Seputar Gastroenteritis Yang Perlu Diketahui!
Health

Seputar Gastroenteritis Yang Perlu Diketahui!

26 March 2021 - 3 menit membaca

Kebanyakan dari kita masih asing dengan istilah gastroenteritis atau flu perut. Namun ternyata penyakit yang biasanya disebabkan oleh bakteri dan virus ini banyak menjangkiti orang Indonesia, dan telah merenggut banyak korban jiwa. Kita lebih mengenalnya dengan istilah muntaber.

Gastroenteritis sendiri merupakan peradangan yang terjadi di lapisan usus. Biasanya gastroenteritis dimulai dengan gejala yang hampir mirip dengan diare atau keracunan makanan, yakni:

  • Kram perut atau sakit perut yang cukup hebat.
  • Mual dan muntah dengan intensitas tinggi.
  • Inkontinensia feses atau ketika tubuh tidak mampu mengendalikan BAB
  • Demam tinggi, keluar keringat dingin.
  • Nyeri otot dan sendi,
  • Kulit terasa lebih lembab.

Gejala ini biasanya muncul 1-3 hari setelah setelah terinfeksi, dan umumnya akan semakin parah jika terus dibiarkan. Selain itu, gejala gastroenteritis ini tergantung dari penyebabnya, dan ada kemungkinan ada gejala lainnya, seperti tinja encer dengan tambahan darah, dan lainnya.

Komplikasi Gastroenteritis

Seperti disebutkan diatas, gastroenteritis akan menyebabkan penderitanya mengalami muntah dan buang air besar dalam intensitas dan jumlah yang sangat tinggi. Jika terus dibiarkan lebih dari 2 hari, kondisi ini akan memicu timbulnya gejala dehidrasi, seperti:

  • Mudah lelah dan mengantuk,
  • Kepala pusing, pandangan berkunang-kunang
  • Rasa haus terus-menerus
  • Sulit konsentrasi, mulut kering
  • Urine berwarna pekat atau gelap

Jika sudah muncul gejala tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Menurut data WHO, sekitar 1,8 juta orang per tahun dilaporkan meninggal dunia karena penyakit ini. Umumnya kondisi ini terjadi di negara-negara berkembang.

Faktor lingkungan yang tidak sehat, sanitasi yang buruk, rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, jadi penyebab utama tingginya angka penderita gastroenteritis. Selain itu, banyak orang yang baru memeriksakan diri ke dokter saat gastroenteritis sudah semakin serius dan mengarah kepada dehidrasi tingkat tinggi.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Gastroenteritis sebenarnya cukup mudah diatasi, dengan catatan Anda melakukan tindakan yang cepat dan terukur. Jadi begitu gejala gastroenteritis muncul, dapat ditangani dengan obat -obatan yang baisanya ada di rumah sesuai gejalanya , misalnya obat antidiare, obat demam, dll. Yang paling utama adalah segera menggantikan cairan tubuh yang hilang, untuk lebih gampangnya adalah upayakan minum yang sescukupnya sesuai jumlah yang keluar (melalui muntah atau diare). Namun jika tidak ada perbaikan atau malah perburukan , segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi Anda.

Biasanya dokter akan memberikan beberapa obat, seperti Antibiotik, Antijamur, dan Loperamide, sesuai dengan penyebab utamanya. Jika terdapat tanda-tanda dehidrasi, Anda akan diberikan cairan oralit, atau diberikan cairan infus yang mengandung elektrolit dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Selama masa perawatan dan pemulihan, Anda akan disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih. Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan gejala diare, seperti makanan pedas atau asam, jus kemasan, atau minuman yang dapat menyerap cairan tubuh, seperti teh dan kopi.

Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup, dan konsumsi makanan sehat, terutama sayuran, sup atau kaldu daging, dan makanan lainnya yang dapat mempercepat pemulihan tubuh. Tapi ingat, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Pastikan juga untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan cuci bersih pakaian serta benda-benda yang pernah Anda gunakan selama menderita gastroenteritis. Hal ini dilakukan untuk membasmi virus, bakteri atau parasit yang menempel di benda-benda tersebut.

Ingat, gastroenteritis memang tergolong mudah diatasi. Namun jangan dianggap enteng karena bisa berdampak fatal, bahkan menyebabkan kematian.


Referensi:

  1. WebMD. Diakses pada 2021. Gastroenteritis ("Stomach Flu")
  2. Mayoclinic. Diakses pada 2021. Viral gastroenteritis (stomach flu)
  3. Southerncross.co.nz. Diakses pada 2021. Gastroenteritis - causes, symptoms, treatment
Artikel Terkait
uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

uploads/2/2019-08/l5_cara_menurunkan_asam_lambung_yang_efektif.jpg
Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

uploads/2/2019-08/l2_asam_lambung.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya