Sering Muncul. Waspadai 5 Masalah Kesehatan Pasca Lebaran Ini
Health

Sering Muncul. Waspadai 5 Masalah Kesehatan Pasca Lebaran Ini

21 June 2021 - 3 menit membaca

Hampir sama seperti saat memulai berpuasa, Anda akan kembali beradaptasi dengan pola makan baru saat lebaran. Seharusnya tidak ada masalah besar, namun yang jadi masalah kebanyakan menu lebaran mengandung banyak lemak dan gula yang bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Ini belum termasuk kondisi tubuh yang terkadang drop karena terlalu banyak aktivitas yang harus dikerjakan selama Idul Fitri, padahal kondisi tubuh belum mencapai puncak. Alhasil, kombinasi dari semua itu kerap mendatangkan beberapa masalah kesehatan yang cukup mengganggu.

Agar Anda menyiapkan solusinya sejak dini, berikut merupakan beberapa masalah kesehatan setelah lebaran yang wajib Anda waspadai.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas

ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Atas merupakan salah satu masalah yang kerap muncul saat lebaran. Salah satu gejala yang paling sering dialami adalah batuk dan pilek. Selain itu, ISPA pun bisa ditandai dengan munculnya demam ringan, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan lainnya.

ISPA disebabkan oleh infeksi virus, yang menyerang ketika sistem kekebalan tubuh melemah. Untuk mencegahnya, tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar, istirahat yang cukup, jauhi rokok, kelola stres dan minum air dalam jumlah yang cukup. 

Masalah Pencernaan

Sembelit dan diare merupakan salah satu masalah kesehatan setelah lebaran yang wajib Anda waspadai. Masalah pencernaan ini umumnya disebabkan karena banyak faktor, mulai dari konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, makanan pedas, makanan tinggi gula dan lainnya. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk melancarkan pencernaan, minum obat diare atau obat untuk mengatasi sembelit, dan pastikan untuk mengurangi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan kondisi tersebut, terutama makanan pedas dan berlemak.

Sakit Maag

Sakit maag disebabkan karena banyak faktor, salah satunya perubahan pola makan yang berubah drastis, tanpa diimbangi dengan pola makan yang baik. Selain itu, penyakit dengan gejala nyeri di ulu hati ini bisa juga muncul akibat infeksi bakteri helicobacter pylori.

Untuk mencegahnya, Anda bisa makan dalam porsi yang kecil tapi sering. Selain itu, masalah kesehatan setelah lebaran ini bisa diatasi dengan menghindari konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan lainnya. Hindari stress, perbanyak konsumsi serat dan pastikan selalu menyediakan obat antasida.

Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah mengalami peningkatan signifikan. Jika tidak dikelola dengan baik, masalah kesehatan yang berkaitan dengan kardiovaskular ini beresiko menyebabkan dampak lanjutan, seperti stroke, hingga kematian. 

Hipertensi bisa kambuh akibat konsumsi konsumsi makanan tinggi garam dan lemak, stres, dan kurang istirahat. Untuk mengatasinya, kendalikan tekanan darah dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan, jauhi rokok, dan pastikan selalu menyediakan obat hipertensi sesuai resep dokter.

Hiperglikemia dan Hiperkolesterolemia 

Hiperglikemia merupakan kondisi ketika gula darah melonjak tinggi akibat konsumsi makanan dengan kandungan gula dan tepung berlebih, seperti kue lebaran, minuman bersoda, sirup dan lainnya. Sementara hiperkolesterolemia merupakan kondisi ketika kadar kolesterol darah di atas normal.

Kedua masalah kesehatan setelah lebaran ini tergolong sangat berbahaya. Hiperglikemia bisa menyebabkan diabetes, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Sementara hiperkolesterolemia berkaitan erat dengan hipertensi, penyakit jantung, dan masalah kardiovaskular lainnya. 

Untuk mengatasinya, batasi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan gula darah dan kolesterol baik, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, kelola stres, dan istirahat yang cukup.

Referensi:

  1. halodoc.com. Diakses pada 2021. Awas! 6 Penyakit Ini Sering Muncul Setelah Lebaran
  2. detik.com. diakses pada 2021. Waspada, Penyakit Ini Sering Muncul Setelah Lebaran
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya