Sering Dijadikan Bahan Sirup, Ternyata Ini Manfaat Buah Markisa
Health

Sering Dijadikan Bahan Sirup, Ternyata Ini Manfaat Buah Markisa

21 June 2021 - 3 menit membaca

Markisa merupakan jenis buah yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di Amerika. Meskipun begitu, buah berbentuk bulat dan memiliki biji berselaput kuning tersebut dapat tumbuh subur di Indonesia dan banyak digunakan sebagai bahan sirup, campuran es buah atau dikonsumsi langsung.

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis markisa, dengan ciri khas dan karakter yang cukup unik, diantaranya markisa kuning atau passiflora flavicarva dan markisa ungu atau passiflora edulis yang berukuran lebih kecil dengan rasa yang lebih manis ketimbang markisa kuning.

Manfaat Buah Markisa

Selain sebagai sumber vitamin A, vitamin B Kompleks, vitamin C dan karbohidrat kompleks, markisa pun dikenal sebagai buah dengan kandungan serat, zat besi dan kalium yang tinggi. Selain itu, buah ini pun mengandung riboflavin, magnesium, vitamin B3, vitamin B6, fosfor, dan folat. 

Dengan kandungan nutrisinya yang cukup komplit, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah markisa ini, diantaranya adalah: 

  1. Markisa mengandung antioksidan yang cukup tinggi, termasuk polifenol, piceatannol, flavonoid, dan vitamin C yang efektif melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. 
  2. Kandungan beta-karoten, polifenol, dan vitamin C dalam buah markisa mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mencegah terjadinya banyak penyakit, termasuk flu dan pilek.
  3. Kandungan serat dalam buah markisa tergolong tinggi, sehingga efektif mengatasi sembelit, dan melancarkan sistem pencernaan.
  4. Kandungan antioksidan dan beberapa nutrisi di dalam buah markisa bermanfaat dapat meningkatkan kinerja insulin, menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan mencegah diabetes.
  5. Kandungan mineral dalam buah markisa baik untuk menjaga kesehatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis. 
  6. Tidak hanya bijinya yang kerap dikonsumsi, ternyata manfaat buah markisa menyebar hingga ke bagian kulitnya. Ekstrak kulit markisa bisa digunakan untuk meringankan rasa sakit pada penderita osteoarthritis. 
  7. Buah markisa efektif menurunkan demam. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda bisa mengkonsumsi 150-200 ml air perasan buah markisa sebanyak 2-3 kali sehari. 
  8. Buah markisa bisa digunakan sebagai obat cacing. Proses pengobatannya memang cukup lama, namun hasilnya sudah terbukti. 
  9. Penelitian yang dilakukan di Universitas Florida, menemukan fakta jika ekstrak buah markisa kuning mengandung fitokimia yang efektif membunuh sel kanker. 
  10. Konsumsi buah markisa efektif menjaga kecantikan, mencerahkan kulit, dan menjaga kulit terlihat lebih awet muda. 

Meskipun begitu, beberapa manfaat buah markisa tersebut didapat dari beberapa penelitian berskala kecil. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek positif dari buah markisa tersebut, termasuk penelitian terkait dosis dan jumlah konsumsi ideal buah markisa. 

Trik Memaksimalkan Buah Markisa

Anda bisa mengkonsumsi buah markisa secara langsung. Caranya, belah bagian kulitnya yang keras, kemudian konsumsi biji buah markisa yang diselimuti dengan selaput lendir. Jika tidak suka dengan bijinya, Anda bisa menyrangi dan memeras buah markisa agar mendapat airnya saja. 

Selain dikonsumsi langsung, Anda bisa mengkonsumsi buah markisa sebagai campuran es buah, dikonsumsi bersama dengan es kelapa muda, atau bisa juga dijadikan sebagai campuran infused water. Konsumsi Setidaknya satu buah markisa per hari. 

Catatan lainnya, agar manfaat buah markisa ini bisa dirasakan lebih maksimal, hindari menambahkan gula secara berlebih, atau membeli sirup buah markisa yang umumnya sudah mendapat gula tambahan dan beberapa bahan sintetis, termasuk pewarna dan perasa buatan.


Referensi: 

Medicalnewstoday.com. Diakses pada 2021. What are the health benefits of passion fruit?

NDtv.com. Diakses pada 2021. 5 Surprising Benefits of Passion Fruit

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya