Suka Ngemil Kacang Tanah. Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan
Health

Suka Ngemil Kacang Tanah. Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

21 December 2021 - 3 menit membaca




Kacang tanah merupakan salah satu camilan favorit yang bisa dengan mudah Anda jumpai. Selain dapat membantu memaksimalkan program diet, ngemil kacang tanah ternyata punya segudang manfaat lainnya yang wajib Anda ketahui. 

Kacang yang dikenal dengan sebutan peanuts, goobers atau groundnuts ini pada dasarnya merupakan jenis kacang Leguminosa berasal dari wilayah Amerika Selatan. Tumbuhan ini kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk dapat tumbuh subur di Indonesia. 

Berbeda dengan jenis kacang lainnya, kacang tanah dikenal karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Selain itu, kacang tanah mengandung lemak, serat, karbohidrat, karoten, thiamin, riboflavin, niasin, kalsium dan lainnya. Selain itu, kacang tanah juga kaya akan zat fitokimia dan antioksidan. 

Manfaat Kacang Tanah

Banyak penelitian yang telah membuktikan jika rutin mengkonsumsi kacang tanah bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari efektif membantu menurunkan tekanan darah hingga mampu menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko hipertensi dan stroke, 

Berikut merupakan beberapa manfaat konsumsi kacang tanah

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang menghindari kacang tanah karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi. Padahal menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research, kacang tanah justru efektif membantu mengurangi risiko obesitas.

Mengkonsumsi kacang tanah akan membuat perut tetap kenyang, sehingga keinginan untuk makan jadi berkurang. Tidak hanya itu, kandungan lemak dalam kacang tanah merupakan lemak baik yang bermanfaat sebagai sumber energi, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

Seperti dijelaskan di atas, kandungan lemak dalam kacang tanah merupakan jenis lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, kacang tanah juga kaya akan vitamin B3, zinc dan magnesium yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan jantung. 

Sementara itu, American College of Cardiology menyebut jika kacang tanah mengandung resveratrol dan asam oleat yang dapat membantu menjaga pembuluh darah, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan resiko stroke.

3. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Penyakit batu empedu atau cholelithiasis terbentuk dari sisa-sisa empedu dan kolesterol yang mengendap sehingga terjadi pengkristalan di dalam empedu. Jika terus dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan sumbatan di saluran empedu dan menyebabkan peradangan.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda disarankan untuk konsumsi kacang tanah yang terbukti menurunkan kolesterol dalam darah, dan mencegah terjadinya endapan di saluran empedu. Agar lebih maksimal, hindari makanan yang digoreng, dan tinggi gula.

4. Membantu Mengontrol Gula Darah

Kacang tanah bisa dijadikan sebagai camilan sehat bagi pasien diabetes. Pasalnya, selain kandungan seratnya yang cukup tinggi, kacang tanah pun memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Dengan kata lain, kacang tanah tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah. 

Selain itu, kacang tanah juga mengandung protein yang cukup tinggi, sehingga proses mencerna makanan jadi lebih lambat, dan suplai energi dapat terurai. Kondisi ini secara tidak langsung akan melepaskan banyak glukosa sebagai sumber energi.

5. Menurunkan Kolesterol

Seperti kita ketahui, dalam tubuh terdapat dua jenis kolesterol yang bekerja saling berlawanan. Jika Anda meningkatkan asupan kolesterol baik atau HDL (high-density lipoprotein), secara otomatis jumlah kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) akan menurun. 

Kacang tanah mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi kesehatan, termasuk lemak sehat, vitamin E dan serat larut yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah kolesterol baik, dan menekan jumlah kolesterol jahat dalam darah.

Tapi ingat, agar hasilnya lebih maksimal, pastikan Anda konsumsi kacang tanah yang diolah dengan cara rebus atau dipanggang, dan hindari menambahkan garam atau penambah rasa di dalamnya. 


Referensi:

  1. Healthline.com. Diakses pada 2021. Peanuts 101: Nutrition Facts and Health Benefits
  2. Stylecraze.com. Diakses pada 2021. Peanuts: 12 Health Benefits, Nutrition, And Possible Side Effects




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya