Sering Dianggap Hama, Ternyata Daun Meniran Kaya Manfaat Lho!
Health

Sering Dianggap Hama, Ternyata Daun Meniran Kaya Manfaat Lho!

21 December 2021 - 3 menit membaca




Selama ini banyak orang menilai jika meniran atau phyllanthus urinaria merupakan tanaman liar. Anda bisa menemukan tanaman ini di semak-semak, dengan ciri khas tinggi tanaman sekitar 50 cm, dengan daun seperti sirip, mirip seperti daun putri malu.

Meski dianggap sebagai hama, daun meniran ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya diklaim sebagai tanaman herbal anti-kanker. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Public Library of Science.

Berikut merupakan beberapa manfaat daun meniran untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui. 

1. Menurunkan Risiko Asam Urat

Asam urat merupakan sebuah kondisi yang bisa menyebabkan banyak hal buruk pada tubuh, mulai dari rasa nyeri di persendian, pembengkakan dan lainnya. Buruknya, kondisi ini bisa menyerang hampir seluruh persendian tubuh, mulai dari lutut, siku, pergelangan tangan hingga jari. 

Asam urat sendiri terjadi akibat peradangan yang terjadi di sekitar persendian. Untuk mengatasinya, cobalah rutin mengkonsumsi ramuan meniran. Sifat anti-radang dan kandungan flavonoid di dalamnya cukup tinggi, sehingga ampuh mengatasi masalah asam urat dan persendian lainnya. 

2. Menurunkan Resiko Hipertensi

Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak memakan korban jiwa. Tidak hanya orang tua, gaya hidup yang buruk, ditambah dengan pola makan dan jarang berolahraga, telah membuat banyak anak muda mulai mengalami masalah tersebut. 

Daun meniran dikenal ampuh membantu melebarkan pembuluh darah, menjaga elastisitas dan mencegah terjadinya sumbatan di pembuluh darah. Dengan cara ini, aliran darah akan berjalan lebih optimal, sehingga tekanan darah akan menurun, dan resiko hipertensi pun bisa diatasi. 

3. Mengatasi Rasa Nyeri Radang Sendi

Radang sendi atau yang dikenal sebagai rematik merupakan kondisi yang sangat menjengkelkan. Karena adanya penyakit ini, Anda akan sulit beraktivitas karena sendi yang kaku. Meski umumnya diderita lansia, namun bukan berarti anak muda akan terbebas sepenuhnya dari penyakit ini. 

Daun meniran bersifat anti-inflamasi yang efektif mengatasi masalah peradangan, memperkuat tulang dan efektif mengatasi rematik. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan terapi ini dengan didampingi oleh dokter atau pakar herbal terpercaya. 

4. Mencegah Penyakit Kulit

Tidak hanya menjaga kesehatan organ dalam, daun meniran ternyata cukup efektif mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit gatal, ruam kulit dan lainnya. Hal ini disebabkan karena tanaman ini mengandung phyllanthin serta hypophyllanthin yang berperan sebagai antibiotik alami. 

Dengan mengkonsumsi ekstrak daun meniran, pertumbuhan jamur dan bakteri yang memicu penyakit kulit bisa ditekan semaksimal mungkin. Anda pun bisa menggunakan produk salep yang terbuat dari campuran daun meniran sebagai pengobatan dari luar. 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu manfaat istimewa yang dimiliki meniran. Daun meniran mengandung berbagai jenis antioksidan, salah satunya flavonoid yang ampuh menjaga sistem kekebalan tubuh tetap di angka maksimal. 

Selain itu, kandungan antioksidan dalam sama ekstrak daun meniran bisa digunakan sebagai anti-virus dan antialergi. Tap ingat, fungsi daun meniran disini sebagai imun booster, artinya menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap berada di level maksimal.

Tapi ingat, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi ramuan herbal alami yang terbuat dari ekstrak daun meniran ini. Selain itu, sebaiknya hindari mengolah sendiri daun meniran. Anda bisa membeli suplemen meniran di toko obat atau apotik terdekat. 


Referensi:

  1. Alodokter.com. Diakses pada 2021. Meniran Hijau
  2. Jabarnews.com. Diakses pada 2021. Ragam Manfaat Meniran Bagi Kesehatan




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya