Punya Masalah Asam Lambung? Sebaiknya Batasi Minuman Ini
Ahlinya Lambung

Punya Masalah Asam Lambung? Sebaiknya Batasi Minuman Ini

15 March 2021 - 3 menit membaca

Siapa sih yang tidak suka kopi. Minuman terpopuler di dunia ini dipercaya punya banyak khasiat, mulai dari meningkatkan fokus, meningkatkan semangat, mencegah kanker dan lainnya. Namun sayang, kopi termasuk minuman yang harus dibatasi bagi mereka yang punya masalah asam lambung. 

Dalam banyak penelitian, kopi disebut memicu produksi asam lambung berlebih, yang jadi penyebab utama GERD. Selain itu, berikut merupakan beberapa minuman yang sebaiknya dihindari, atau minimalnya dibatasi konsumsinya bagi mereka yang bermasalah dengan asam lambung.

Minuman Tinggi Kalori

Minuman dengan kandungan lemak dan kalori tinggi, seperti jus buah dan smoothie dengan gula, minuman dengan sirup dan krim, minuman beralkohol dan lainnya, termasuk minuman yang wajib dihindari bagi mereka yang bermasalah dengan asam lambung. 

Menurut American College of Gastroenterology, minuman yang masuk dalam kategori minuman tinggi kalori tersebut dapat menyebabkan obesitas, salah satu faktor pemicu timbulnya banyak masalah kesehatan, termasuk asam lambung, diabetes, dan lainnya. 

Minuman Bersoda

Minuman bersoda merupakan salah satu minuman dengan kandungan gula yang sangat tinggi. Jelas ini buruk bagi kesehatan karena bisa memicu obesitas dan diabetes. Selain itu, minuman bersoda pun meningkatkan kerusakan gigi, osteoporosis dan lainnya. 

Menurut penelitian yang dilakukan University of Maryland Medical Center, tingginya kandungan asam dalam minuman bersoda, dapat meningkatkan produksi asam lambung, meningkatkan resiko ulkus peptikum, dan mendatangkan banyak masalah asam lambung. 

Minuman Pedas

Dalam sebuah survei terhadap pasien dengan gejala GERD, disebutkan jika 88 persen responden mengaku merasa mulas setelah mengkonsumsi minuman pedas, seperti Bloody Marys, Mangonada, coklat panas Meksiko dan lainnya. 

JIka di Indonesia, Anda mungkin harus menghindari beberapa makanan seperti rujak cuka, dan sejenisnya. Selain dapat meningkatkan produksi asam lambung, minuman pedas dan asam pun sangat tidak dianjurkan karena dapat mengganggu kinerja lambung. 

Minuman Asam

Meski diklaim terbuat dari buah-buahan alami, faktanya banyak produk minuman buah, seperti jus kemasan yang diolah dengan menggunakan bahan tambahan seperti citrus. Minuman seperti ini jelas berbahaya, bukan hanya untuk lambung, tapi juga untuk ginjal dan sistem pencernaan Anda. 

Sama seperti minuman-minuman di atas, minuman asam pun dapat meningkatkan produksi asam lambung, tinggi gula dan mengandung sejumlah zat berbahaya bagi tubuh. Yang tidak kalah pentingnya, minuman asam pun rendah gizi, tinggi kalori, dan dapat menyebabkan masalah asam lambung. 

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol jadi salah satu jenis minuman yang wajib dihindari . Selain masuk dalam kategori tidak punya manfaat bagi kesehatan, konsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang bisa berakibat fatal pada organ vital, termasuk jantung, liver, dan lambung. 

Selain itu dapat mendatangkan masalah asam lambung, konsumsi minuman beralkohol pun terbukti dapat menurunkan fungsi otak. Hal ini disebabkan karena alkohol dalam tubuh dapat mengganggu kinerja zat kimiawi di otak yang berfungsi sebagai pengatur fungsi otak. 

Dengan sederet bahaya yang disebabkannya, akan lebih baik jika Anda lebih berhati-hati saat memilih minuman. Ingat, masalah asam lambung bisa diselesaikan dengan gaya hidup sehat.


Referensi

  1. Healthcentral. Diakses pada 2021. Drinks to Avoid With Acid Reflux
  2. Health.com Diakses pada 2021. Foods That Cause Acid Reflux
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai