Ternyata Stres Bisa Sebabkan Pencernaan Bermasalah. Begini Cara Atasinya
Lifestyle

Ternyata Stres Bisa Sebabkan Pencernaan Bermasalah. Begini Cara Atasinya

28 May 2021 - 3 menit membaca

Ada banyak hal yang bisa membebani pikiran kita, hingga akhirnya berujung kepada stres. Mulai dari masalah ekonomi, pergaulan sosial, keluarga, dan lainnya. Namun selain jadi masalah psikis, stres pun bisa berubah jadi penyebab timbulnya penyakit fisik, seperti maag dan masalah pencernaan. 

Terlihat tidak ada hubungannya, tapi coba Anda ingat-ingat lagi. Pasti pernah kan merasa jadi sering bersendawa saat sedang cemas dikejar deadline, tiba-tiba sakit perut, atau mengalami heartburn saat tagihan jatuh tempo, sementara uang di tabungan tidak mencukupi untuk pembayarannya. 

Dilansir Healthline, gangguan kecemasan berlebih yang berujung kepada stres jangka pendek akan mempengaruhi pola makan Anda, misalnya jadi lebih suka menyantap makanan berlemak, atau malah kehilangan nafsu makan sama sekali. 

Kondisi ini menyebabkan proses pencernaan melambat, dan dalam jangka panjang dapat memicu masalah pencernaan dan gastrointestinal, seperti konstipasi, diare, asam lambung naik, dan lainnya. 


Bagaimana solusinya?

Pada dasarnya stres jangka pendek bisa diatasi dengan menyelesaikan penyebab utamanya, misalnya perbaiki hubungan dalam keluarga, menemukan solusi keuangan, dan lainnya. Nah sambil mencari solusi tersebut, Anda pun bisa mengikuti beberapa trik mengatasi stres jangka pendek berikut ini. 


Lakukan Yoga

Sebenarnya hampir semua jenis olahraga terbukti dapat melawan melawan stres dan berperan sebagai mood booster. Namun bedanya, yoga merupakan olahraga yang sangat fokus kepada olah pernafasan, dan peningkatan kesadaran diri, sehingga lebih efektif memberi ketenangan, dan cepat melawan stres. 

Untuk mengatasi stres dengan yoga, Anda bisa mengambil kelas terapi yoga selama 9 minggu, dengan durasi latihan minimal 2.5 jam per minggu. Agar hasilnya lebih efektif, pilihlah studio yoga yang berbasis alam dan jauh dari keramaian.  


Lakukan Meditasi

Meditasi merupakan salah satu teknik yang kerap dilakukan dalam yoga. Teknik meditasi ini berfokus kepada upaya menstabilkan detak jantung, melancarkan sirkulasi darah, dan melancarkan sistem pernafasan, sehingga sangat efektif dalam meredakan stres. 

Selain sambil berlatih yoga, Anda bisa langsung melakukan meditasi saat masalah yang berpotensi menyebabkan stres datang menyerang. Lakukan meditasi di dalam kamar, atau tempat lainnya yang memungkinkan Anda bisa lebih cepat meraih ketenangan. 


Konsumsi Prebiotik dan Probiotik

Selain menghilangkan tekanan psikis lewat yoga dan meditasi, Anda disarankan memperbaiki sistem pencernaan dengan menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri baik, sehingga jumlah bakteri jahat yang jadi penyebab utama masalah pencernaan bisa ditekan semaksimal mungkin. 

Untuk melakukannya, perbanyak mengkonsumsi makanan prebiotik dan probiotik yang terbukti dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti yoghurt, sauerkraut, kefir, kimchi, tape, tempe, bawang putih, pisang, kacang merah, rumput laut, apel, biji coklat, kacang almond dan lainnya. 


Jauhi Rokok dan Minuman Keras

Banyak orang yang langsung lari ke rokok, minuman keras dan obat penenang saat stres melanda. Faktanya, solusi yang dianggap instan tersebut justru malah berpotensi menyebabkan perasaan lebih tertekan, dan meningkatkan resiko masalah kesehatan, termasuk kesehatan lambung. 

Selain itu, konsumsi minuman keras, obat penenang, dan kebiasaan merokok dalam jangka panjang bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan yang lebih besar, seperti gangguan ginjal, serangan jantung, liver dan lainnya. 

Bagaimanapun juga, stres bisa memicu masalah kesehatan yang lebih besar, bahkan bisa memicu depresi dan meningkatkan keinginan bunuh diri. Anda harus segera mengatasinya. Jika masalah stres ini masih sulit ditangani, sebaiknya segera minta bantuan profesional.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya