Punya Masalah Lambung. Bolehkah Mengkonsumsi Yogurt?
Ahlinya Lambung

Punya Masalah Lambung. Bolehkah Mengkonsumsi Yogurt?

15 March 2021 - 3 menit membaca

Makanan dengan kandungan asam tinggi merupakan salah satu pantangan bagi mereka yang memiliki masalah lambung. Hal ini disebabkan karena makanan asam akan meningkatkan produksi asam lambung, yang akan mengiritasi lambung.  

Tapi bagaimana dengan yoghurt? Makanan hasil fermentasi dari susu ini mengandung sejumlah bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan menghalau pertumbuhan bakteri jahat, termasuk bakteri Helicobacter pylori, salah satu faktor penyebab GERD 

Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences. Dalam penelitian tersebut dijelaskan jika konsumsi minuman probiotik terbukti mampu meningkatkan produksi bakteri baik untuk melawan infeksi bakteri H. pylori.

Selain itu, konsumsi minuman probiotik pun sangat ampuh membantu melancarkan sistem pencernaan, dan meringankan kinerja lambung. Hal ini cukup baik untuk mencegah munculnya gejala maag, sekaligus dapat menurunkan resiko komplikasi akibat masalah lambung.

Konsumsi Yoghurt Untuk Mencegah Maag

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti memang tidak menjelaskan dosis terbaik untuk mengatasi masalah lambung. Namun tim peneliti menghimbau agar Anda hanya mengkonsumsi yoghurt dengan kualitas terbaik, tanpa bahan tambahan, seperti pemanis, dan pewarna buatan. 

Selain itu, yogurt yang dikonsumsi pun sebaiknya memiliki kriteria rendah lemak dengan kandungan protein sedang, dan hindari light-yoghurt. Catatan lainnya, sebaiknya Anda menghindari menjadikan yogurt sebagai sarapan. Anda bisa menggunakannya sebagai camilan sela atau menu makan siang.

Saat akan mengkombinasikan yogurt dengan buah-buahan, pastikan memilih buah-buahan dengan kandungan asam rendah, dan dapat mendukung kinerja lambung, seperti apel lengkap dengan kulitnya, menambahkan yoghurt dalam smoothies pisang, alpukat dan lainnya. 

Anda pun bisa menggunakan yoghurt bersama selai kacang, dan roti gandum. Jika tidak suka dengan rasanya yang hambar, Anda bisa menggunakan madu atau kayu manis bubuk sebagai pemanis.  

Jenis Yoghurt yang Harus Anda Ketahui

Di pasaran sendiri, setidaknya ada banyak jenis yoghurt yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera, salah satunya yogurt tradisional yang bisa dikenali dengan ciri khas teksturnya yang lembut, dan umumnya terbuat dari susu murni atau skim.

Selain itu, berikut merupakan jenis-jenis yoghurt yang banyak beredar di pasaran, dan bisa Anda pilih untuk memaksimalkan upaya penuntasan masalah lambung. 

  1. Yoghurt Susu Utuh (Full-Fat). Meski tidak menyebabkan obesitas, yoghurt ini sebaiknya dihindari karena kandungan lemaknya yang tinggi.
  2. Greek Yogurt, atau yoghurt Yunani yang lebih banyak mengandung protein dan rendah gula. Yoghurt ini cocok dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung
  3. Yogurt Susu Kambing dan Domba. Yoghurt jenis ini umumnya tinggi kandungan lemak, dan tidak semua orang bisa mengkonsumsinya, terutama mereka yang memiliki alergi.
  4. Yogurt Non-susu sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang alergi terhadap susu. Yoghurt ini umumnya terbuat dari kacang kedelai, almond, kelapa dan lainnya. 
  5. Kefir, merupakan yoghurt yang berasal dari daerah Kaukasus. Yoghurt tradisional ini dibuat lewat proses fermentasi yang panjang, dan punya banyak kandungan nutrisi.

Selain itu, masih banyak jenis yoghurt lainnya yang bisa Anda temui di pasaran, mulai dari yoghurt rendah lemak, tanpa lemak, yoghurt bebas laktosa dan lainnya. . 

Segera hentikan konsumsi yoghurt atau ganti produk yoghurt yang Anda konsumsi jika gejala maag terus terjadi, bahkan masalah lambung cenderung lebih parah. Jangan lupa, konsultasikan dengan dokter dan minta rekomendasi untuk mendapat produk yoghurt terbaik untuk Anda.


Referensi: 

Livestrong. Diakses pada 2021. When It Comes to Acid Reflux, Is Milk or Yogurt Harmful or Helpful?

Nourishdoc. Diakses pada 2021. Is Yogurt Good For Acid Reflux & Heartburn

Healthline. Diakses pada 2021. 7 Impressive Health Benefits of Yogurt

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya