Radang Tenggorokan Saat Puasa? Begini Cara Mencegahnya
Health

Radang Tenggorokan Saat Puasa? Begini Cara Mencegahnya

28 May 2021 - 3 menit membaca

Radang tenggorokan atau yang sering disebut juga dengan istilah faringitis, merupakan kondisi munculnya rasa nyeri atau iritasi di area tenggorokan. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini, mulai dari dehidrasi, merokok, kurang tidur, penurunan sistem kekebalan tubuh dan lainnya.

Meski sangat mengganggu, dan cukup sering menyerang selama puasa, radang tenggorokan sebenarnya cukup mudah diatasi. Anda bisa melakukan beberapa trik berikut ini.


Konsumsi Air Putih

Dehidrasi bisa menyebabkan penurunan fungsi tubuh. Salah satu gejalanya adalah dengan penurunan sistem kekebalan tubuh, yang ditandai dengan gejala radang tenggorokan, pilek, dan batuk. Untuk mengatasinya, tentu saja Anda harus segera mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Caranya mudah, cukup konsumsi air putih dan istirahat yang cukup. Agar proses pemulihan berjalan lebih cepat, Anda bisa mengkonsumsi sup kaldu, buah-buahan yang mengandung banyak air, atau campuran lemon dan madu. Jika dibutuhkan, cobalah untuk mengkonsumsi obat pereda panas dalam. 


Kumur Air Garam

Selain membunuh bakteri yang ada di rongga mulut, berkumur dengan air garam bisa jadi solusi praktis untuk meredakan radang tenggorokan. Berkumur dengan air garam efektif untuk membantu melembabkan dan melapisi selaput tenggorokan, sehingga rasa nyeri saat menelan bisa dikurangi.

Untuk mengatasi radang tenggorokan, Anda bisa melarutkan 1 sdm gama ke dalam 250 ml air hangat. Setelah itu, gunakan air garam tersebut untuk berkumur sebanyak 2-3 kali sehari hingga radang tenggorokan hilang. Untuk pencegahan, Anda bisa berkumur dengan air garam 1-2 kali sehari.


Mengkonsumsi Madu

Madu merupakan bahan alami yang punya banyak khasiat untuk tubuh, salah satunya untuk mengatasi radang tenggorokan, mencegah replikasi virus influenza, dan mempercepat proses penyembuhan. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Medical Research tahun 2014.

Anda bisa mengkonsumsi madu yang dicampur dengan air lemon, dilarutkan dalam 1 gelas air putih, atau bisa juga dikonsumsi langsung. Selain itu, madu bisa dicampurkan dengan teh hijau, dan dicampur bersama sup buah sebagai pengganti gula. Tapi ingat, pastikan untuk memilih madu asli.


Mandi Air Hangat

Selain melancarkan sirkulasi darah, mandi dengan hangat pun efektif meredakan radang tenggorokan. Hal ini disebabkan karena uap dari air hangat efektif melembabkan pita suara, membantu tubuh menjadi lebih rileks, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. 

Untuk mengatasi radang tenggorokan, Anda bisa mandi air hangat dengan menambahkan minyak esensial atau aromaterapi, menambahkan garam ke dalam bak perendaman, atau digunakan dalam humidifier atau alat untuk melembabkan udara di rumah,. 


Bahan Alami Untuk Meredakan Radang Tenggorokan

Selain mengkonsumsi madu dan air lemon, Anda bisa mengatasi masalah radang tenggorokan dengan mengkonsumsi teh chamomile, teh daun peppermint, salad buah dengan campuran cuka apel, larutan soda kue, dan konsumsi bawang putih.

Jangan lupa, selama berpuasa Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan air putih dan tidur malam setidaknya 7 jam per hari. Hindari merokok, terutama setelah makan sahur dan jangan tidur setelah makan. Kebiasaan ini bisa menyebabkan heartburn dan meningkatkan resiko radang tenggorokan.


Referensi

  1. Healthline. Diakses pada 2021. Sore Throat: Treatment, Causes, Diagnosis, Symptoms & More.
  2. Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sore throat - Symptoms and causes.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya