Baik bagi Pencernaan, Buah-Buahan ini Bikin Kulit Cantik dan Awet Muda
Lifestyle

Tak Cuma Baik Untuk Pencernaan, Buah-Buahan ini Bikin Kulit Cantik dan Awet Muda

01 November 2021 - 3 menit membaca




Tak Cuma Baik Untuk Pencernaan, Buah-Buahan ini Bikin Kulit Cantik dan Awet Muda

Banyak orang yang hanya membatasi perawatan kecantikan dari luar dengan menggunakan berbagai produk skincare. Padahal untuk bisa cantik dan awet muda, kulit juga harus dirawat dari dalam dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menjauhi makanan yang dapat merusak kulit.

Nah, salah satu tips kulit cantik dan awet muda yang bisa Anda praktekkan kali ini adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Tapi tidak semua jenis buah, berikut merupakan beberapa buah yang bisa membantu Anda merawat kulit dari dalam. 


1. Alpukat

Alpukat merupakan buah dengan kandungan lemak sehat yang cukup melimpah. Selain menjaga kesehatan jantung, sistem pencernaan dan mencegah diabetes, lemak dalam alpukat ternyata terbukti ampuh menjaga kulit Anda tetap kenyal, lembab dan terlihat awet muda.

Selain itu, alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin E, jenis antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif akibat paparan radikal bebas. Untuk mendapat manfaat yang lebih maksimal, imbangi konsumsi alpukat ini dengan buah yang mengandung vitamin C.


2. Pepaya 

Hampir semua tips kulit cantik dan awet muda yang menggunakan buah-buahan selalu menyertakan pepaya. Tentu bukan tanpa alasan, buah yang satu ini mengandung molekul antioksidan yang sangat tinggi, yang membantu meningkatkan elastisitas kulit, dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Selain itu, pepaya pun efektif menghilangkan garis halus dan kerutan di kulit yang jadi tanda penuaan dini, mengandung enzim papain yang bertugas menjaga kulit Anda tetap lembab, cantik, awet muda, dan mencegah timbulnya jerawat. Pepaya juga memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.


3. Buah Beri Hitam

Buah beri hitam merupakan sumber vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Menariknya, buah yang satu ini ternyata bisa digunakan sebagai eksfoliator lembut yang membantu mempermudah pengelupasan kotoran dan sel kulit mati yang menutupi pori-pori wajah

Selain itu, buah beri hitam diketahui memiliki dua bentuk asam alfa hidroksi (AHA), yakni asam sitrat dan asam malat. Keduanya berperan sebagai pemecah sel kulit mati dengan sel kulit sehat, sehingga wajah Anda akan terlihat lebih bersih, cantik dan awet muda. 


4. Tomat

Anda pasti sering mendengar beberapa tips kulit cantik dan awet muda hanya dengan menggunakan buah tomat. Selain digunakan sebagai masker wajah, tomat ternyata bisa dikonsumsi untuk melindungi kesehatan dan kecantikan dari dalam. 

Hal ini disebabkan karena kandungan lycopene dalam tomat ampuh mengatasi kerusakan sel kulit, mencegah iritasi dan efektif mengatasi jerawat dari dalam. Kandungan lycopene dalam tomat ternyata tiga kali lebih kuat ketimbang buah lainnya yang mengandung zat yang sama.


5. Delima

Kandungan polifenol dalam buah delima tidak hanya berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh, tapi juga mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas, dan membantu meremajakan kulit dari dalam. Bahkan kandungan antioksidan dalam delima tiga kali lipat lebih kuat ketimbang teh hijau.

Selain itu, kandungan vitamin dalam buah delima tergolong tinggi, terutama vitamin C yang berfungsi mencerahkan kulit, mencegah pertumbuhan jerawat, mencegah terjadinya peradangan, dan efektif meningkatkan produksi kolagen yang menjaga kulit Anda tetap cantik dan awet muda.

Buah delima atau yang juga dikenal sebagai pomegranate adalah salah satu buah yang sangat baik untuk penderita sindrom dispepsia. Delima memiliki zat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab maag dan gangguan lambung. Biji buah delima juga mengandung asam linoleat dan asam lemak omega 3

Perlu dicatat, tips kulit cantik dan awet muda dengan mengkonsumsi buah-buahan yang disebutkan diatas tidak akan berhasil maksimal tanpa diimbangi dengan pola hidup sehat, seperti mengurangi konsumsi makanan berlemak, menghindari gula dan rutin berolahraga.

Selain itu, penting untuk tetap mengkonsumsi air putih, cukup istirahat dan hindari stres. Pasalnya, stres merupakan salah satu musuh utama yang bisa membuat terlihat lebih tua.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. The 12 Best Foods for Healthy Skin.
  2. Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 23 Foods That Are Good for Your Skin.




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya