Manfaat Blewah Untuk Sistem Pencernaan
Health

Tak Banyak Yang Tahu. Ini Manfaat Blewah Untuk Sistem Pencernaan

13 August 2021 - 3 menit membaca

Blewah merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia, terutama jelang bulan puasa. Buah yang sebenarnya masih masuk dalam keluarga melon ini dikenal kaya akan antioksidan, elektrolit dan fitonutrien, dengan khasiat yang luar biasa. 

Salah satu manfaat blewah adalah, dapat membantu mencegah stres oksidatif, mencegah peradangan, dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena kandungan serat dalam buah ini tergolong sangat tinggi, mencapai 1,5 gram serat per porsi


Manfaat Blewah Untuk Sistem Pencernaan

Khusus untuk sistem pencernaan, salah satu manfaat yang bisa diambil adalah kandungan airnya yang cukup banyak. Dengan mengkonsumsinya, tubuh akan terhidrasi dengan baik, jantung bekerja lebih maksimal, dan tentu saja sistem pencernaan akan berjalan lebih lancar. 

Selain itu, masih banyak manfaat blewah lainnya bagi sistem pencernaan Anda, diantaranya adalah: 

  1. Blewah terbebas dari FODMAP, karbohidrat yang sulit dicerna tubuh dan berpotensi memicu gejala sindrom iritasi usus dan gangguan pencernaan lainnya.
  2. Daging buah blewah sangat mudah dicerna, sehingga tidak membebani organ pencernaan Anda, termasuk memudahkan lambung dalam memprosesnya.
  3. Blewah mengandung elektrolit yang sangat tinggi, sehingga sangat baik digunakan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga atau saat cuaca panas. 
  4. Blewah mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin C dan kaya antioksidan. Kandungan ini menjadikan blewah baik dikonsumsi untuk mendetoksifikasi tubuh. 
  5. Makanan kaya air, seperti blewah dapat membantu meringankan gejala pencernaan yang tidak nyaman, termasuk kembung dan bengkak.
  6. Blewah mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung, ginjal dan berbagai organ penting lainnya. 

Kandungan karbohidrat dalam blewah pun tergolong tinggi, rendah kalori dan gula, sehingga baik dikonsumsi sebagai makanan utama saat diet. Anda bisa mengolahnya dengan tambahan sirup maple, madu atau bisa juga dijadikan sebagai campuran es buah.

Selain daging buahnya, biji blewah sebenarnya bisa dikonsumsi meski rasanya sedikit pahit. Biji blewah dikenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang berperan penting meningkatkan sistem metabolisme tubuh, menunjang kesehatan jantung, dan otak.


Manfaat Lain Blewah Untuk Kesehatan

Blewah mengandung dua fitonutrien pelindung, yakni cucurbitacins dan karotenoid. Dengan kedua jenis antioksidan tersebut, buah blewah dipercaya dapat mencegah banyak penyakit berbahaya, termasuk gangguan kardiovaskular, kanker dan neurodegeneratif. 

Selain itu, kedua antioksidan kuat tersebut diklaim efektif membantu menghentikan kerusakan sel tubuh yang disebabkan paparan radikal bebas, mampu mendukung produksi kolagen yang berfungsi menghambat proses penuaan dini, menjaga kulit tetap lentur dan kuat.

Buah blewah pun kaya akan vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan penglihatan, menyehatkan kulit, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kekebalan tubuhsementara kandungan vitamin C di dalamnya efektif menjaga kesehatan selaput lendir, dan menangkal kerusakan DNA.

Blewah pun bisa digunakan untuk mengekstraksi enzim superoksida dismutase, sejenis antioksidan kuat yang berperan penting melindungi tubuh dari stres oksidatif. Kandungan ini banyak juga ditemukan dalam kulit buah lemon.


Referensi: 

  1. medicalnewstoday.com. Diakses pada 2021. Everything you need to know about cantaloupe
  2. healthline.com. Diakses pada 2021. 7 Nutritious Benefits of Eating Cantaloupe
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya