Sering Diabaikan, Ternyata Kangkung Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan
Health

Sering Diabaikan, Ternyata Kangkung Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

16 August 2021 - 3 menit membaca

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang cukup populer di Indonesia. Selain karena harganya murah dan mudah diolah jadi berbagai jenis makanan, ternyata kangkung pun mengandung banyak nutrisi, salah satunya serat yang efektif melancarkan sistem pencernaan. 

Selain itu, masih banyak manfaat kangkung untuk kesehatan lainnya, salah satunya bisa digunakan sebagai obat tidur alami untuk Anda yang bermasalah insomnia. 


Cara Kerja Kangkung Mengatasi Insomnia

Berdasarkan Buku Kontroversi 101 Mitos Kesehatan (2012) dari Nutrifood Research Center, sayuran hijau ini dapat memicu kantuk karena kandungan senyawa kimia yang bernama sedatif yang bersifat menenangkan, sehingga rasa kantuk pun lebih mudah datang.

Selain itu, dalam 1 cup kangkung mengandung 175 mg mineral kangkung. Kalium sendiri berfungsi mengurangi tekanan darah, membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan sensasi tenang. Dalam jumlah yang cukup, efek tersebut akan lebih mudah mendatangkan rasa kantuk bagi sebagian orang.

Sementara itu, penelitian dari Ranu Anggara, dengan judul ‘Pengaruh Ekstrak Kangkung Darat Terhadap Efek Sedasi Pada Mencit Balb/c’, menemukan fakta jika kangkung mengandung beberapa senyawa aktif natrium dan kalium, yang merupakan persenyawaan garam bromida. 

Senyawa-senyawa tersebut sifatnya menekan susunan saraf pusat, dan dapat menimbulkan efek sedasi atau efek menenangkan. Namun penelitian tersebut masih sebatas dilakukan kepada mencit atau tikus sehingga dibutuhkan uji coba lanjutan untuk mengetahui efeknya terhadap manusia. 

Terlepas dari semua itu, faktanya, selain dari laporan penelitian di atas, ada beberapa laporan penelitian lainnya yang menyebut jika konsumsi kangkung (dalam jumlah tertentu) bisa digunakan sebagai solusi alami mengatasi masalah insomnia.


Manfaat Lain Kangkung Untuk Kesehatan

Selain dapat digunakan sebagai obat tidur alami, masih banyak kangkung lainnya jika dikonsumsi dalam jumlah dan cara yang tepat, misalnya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A dalam kangkung yang cukup tinggi. 


Berikut merupakan beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan. 

  1. Kangkung mengandung vitamin C yang turut terlibat dalam mengaktifkan sel darah putih untuk melawan infeksi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
  2. Kangkung mengandung senyawa antioksidan flavonoid, phytol dan asam palmitat, yang dibutuhkan untuk menangkal paparan radikal bebas, dan menjaga sel jaringan tubuh. 
  3. Kangkung mengandung kalium yang cukup tinggi. Mineral ini bermanfaat untuk membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh, dan mencegah terjadinya dehidrasi. 
  4. Kandungan kalium dalam kangkung pun bisa digunakan untuk menurunkan dan mengatur tekanan darah agar tetap berada di angka normal. 
  5. Kangkung mengandung zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah, mencegah anemia dan mencegah kerontokan rambut.

Selain itu, kangkung pun mengandung folat, meningkatkan sensitivitas insulin untuk mengatasi diabetes, menurunkan kolesterol, efektif menjaga kesehatan jantung dan sejumlah manfaat lainnya. 


Cara Terbaik Mengkonsumsi Kangkung

Sama seperti sayuran hijau lainnya, agar mampu memberikan manfaat yang maksimal, kangkung harus diolah dengan cara yang tepat. Misalnya, kangkung sebaiknya diolah dengan cara ditumis menggunakan VCO (Virgin Coconut Oil) atau minyak zaitun, dan dijadikan sayur.

Sebelum diolah, Anda disarankan untuk membersihkan kangkung dengan mencucinya di bawah air yang mengalir. Pilih daun dan batangnya yang masih muda, dan pastikan tidak terlalu matang saat memasaknya. Agar manfaat kangkung untuk kesehatan lebih maksimal, cukup diolah sampai layu. 


Referensi:

  1. doktersehat.com. Diakses pada 2021. Makan Kangkung Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?
  2. eastwestseed.com. Diakses pada 2021. The Health Benefits of Kangkong
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya