Risiko Ibu Hamil Jika Asal Konsumsi Obat Maag
Ahlinya Lambung

Risiko Ibu Hamil Jika Asal Konsumsi Obat Maag

30 December 2021 - 3 menit membaca




Ada banyak hal yang harus diperhatikan selama masa kehamilan, termasuk saat Anda mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasi sakit maag. Bukan hanya terkait masalah kesehatan Ibu hamil, asal konsumsi obat sakit maag beresiko menyebabkan masalah pada janin dalam kandungan. 

Berikut merupakan beberapa resiko yang mungkin terjadi jika asal mengkonsumsi obat sakit maag tanpa resep dokter, atau tidak membaca keterangan pada label kemasan obat tersebut. 

1. Bayi Mengalami Masalah Pernapasan

Salah satu resiko yang paling mungkin terjadi adalah bayi mengalami masalah pernafasan, seperti asma bawaan. Hal ini disebabkan karena bahan yang terdapat dalam beberapa jenis obat sakit maag berpotensi menyebabkan gangguan pada janin dalam kandungan. 

Dalam kebanyakan kasus, bayi umumnya mengalami masalah pernafasan bawaan, seperti asma dan lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan bayi pun akan mengalami masalah kesehatan bawaan lainnya yang akan terlihat langsung, atau saat mereka dewasa nanti. 

2. Berat Badan Bayi Rendah

Masalah ini biasanya terjadi saat sakit maag menyerang di trimester awal usia kehamilan. Obat sakit maag memang dapat meredam rasa sakit di ulu hati, namun dalam kebanyakan kasus obat tersebut dapat menimbulkan efek samping berupa penurunan nafsu makan.

Padahal selama masa kehamilan, Anda harus mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi, dengan porsi yang cukup. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan janin kekurangan nutrisi, yang berujung pada peningkatan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah. 

3. Berpotensi Memicu Pendarahan

Ada beberapa jenis obat sakit maag yang justru dapat memicu produksi asam lambung berlebih. Produksi asam lambung yang tidak terkontrol ini akan menyebabkan lambung dipenuhi dengan cairan asam yang bisa menjalar hingga saluran cerna. 

Paparan asam lambung secara terus menerus akan meningkatkan resiko luka di area lambung dan sistem pencernaan, hingga memicu terjadinya pendarahan di organ dalam. Ini kondisi yang sangat berbahaya dan butuh penanganan lebih lanjut. 

Obat Sakit Maag Aman Untuk Ibu Hamil

Sebagai catatan, obat sakit maag yang berpotensi menyebabkan masalah pada ibu hamil dan janin adalah, obat yang dikonsumsi secara berlebihan, tanpa resep dokter, atau obat yang memiliki kandungan berbahaya bagi kehamilan dan janin Anda. 

Secara umum, ada beberapa jenis obat sakit maag yang dinilai aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Menurut US Food and Drugs Administration (FDA), berikut beberapa obat tersebut.

  • Antasida. Obat ini masuk dalam kategori C, yakni mungkin beresiko bagi ibu hamil, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter, dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. 
  • Sucralfate. Obat ini masuk dalam kategori B, yakni aman dikonsumsi ibu hamil. Namun konsumsinya wajib sesuai dengan resep dokter dan dosis yang dianjurkan.
  • H2-receptor blockers. Sama seperti Sucra;fate, obat ini masuk dalam kategori B, yakni aman dikonsumsi ibu hamil, tapi harus sesuai dengan resep dokter dan dosis yang dianjurkan.
  • Proton pump inhibitor (PPI). Obat ini masuk dalam kategori B, yakni aman tapi harus sesuai resep dokter dan dosis yang dianjurkan. 

Terlepas dari jenis obat apa yang Anda pilih untuk mengatasi sakit maag selama masa kehamilan, upaya terbaik yang bisa Anda lakukan adalah, dengan berkonsultasi dulu dengan dokter. Selain itu, dilarang menggunakan resep ‘bekas’ atau resep orang lain untuk mengatasi sakit maag Anda. 

Hal ini disebabkan karena dokter akan meresepkan obat sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan Anda, sehingga menggunakan resep orang lain berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang jauh lebih besar. 


Referensi: 

  1. Medscape. Diakses pada 2021. Gastrointestinal Disease and Pregnancy
  2. Simple Remedies. Diakses pada 2021. How To Relieve Gastritis Symptoms During Pregnancy
  3. American Pregnancy. Diakses pada 2021. Heartburn During Pregnancy: Causes and Treatment.




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya