Sering Salah Sangka, Ternyata Manfaat Buah Salak Bisa Cegah Sembelit
Health

Sering Salah Sangka, Ternyata Manfaat Buah Salak Bisa Cegah Sembelit

18 October 2021 - 3 menit membaca




Makan buah salak dengan kulit arinya bisa menyebabkan sembelit. Itulah salah satu mitos yang cukup populer di Indonesia. Padahal hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan klaim tersebut. Alih-alih menyebabkan sembelit, justru buah salak bisa mencegah sembelit.

Salak merupakan sejenis palma yang buahnya bisa dimakan, termasuk bagian kulit arinya. Ada banyak manfaat buah salak yang bisa Anda nikmati, salah satunya efektif melancarkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena kandungan tanin dan seratnya yang sangat tinggi. 

Kandungan serat dalam salak bisa membantu mempercepat proses pembuangan racun dan zat sisa dalam tubuh. Sementara kandungan tanin di dalamnya bersifat antimikroba yang ampuh menjaga kesehatan pencernaan dengan cara meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. 


1. Manfaat Lain dari Buah Salak

Tidak hanya efektif mencegah sembelit, buah salak ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini berguna untuk mencegah dampak buruk dari radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan menjaga tubuh dari infeksi bakteri.

Selain itu, masih banyak manfaat buah salak lainnya yang wajib Anda ketahui, diantaranya:


2. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, menjaga kesehatan tulang bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin D dan K. Kebetulan semua nutrisi tersebut sudah tersedia lengkap dalam buah salak. 

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, nutrisi yang terkandung dalam buah salak efektif memperkuat otot dan sendi, meningkatkan fungsi saraf dan menjaga kekentalan darah. 


3. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Penelitian yang dipublikasikan dalam Clinics in Dermatology, menyebut jika kandungan flavonoid pada buah salak bermanfaat untuk menjaga pigmentasi kulit, menjadikan kulit terlihat lebih cerah, dan menangkal kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.  

Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah salak efektif meningkatkan produksi kolagen, sejenis protein yang berfungsi menjaga kulit tetap kencang, lembut dan awet muda.


4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah salak lainnya adalah, mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena kandungan kalium, antioksidan, dan mineral dalam buah salak efektif melancarkan sirkulasi darah, sehingga beban jantung saat mengalirkan pasokan oksigen dan nutrisi ke tubuh jadi lebih ringan. 

Selain itu, salak mengandung beta karoten, sejenis antioksidan yang bertugas menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko stroke, dan menghambat pembentukan sel kanker dalam tubuh.


5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Seperti dijelaskan di atas, salak merupakan salah satu buah dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi. Selain menjaga kesehatan tulang, penelitian yang dilakukan University of California, Amerika menyebut jika zat besi dalam buah salak merupakan komponen penting dari hemoglobin.

Dengan rutin mengkonsumsi salak, sel darah merah Anda jadi lebih sehat, tubuh terasa lebih berstamina dan seluruh organ vital akan bekerja lebih maksimal.


6. Memaksimalkan Program Diet

Kandungan serat dalam buah salak bisa digunakan untuk menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa dengan mudah mengendalikan nafsu makan. Selain itu, kandungan kalsium dan karbohidrat pada salak berkhasiat untuk mendukung kebutuhan energi Anda selama menjalankan program diet.

Agar manfaat buah salak ini lebih maksimal, Anda bisa menggunakan buah salak sebagai camilan langsung, atau dimasukkan ke dalam campuran salad buah. Namun jika Anda sedang mengalami masalah pada lambung, sebaiknya batasi konsumsi buah salak.


Referensi:

  1. My Fitness Pal. Diakses pada 2021. Fruit - Salak (Snake Fruit).
  2. Organic Facts. Diakses pada 2021. Nutrition Facts & Health Benefits Of Salak (Snake Fruit)




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya