solusi sakit maag
Ahlinya Lambung

Solusi Sakit Maag untuk yang Hobi Makan

01 November 2019 - 3 menit membaca

Maag tidak harus membuat hidup sengsara karena pantang makan ini-itu. Dengan solusi tepat, kamu yang punya sakit maag tetap bisa terus makan enak tanpa khawatir gejalanya kambuh.

Solusi makan enak meski sakit maag

1. Pilih makanan yang ramah lambung

Solusi terbaik agar kamu bisa terus makan enak tanpa takut sakit maag kambuh adalah pilih makanan yang aman untuk lambung.

Kamu sebaiknya mulai makan makanan yang rendah kalori, rendah karbohidrat, dan rendah lemak. Tiga asupan nutrisi ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika berlebihan. Selain itu, juga dapat memparah maag kamu. Apalagi bila asupan karbohidratnya berasal dari makanan olahan seperti roti, es krim, kue, permen, dan donat. 

Kamu masih boleh makan nasi putih. Akan tapi jika bosan, kamu bisa mengganti sumber karbohidratnya dengan nasi merah, jagung, mie, ubi, atau kentang. Untuk lauknya, gantikan dengan yang berprotein tinggi. 

2. Atur porsi makan

Para ahli sepakat bahwa makan sedikit tapi sering lebih baik daripada makan sekali langsung dengan porsi besar. Kenapa?

Asupan makanan yang datangnya "menyicil" tidak akan membebani kerja perut untuk mengolahnya. Jadi begini, ketika makanan langsung datang sekali banyak, dinding lambung akan meregang karena dalamnya terisi penuh.

Semakin lambung meregang akan semakin menekan otot cincin sfingter yang ada di bagian atasnya. Otot sfingter idealnya menutup rapat setelah kamu makan agar isi lambung tidak naik ke kerongkongan. Namun ketika terus mendapat tekanan, otot tersebut akan mengendur sehingga asam lambung rentan naik ke kerongkongan. 

Maka kalau kamu terbiasa makan 3 kali sehari dalam porsi banyak, mulai sekarang pelan-pelan ubah kebiasaan ini. Sebaiknya bagi porsi makanan kamu jadi 5-6 porsi kecil setiap 4 jam sekali.

Solusi ini akan sangat membantu orang yang sakit maag agar bisa terus makan enak. Namun ingat, sebaiknya langsung berhenti makan sebelum kamu merasa kenyang, karena segala yang berlebihan itu tidak baik. 

3. Makan pelan-pelan

Ketika diburu waktu atau ketika melihat makanan favorit nganggur di atas meja, pasti ada hasrat untuk segera melahapnya sampai habis. Namun, sabar dulu. 

Makan terburu-buru dengan tempo yang sesingkat-singkatnya justru riskan membuat asam lambung naik, lho! Alih-alih kenyang, kamu malah akan tersiksa karena gejala maag kambuh. Belum lagi risiko tersedak ikut menghantui. Maka, tahan dulu keinginanmu itu.

Sebaiknya makanlah pelan-pelan. Makan pelan-pelan adalah solusi cukup jitu buat orang yang sakit maag agar bisa tetap menikmati setiap gigitannya. Selain mencegah asam lambung naik, kebiasaan makan ini juga membuat kamu cepat kenyang sehingga mencegah keinginan makan dalam porsi banyak. 

4. Masak makananmu sendiri

Ketimbang jajan atau beli makan di luar, tidak ada salahnya sesekali masak makananmu sendiri di rumah. Makanan yang kamu masak sendiri tentu lebih terjamin kebersihannya, dan juga bisa lebih sehat.

Dengan catatan, hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. Sebagai solusi, orang yang sakit maag bisa mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti dipanggang, direbus, dikukus, atau ditumis dengan sedikit minyak. 

5. Jangan langsung tidur atau rebahan setelah makan

Siapa yang tidak pernah tergoda untuk langsung rebahan habis makan karena mengantuk? Namun, sebaiknya jangan turuti hasrat tidur-tiduran itu.

Jika kamu langsung rebahan setelah makan, posisi ini membuat isi lambung beserta cairan asamnya rentan mengalir balik ke kerongkongan. Belum lagi jika kamu benar-benar langsung terlelap tidur. Tubuh tidak punya waktu yang cukup untuk mencerna makanan dengan sempurna.

Nah, hal inilah yang tanpa disadari dapat menyebabkan gejala maag kambuh sehabis makan. Sebaiknya beri jeda sekitar 2-3 jam kalau kamu ingin tidur sehabis makan. Solusi ini sering disepelekan, padahal dampaknya sangat baik untuk orang yang sakit maag. 

6. Selalu sedia obat maag

Ada kalanya mungkin gejala maag tetap datang mengganggu meski kamu sendiri sudah sangat berhati-hati. Kalau sudah begini, segera minum Promag. Promag mengandung hydrotalcite yang bekerja cepat mengatasi gejala maag, menetralkan asam lambung, serta melindungi lebih lama.

Promag tablet atau cair bisa jadi solusi cepat bagi orang yang sakit maag karena sangat mudah didapat di apotek, toko obat, swalayan, hingga warung dekat rumah tanpa menebus resep.


Sumber : 

Information, H., Diseases, D., (Dyspepsia), I., Indigestion, T., Center, T., & Health, N. (2019). Treatment of Indigestion | NIDDK. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Retrieved 8 October 2019, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/indigestion-dyspepsia/treatment 

Indigestion - Diagnosis and treatment - Mayo Clinic. (2019). Mayoclinic.org. Retrieved 8 October 2019, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/diagnosis-treatment/drc-20352215 

Lifestyle Changes to Treat GERD | Cleveland Clinic. (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 8 October 2019, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15530-lifestyle-guidelines-for-the-treatment-of-gerd 

GERD Diet | Everyday Health. (2019). EverydayHealth.com. Retrieved 8 October 2019, from https://www.everydayhealth.com/gerd/guide/diet/ 

Indigestion and Your Digestive System. (2019). WebMD. Retrieved 8 October 2019, from https://www.webmd.com/heartburn-gerd/indigestion-overview#1 


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai