan banyak keringat. Kondisi serupa akan terjadi saat Anda berada di lingkungan yang panas atau ketika mengalami kegerahan.

Namun selain kondisi wajar di atas, ada kondisi lain yang menyebabkan tubuh tiba-tiba mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak, salah satunya saat lambung mengalami masalah. Apa penyebabnya?

Saat masalah lambung menyerang, tidak jarang tubuh akan mengeluarkan banyak keringat yang dikenal dengan keringat dingin. Istilah keringat dingin sendiri bukan berarti keringatnya yang dingin, namun keringat yang muncul saat suhu tubuh berada di titik normal.

Keringat dingin sendiri keluar bukan disebabkan karena aktivitas fisik, namun sebagai respons ada kondisi yang tidak normal, atau ada rasa ketidaknyamanan dalam tubuh, seperti menahan rasa sakit, gangguan kecemasan, dan lainnya. 

Umumnya keringat dingin akan keluar lebih banyak saat masalah lambung ini terjadi di waktu dan tempat yang tidak semestinya, atau masalah lambung yang disebabkan karena gangguan kecemasan, seperti sebelum saat wawancara kerja, akan bertemu dengan orang penting, dan lainnya. 


Bagaimana Cara Mengatasinya?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal General Hospital Psychiatry, menegaskan kecemasan secara tidak langsung dalam menyebabkan lambung mengalami masalah. Resiko ini semakin meningkat jika Anda terbiasa mengelola gangguan kecemasan dengan merokok. 

Hal yang sama diungkap The National Women's Health and Information Center, yang menjelaskan jika stres dan gangguan kecemasan dapat memperburuk masalah lambung yang Anda derita, dan meningkatkan resiko kekambuhannya. 

Untuk mengatasinya, saat lambung mengalami masalah, hal pertama yang harus dilakukan adalah, mengonsumsi obat antasida, terlebih jika masalah lambung ini menimbulkan rasa sakit yang sangat menyiksa, seperti nyeri di ulu hati, dada atau malah menyebabkan heartburn. 

Setelah itu, cobalah untuk mengatasi penyebab utamanya. Misal jika masalah lambung muncul karena cemas atau gugup saat akan bertemu dengan orang penting, wawancara kerja, ujian dan lainnya, Anda bisa mencoba menenangkan diri dengan teknik pernafasan dan meditasi. 

Anda juga bisa menghirup minyak aroma terapi, dan membisikkan kata-kata motivasi yang bisa membuat Anda lebih yakin dan percaya diri.


Cara Mencegahnya Masalah Lambung

Untuk mencegah keringat dingin muncul akibat masalah lambung yang mulai menyerang, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meminimalisir penyebabnya dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar Anda merasa lebih percaya diri. 

Misalnya, pelajari data-data yang dibutuhkan sebelum bertemu dengan orang penting, cari tahu apa yang diinginkan client, dan siapkan presentasi yang memukau. Intinya, lakukan persiapan sebaik mungkin agar kepercayaan diri Anda meningkat. 

Selain melakukan persiapan matang dari faktor psikis, Anda pun wajib melakukan persiapan dari sisi pencegahan secara fisik, misalnya dengan makan dalam porsi sedang belum berangkat, jauhi makanan yang bisa memicu kambuhnya masalah lambung, dan selalu siapkan antasida di tas Anda. 

Tidur yang cukup, dan olahraga sebelum berangkat kerja, terbukti cukup efektif membuat Anda lebih siap, dan membantu mencegah lambung mengalami masalah di saat yang tak terduga.


Referensi:

  1. healthline.com. Diakses pada 2021. What Causes Cold Sweats and What Can You Do About It?
  2. healthline.com. Diakses pada 2021. Is GERD Causing Your Cold Sweats?
  3. US News Health. Diakses pada 2021. Does Stress Cause Stomach Ulcers?
Artikel Terkait
uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

uploads/2/2019-08/l5_cara_menurunkan_asam_lambung_yang_efektif.jpg
Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

uploads/2/2019-08/l2_asam_lambung.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya