Sehatkan Lambung Dengan Mengubah Gaya Hidup. Yuk Simak Caranya!
Lifestyle

Sehatkan Lambung Dengan Mengubah Gaya Hidup. Yuk Simak Caranya!

12 August 2021 - 3 menit membaca

Masalah asam lambung kerap dianggap hal yang sepele. Padahal jika tidak ditangani dengan baik, produksi asam lambung yang tidak terkendali bisa merusak lapisan esofagus, melukai dinding lambung, dan mendatangkan berbagai masalah kesehatan lainnya. 

Untuk mengatasi hal ini, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan mengubah gaya hidup agar produksi asam lambung bisa terkendali dan masalah kesehatan tersebut bisa dicegah. Berikut merupakan beberapa trik mengubah gaya hidup untuk mengatasi masalah asam lambung.


Turunkan Berat Badan

Obesitas merupakan salah satu penyebab utama GERD atau gastroesophageal reflux disease. Hal ini terjadi akibat tekanan lemak di perut yang menyebabkan cairan asam lambung terdorong naik ke kerongkongan, dan menimbulkan gejala seperti heartburn, mual, hingga muntah. 

Untuk mencegah hal ini, Anda wajib berusaha menurunkan berat badan dengan berolahraga, menjalankan program diet sehat, memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat, buah-buahan, dan tidak makan malam setelah jam 19:00 atau jam 7 Malam.


Hindari Makanan Pemicu Refluks

Beberapa jenis makanan, seperti makanan berlemak, makanan asam, makanan pedas, dan lainnya, dianggap sebagai salah satu hal yang dapat memicu refluks asam lambung. Selain itu, refluks asam lambung pun bisa dipicu oleh makanan tinggi kafein, seperti kopi, coklat, teh dan lainnya. 

Selain itu, Anda pun harus menghindari minuman berkarbonasi, makanan tinggi tepung, makanan mengandung gula tinggi, garam dan lainnya. Tidak hanya buruk untuk lambung, makanan-makanan tersebut bisa mendatangkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebih.


Cek Obat yang Sedang Dikonsumsi

Jika Anda rutin mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya cek kembali obat-obatan tersebut. Pasalnya beberapa jenis obat terbukti dapat memicu atau jadi penyebab timbulnya GERD, seperti obat antiinflamasi non-steroid yang dapat melemaskan otot kerongkongan bagian bawah.

Selain itu, Anda harus membatasi obat asma tertentu seperti albuterol, obat alergi musiman dan glaukoma seperti antikolinergik, bifosfonat atau obat peningkat kepadatan tulang, obat pereda nyeri, dan beberapa jenis antibiotik. Konsultasikan dengan dokter terkait obat yang harus Anda konsumsi.


Ubah Kebiasaan Makan

Kebiasaan makan kita sangat berpengaruh kepada kesehatan organ pencernaan, terutama lambung. Misalnya kebiasaan makan tanpa mengunyah dengan lembut akan membuat kinerja lambung menjadi berat dan dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Sementara kebiasaan berbaring setelah makan menyebabkan asam lambung terdorong naik ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn. Hindari kebiasaan buruk tersebut dengan membiasakan mengunyah makanan dengan lembut, makan dalam porsi kecil dan tidak berbaring setelah makan.


Berhenti Merokok

Sudah banyak pakar kesehatan yang membahas bahaya merokok, termasuk dalam menyebabkan serangan jantung, hipertensi dan lainnya. Selain itu, nikotin pun terbukti dapat mengendurkan otot kerongkongan bagian bawah, dan meningkatkan risiko refluks asam lambung

Selain merokok, Anda pun wajib menjauhi minuman beralkohol. Hal ini disebabkan karena alkohol dapat mengganggu kemampuan air liur membersihkan asam dari kerongkongan, meningkatkan jumlah asam dalam perut dan meningkatkan resiko iritasi di kerongkongan. 

Kebiasaan lainnya yang wajib Anda perhatikan adalah pakaian. Terlihat sepele, namun pakaian yang terlalu ketat akan membuat perut tertekan dan memicu naiknya asam lambung. 


Referensi:

  1. WebMD. Diakses pada 2020. What Lifestyle Changes Help Manage Heartburn?
  2. Everyday Health. Diakses pada 2020. 10 Ways to Prevent GERD.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya