Sering Bukber Bisa Bikin Tubuh Makin Melar. Masa Sih?
Lifestyle

Sering Bukber Bisa Bikin Tubuh Makin Melar. Masa Sih?

28 May 2021 - 3 menit membaca

Salah satu rutinitas yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan adalah berbuka puasa. Tidak hanya di Indonesia, Malaysia, atau negara dengan mayoritas penduduk muslim, kebiasaan ini pun kerap dilakukan beberapa komunitas muslim di Eropa dan Amerika, meski dengan konsep yang berbeda. 

Ada banyak hal yang bisa diambil dari tradisi buka puasa bersama atau biasa disebut bukber ini, mulai dari mengikat tali silaturahmi, membuat bulan Ramadhan makin semarak dan penuh makna, serta erap digunakan sebagai moment untuk berbagi dengan sesama. 

Perlu dicatat, konsep bukber sendiri pada awalnya dikembangkan untuk berbagi dengan mereka yang kurang beruntung, misalnya bersama dhuafa dan anak yatim. Namun belakangan mulai berkembang jadi tren anak muda untuk sekedar berkumpul, melakukan reuni dan lainnya. 

Pola pelaksanaan bukber pun mulai berkembang. Jika dulu biasanya dilakukan di tempat umum yang berhubungan dengan fasilitas ibadah, atau rumah pribadi para donatur, sekarang tempat bukber lebih banyak dilakukan di cafe, rumah makan, atau bahkan restoran cepat saji.

Sering Bukber Bikin Gemuk

Dalam konsep bukber kekinian, umumnya makanan yang disajikan bisa sangat beragam. Namun dapat dipastikan jika semua jenis makanan akan disajikan, mulai dari makanan pembuka yang diisi dengan makanan manis, menu utama, dan makanan penutup. 

Kehadiran berbagai jenis makanan tersebut akan membuat Anda tidak mampu mengendalikan diri, terlebih selama kurang lebih 13 jam Anda belum menemukan makanan apapun. Alhasil, Anda pun akan lupa diri dan makan secara berlebih di satu waktu. 

Padahal selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan apapun, dan sistem metabolisme tubuh pun cenderung melambat. Untuk mengembalikannya ke titik normal, seluruh asupan yang masuk ke dalam tubuh harus dikonsumsi secara perlahan, dan tidak dilakukan di satu waktu. 

Selain itu, makanan yang masuk ke dalam tubuh pun harus dipastikan menu yang sehat dan mudah diserap tubuh. Makanya banyak pakar yang menganjurkan agar Anda mengkonsumsi makanan manis, seperti kurma, kolak, atau es buah sebagai menu takjil. 

Setelah mengkonsumsi menu takjil atau makanan pembuka, Anda disarankan untuk beristirahat, dan menggunakan waktu jeda ini untuk melaksanakan shalat Maghrib. Setelah itu baru Anda bisa mengisi perut dengan menu lainnya, misalnya menu utama dalam jumlah yang sangat kecil. 

Setelah melaksanakan shalat tarawih, Anda bisa kembali melanjutkan menyantap menu utama dalam jumlah yang sedikit, kemudian bisa dilanjut dengan makanan penutup. 

Urutan tersebut sangat sulit dilakukan saat mengikuti bukber, terlebih jika bukber tersebut dilakukan restoran atau rumah makan yang mengharuskan Anda cepat menghabiskan makanan. Alhasil, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan menumpuk, dan berpotensi jadi timbunan lemak baru. 

Trik Bukber Sehat Tanpa Takut Gemuk

Menghindari atau menolak undangan bukber hanya karena takut gemuk jelas bukan alasan yang bijak. Bagaimanapun juga undangan harus dipenuhi. Jangan khawatir dengan ancaman lonjakan berat badan karena Anda bisa mengakalinya dengan beberapa trik berikut ini. 

  1. Anda masih tetap bisa mengkonsumsi makanan pembuka, namun jangan berlebihan. Setelah itu, usahakan untuk beristirahat dengan mengambil waktu shalat Maghrib. 
  2. Sebelum mulai menyantap menu utama, awali dengan konsumsi air putih. Ini dilakukan bertujuan agar mempersiapkan lambung dan saluran cerna dalam menerima makanan.
  3. Saat mengkonsumsi menu utama, batasi konsumsi karbohidrat sederhana, seperti nasi atau tepung. Anda bisa fokus memperbanyak protein dan makanan tinggi serat. 
  4. Meski sedang puasa, Anda tetap wajib berolahraga. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. 
  5. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan tidur, minimal 6-7 jam per malam. Dengan tidur cukup. sistem metabolisme Anda akan bekerja lebih maksimal. 

Bagaimana, sekarang sudah siap menghadiri acara buka bersama, tanpa khawatir dengan lonjakan berat badan? Selamat mencoba!

Referensi: 

  1. Detik Health. Diakses pada 2021. Tips Bukber Super Sehat dan Anti Gemuk
  2. Detik Health. Diakses pada 2021. Alasan Berat Badanmu Malah Melonjak Saat Puasa Ramadhan
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya