Tanpa Sadar Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebab Gangguan Lambung
Ahlinya Lambung

Tanpa Sadar Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebab Gangguan Lambung

17 September 2021 - 3 menit membaca

Kebanyakan orang menilai jika gangguan lambung disebabkan karena konsumsi makanan pedas, berlemak dan jadwal makan yang tidak menentu. Padahal tanpa sadar, ternyata ada banyak kebiasaan buruk yang bisa jadi penyebab gangguan lambung. 

Misalnya, pola makan tidak sehat, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan dan junk food, konsumsi makanan tinggi gula, garam dan lainnya. Selain itu, kebiasaan makan berlebihan pun tanpa sadar bisa jadi pemicu gangguan lambung. 

Agar Anda lebih waspada, berikut merupakan beberapa kebiasaan buruk yang tanpa sadar bisa menyebabkan gangguan lambung.


Berbaring Setelah Makan

Setelah makan banyak biasanya akan timbul rasa kantuk yang sangat hebat. Selain itu, rasa kantuk pun terkadang datang setelah kita mengkonsumsi makanan tertentu, seperti karbohidrat sederhana, ikan berlemak, daging berlemak, buah ceri, kacang almond, dan lainnya. 

Jika hal itu datang menimpa Anda, sebaiknya abaikan atau melakukan aktivitas lain yang bisa mempercepat metabolisme. Pasalnya, tidur setelah makan bisa menyebabkan makanan yang tadi Anda konsumsi bocor bersama asam lambung melalui sfingter esofagus menuju kerongkongan. 

Kondisi inilah yang menyebabkan sensasi heartburn, salah satu gejala GERD. Hal ini berlaku saat Anda berbaring atau rebahan setelah makan (meski tidak benar-benar tidur).


Kurang Minum Air

Setelah makan kita disarankan untuk minum 1-2 gelas air putih. Selain itu, saat haus pun kita disarankan untuk langsung minum. Fungsinya banyak, selain untuk menyeimbangkan suhu dan mencegah dehidrasi, ternyata minum pun berfungsi untuk menjaga lambung tetap sehat. 

Untuk mencerna makanan, lambung membutuhkan bantuan air agar produksi asam lambung berjalan optimal. Saat kekurangan air, lambung otomatis akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut. Jika dilakukan dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa jadi penyebab gangguan lambung.

Kurang minum air putih pun bisa membuat proses mencerna di usus jadi terhambat, dan menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk sembelit dan gastritis.


Langsung Olahraga Setelah Makan

Anda disarankan makan terlebih dahulu sebelum olahraga. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kebiasaan ini, mulai dari memberi tenaga selama beraktivitas, memaksimalkan proses pembakaran kalori, menurunkan resiko gula darah drop atau  hipoglikemia dan lainnya.

Namun jangan asal makan, selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, Anda pun harus memberi jarak antara makan dan olahraga. Para ahli menyarankan agar Anda membiarkan tubuh selama 2-3 jam untuk mencerna makanan sebelum berolahraga. 

Langsung berolahraga setelah makan bisa menyebabkan banyak dampak buruk, mulai dari mual hingga muntah, sampai jadi penyebab gangguan lambung. 


Kurang Tidur

Kurang tidur ternyata berkaitan erat dengan beberapa masalah lambung, termasuk gastroesophageal reflux, dispepsia fungsional dan sindrom iritasi usus besar. Kondisi tersebut berkaitan erat dengan sistem pencernaan yang tidak sehat. 

Seperti kita ketahui, kebiasaan tidur buruk menyebabkan dampak buruk pada mikrobioma usus yang pada gilirannya akan menyebabkan masalah pencernaan, termasuk beberapa masalah lambung yang disebutkan di atas, dan masalah kesehatan secara umum.

Kurang tidur akan membuat Anda mudah stress. Jika tidak dikelola dengan baik, stres menyebabkan banyak dampak buruk pada kesehatan fisik, termasuk jadi penyebab gangguan lambung.


Referensi:

  1. Health. Diakses pada 2021. 7 Daily Habits That Can Halt Heartburn.
  2. Healthline.com. Diakses pada 2021. What You Need to Know About Heartburn
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya