Tetap Sehat Dan Nyaman Puasa Meski Sakit Maag
Health

Tetap Sehat Dan Nyaman Puasa Meski Sakit Maag

30 March 2021 - 3 menit membaca

Berpuasa merupakan tantangan besar yang harus dihadapi pengidap sakit maag. Selain melewatkan waktu makan, mereka pun harus lebih jeli dalam memilih makanan saat sahur dan buka puasa. Tentu ini dilakukan untuk mencegah sakit maag kambuh.

Tapi jangan khawatir. Faktanya, berpuasa justru baik untuk Anda yang punya sakit maag, dengan catatan Anda konsisten menjalankan gaya hidup yang baik. Berikut merupakan tips penting tetap nyaman puasa meski sakit maag.


Makan Secukupnya

Saat berbuka dan makan sahur, banyak orang yang terjebak dalam pola makan berlebih di satu waktu. Padahal kebiasaan ini justru malah akan membebani kinerja lambung, dan membuatnya memproduksi banyak asam lambung. Jelas ini sangat berbahaya, terutama untuk Anda penderita sakit maag.

Solusinya, sebaiknya makanlah secara perlahan, dalam porsi kecil tapi sering. Misal, konsumsi dessert saat buka puasa, kemudian makan sedikit nasi setelah sholat maghrib. Anda bisa melanjutkan makan setelah shalat tarawih. Selama menunggu jam tidur, Anda bisa ngemil buah-buahan, dan lainnya.


Jangan Terburu-buru

Karena merasa sangat lapar, atau ketika bangun kesiangan dan waktu sahur tinggal sebentar, banyak orang yang akhirnya makan secara terburu-buru. Kondisi ini membuat makanan yang masuk ke dalam mulut tidak dikunyah dengan sempurna.

Kebiasaan ini sangat berbahaya karena bisa membebani kinerja lambung, kondisi ini makin parah jika makanan yang Anda konsumsi cukup banyak. Solusinya, meski Anda merasa sangat lapar dan terburu-buru, pastikan untuk selalu mengunyah makanan dengan sempurna sebelum menelannya.


Baca Juga:

Puasa Bikin Badan Tambah Sehat, Mitos Atau Fakta?

Puasa Bagi Lansia, Perhatikan Ini Saat Sahur dan Berbuka

Ingin Tetap Olahraga Selama Berpuasa? Begini Caranya

Fakta, Ternyata Puasa Bisa Sembuhkan Maag!


Hindari Pemicu Sakit Maag

Di bulan puasa ada banyak makanan yang harus Anda waspadai, terlebih jika dikonsumsi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa, misalnya makanan pedas, tinggi lemak, minuman bersoda, dan lainnya. Makanan-makanan tersebut bisa memicu sakit maag Anda kambuh.

Anda bisa masih bisa puasa meski sakit maag dengan cara mengganti makanan pembuka dengan asupan yang lebih padat gizi, dan aman bagi lambung. Contohnya buah-buahan non asam, atau kurma. Selain itu, hindari kebiasaan merokok selama berpuasa agar tidak jadi masalah bagi lambung Anda.


Hindari Tidur Setelah Makan

Biasanya setelah makan sahur, Anda akan menunggu waktu pagi dengan tidur kembali. Terlebih jika di malam hari Anda kurang tidur. kebiasaan ini jelas sangat buruk, mulai dari memicu terjadinya heartburn, hingga meningkatkan resiko sakit maag kambuh di siang hari.

Solusinya, sambil menunggu Subuh, Anda bisa melakukan kegiatan produktif, seperti mencuci piring bekas, atau beres-beres rumah. Setelah Subuh, Anda bisa melanjutkan kegiatan tersebut, kemudian melakukan persiapan sebelum beraktivitas. Jika mengantuk, Anda bisa tidur di siang hari.


Kendalikan Emosi

Mengendalikan emosi jadi hal yang sulit dilakukan. Padahal emosi yang tidak terkendali bisa meningkatkan stres, dan mudah menyebabkan sakit maag kambuh. Selain itu, saat tidak mampu mengendalikan emosi, Anda sudah kehilangan esensi dari ibadah puasa, yakni pengendalian diri.

Solusinya kembali kepada diri Anda masing-masing. Teruslah berusaha mengendalikan amarah, dan hindari hal-hal yang bisa membuat Anda marah. Jika Anda merasa emosi sudah memuncak, cobalah untuk duduk dan tarik nafas dalam-dalam. Jika sulit dikendalikan, cobalah untuk tidur atau berbaring.

Dengan trik tersebut, Anda dijamin masih bisa puasa meski sakit maag. Jangan lupa untuk selalu menyediakan obat sakit maag dalam kotak P3K di rumah Anda.


Referensi:

  1. Medicalnewstoday.com. Diakses pada 2021. Fasting: Health benefits and risks
  2. Naluri.life. Diakses pada 2021. Tips on Fasting for People With Gastric or GERD
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya