Punya Banyak Manfaat, Daging Buah Kelapa Juga Baik Untuk Pencernaan
Health

Punya Banyak Manfaat, Daging Buah Kelapa Juga Baik Untuk Pencernaan

16 August 2021 - 3 menit membaca

Kelapa dikenal sebagai pohon dengan sejuta manfaat. Dari mulai akarnya, batang pohon, hingga daun dan lidinya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti membuat perabotan rumah tangga, obat herbal, hingga kerajinan tangan. 

Untuk kesehatan, kita bisa mengkonsumsi air kelapa muda yang dikenal punya banyak manfaat, mulai dari mencegah dehidrasi, meningkatkan stamina, hingga menjaga kesehatan jantung. Tapi tahukah Anda jika daging buah kelapa pun punya banyak manfaat untuk kesehatan. Mau tahu apa saja?


Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kalori dalam daging buah kelapa sangat rendah. Disamping itu, ternyata daging buah kelapa pun kaya akan serat yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan, dan cocok digunakan sebagai menu diet karena akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Daging buah kelapa pun mengandung lemak baik yang berfungsi menjaga kesehatan usus dengan cara memaksimalkan penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Selain itu, kandungan lemak ini pun berfungsi untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menurunkan resiko infeksi di pencernaan.

Daging buah kelapa mengandung senyawa medium-chain triglyceride yang bermanfaat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan.


Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Selain berperan sebagai makanan probiotik yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, senyawa medium-chain triglyceride dalam daging buah kelapa ternyata bisa berperan sebagai anti-virus, anti-jamur, dan jadi penghambat pertumbuhan tumor. 

Daging buah kelapa pun mengandung senyawa mangan dan antioksidan yang efektif mengurangi peradangan, melindungi sel-sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas berlebih, dan mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Namun masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikan manfaat daging buah kelapa ini, terutama terkait jumlah konsumsi yang dibutuhkan sebagai imun booster. 


Baca juga: Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Lambung


Menjaga Fungsi Otak dan Jantung

Kandungan senyawa medium-chain triglyceride dalam daging buah kelapa memberi manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Kali ini, senyawa tersebut dapat membantu menunjang fungsi otak, dan mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak, seperti Alzheimer. 

Selain itu, senyawa medium-chain triglyceride bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dengan cara meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL. Hal inilah yang membuat daging buah kelapa bisa membantu Anda mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

Sebagai informasi tambahan, lemak dalam daging buah kelapa juga termasuk dalam golongan rantai lemak pendek atau short-chain fatty acid yang punya banyak manfaat bagi kesehatan.


Baik Untuk Penderita Diabetes

Asam lemak dalam daging buah kelapa ternyata dapat membantu mencegah diabetes, dan baik dikonsumsi para penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena asam lemak dalam daging buah kelapa efektif meningkatkan toleransi tubuh terhadap gula, dan dapat meningkatkan kadar hormon insulin.

Namun karena kebanyakan penelitian masih dilakukan dalam skala kecil, Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter jika ingin menjadikan daging buah kelapa sebagai terapi mengatasi masalah diabetes, terutama dalam cara pengolahannya agar tepat sasaran. 


Cara Mengkonsumsi Daging Buah Kelapa

Ada dua jenis daging buah kelapa yang bisa Anda konsumsi, yakni daging buah kelapa muda yang bertekstur lembut dan rasanya manis. Untuk daging buah kelapa muda Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung bersama air kelapanya. 

Sementara untuk kelapa tua, Anda bisa mengkonsumsinya sebagai topping minuman dengan cara diparut, dikonsumsi sebagai camilan atau bisa juga dibakar. Tapi ingat, sebelum mengkonsumsi daging buah kelapa tua, sebaiknya bersihkan dulu bagian kulitnya.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. Coconut Meat.
  2. Livestrong. Diakses pada 2021. Health Nutrition Benefits of Raw Coconut Meat.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya