Sering Dijadikan Takjil. Ini Manfaat Sehat Makan Buah Kurma
Health

Sering Dijadikan Takjil. Ini Manfaat Sehat Makan Buah Kurma

28 May 2021 - 3 menit membaca

Jika ditanya buah apa yang paling populer di Indonesia selama Ramadhan, maka jawabannya pasti kurma. Buah kering khas Timur Tengah ini dikenal sebagai salah satu menu buka puasa favorit bagi banyak orang, dan terbukti punya banyak manfaat untuk kesehatan. 

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis kurma yang dijual sesuai dengan kelas dan kualitasnya. Namun terlepas dari perbedaan tersebut, berikut merupakan manfaat sehat makan buah kurma saat digunakan sebagai takjil.


Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Mirip dengan kismis dan buah ara yang diolah dengan cara dikeringkan, buah kurma tergolong punya kalori yang sangat tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Kalori dalam buah kurma ini sebagian besarnya berupa karbohidrat, sementara sisanya datang dari protein. 

Tapi jangan khawatir, meski tinggi kalori, kurma pun mengandung sejumlah vitamin, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Jadi tidak perlu mengkonsumsi makanan lain, dengan mengkonsumsi kurma, Anda sudah mampu mencukupi kebutuhan kalori dan gizi harian dengan maksimal. 


Menstabilkan Gula Darah 

Bagi penderita diabetes, manfaat sehat makan buah kurma bisa dimaksimalkan untuk menekan lonjakan gula darah setelah berbuka puasa. Pasalnya, selain karena kandungan nutrisinya yang lengkap, rasa manis kurma ternyata mampu menjaga kestabilan gula darah Anda. 

Meski belum ada penelitian ilmiah yang fokus membahas hal ini, namun beberapa pakar percaya jika rutin konsumsi kurma punya dampak baik untuk penderita diabetes. Namun ingat, pilih buah kurma berkualitas baik, yang tidak diolah dengan gula berlebih, misalnya kurma Ajwa.


Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain mengandung karbohidrat, kurma diketahui mengandung serat yang tinggi. Biasanya, semakin tinggi kualitas kurma, kandungan serat di dalamnya pun akan semakin tinggi. Maka dari itu, selama berpuasa, pastikan untuk memasukkan kurma ke dalam konsumsi harian Anda.

Serat sendiri sangat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi, menstabilkan gerakan usus besar, menjaga kenyang lebih lama, memberikan energi selama berpuasa, dan yang terpenting, mengendalikan produksi asam lambung.


Menjaga Kesehatan Otak

Penelitian laboratorium membuktikan jika manfaat sehat makan buah kurma yang jarang diketahui adalah, mampu membantu meningkatkan fungsi otak, menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer, dan mengurangi aktivitas protein beta-amiloid yang dapat membentuk plak di otak.

Selain itu, dalam penelitian penelitian tersebut pun dijelaskan jika rutin mengkonsumsi kurma dapat meningkatkan kemampuan belajar anak dan fungsi memori, menurunkan kecemasan dan lainnya. Maka tidak salah jika Anda merekomendasikan kurma sebagai makanan sehat bagi anak-anak.


Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Selain energi, selama berpuasa Anda pun akan kehilangan banyak cairan tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan banyak dampak buruk, mulai dari kehilangan konsentrasi, gangguan emosional, sembelit, bau nafas dan sejumlah gangguan lainnya. 

Untuk mengatasinya, selain dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, Anda pun bisa memaksimalkan asupan elektrolit dengan mengkonsumsi kurma. Pasalnya, dalam buah kering ini terkandung kadar potasium yang tinggi, salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, masih banyak manfaat sehat makan buah kurma lainnya yang wajib Anda ketahui, mulai dari menyehatkan tulang, menjaga kesehatan organ pencernaan dan lainnya.


Referensi: 

  1. Healthline. Diakses pada 2021. 8 Proven Health Benefits of Dates
  2. Health.com. Diakses pada 2021. 7 Health Benefits of Dates, According to a Nutritionist
Artikel Terkait
uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

uploads/2/2019-08/l5_cara_menurunkan_asam_lambung_yang_efektif.jpg
Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

uploads/2/2019-08/l2_asam_lambung.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya