Puasa Senin & Kamis, Apa Manfaatnya Untuk Lambung?
Lifestyle

Puasa Senin & Kamis, Apa Manfaatnya Untuk Lambung?

20 December 2021 - 3 menit membaca




Puasa Senin & Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang disarankan dilakukan oleh seluruh kaum muslimin. Selain untuk mendapatkan lebih banyak pahala, puasa sunnah Senin & Kami ternyata memiliki banyak keutamaan, salah satunya untuk menjaga kesehatan lambung. 

Tidak hanya itu, beberapa penelitian berhasil membuktikan jika rutin menjalankan puasa Senin & Kamis bisa membantu mengatasi masalah asam lambung. Lantas, bagaimana cara melakukannya? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Puasa Meringankan Asam Lambung

Penelitian di tahun 2016 yang dipublikasikan dalam Acta Medica Indonesiana – The Indonesian Journal of Internal Medicine, menjelaskan jika salah satu manfaat besar puasa adalah, ampuh membantu meringankan gejala asam lambung. 

Dalam studi tersebut tim peneliti melakukan penelitian 130 orang yang didiagnosa mengidap gejala GERD. Relawan kemudian dibagi dalam dua kelompok, kelompok pertama disisi oleh 66 peserta yang melakukan puasa, sementara 64 peserta lainnya berada di kelompok kedua (tidak menjalankan puasa). 

Hasilnya cukup mengejutkan, kelompok pertama yang menjalankan puasa justru mengaku keluhan GERD yang dialaminya jauh berkurang dan menjadi lebih ringan saat berpuasa, ketimbang kelompok kedua yang tidak berpuasa.

Kenapa bisa seperti itu? Dalam penjelasannya, tim peneliti mengungkap jika GERD dan masalah asam lambung lainnya merupakan penyakit yang mudah kambuh jika kita punya pola makan yang buruk, termasuk jadwal makan yang tidak teratur. 

Selama berpuasa, kelompok pertama yang menjalankan ibadah puasa memiliki jadwal makan yang tepat, yakni mereka berhenti makan saat Subuh, dan berbuka puasa saat Maghrib. Kondisi ini membuat lambung lebih siap dalam mencerna makanan.

Di sisi lain, selama berpuasa mereka pun tidak mengkonsumsi camilan yang berpotensi meningkatkan produksi asam lambung. Bagi para perokok, selama berpuasa mereka bisa mengurangi kebiasaan tersebut, bahkan beberapa diantaranya berhasil berhenti total.

Selain itu, selama berpuasa mereka akan tetap fokus pada puasanya dan menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kekhusuan ibadahnya.  Kondisi ini akan menempatkan mereka dalam kondisi psikis yang lebih stabil, dan resiko stres jadi berkurang. 

Semua kondisi tersebut, mulai dari mengatur jadwal makan, memperbaiki pola makan, berhenti merokok, hingga mengelola stres, merupakan bagian penting dalam upaya mengendalikan gejala GERD, sehingga puasa Senin & Kamis bisa Anda jadikan sebagai terapi alternatif untuk mengatasi masalah asam lambung. 

Tips Berpuasa bagi Pengidap GERD

Meski punya banyak manfaat untuk kesehatan, bagi pengidap GERD ada beberapa tips agar puasa yang Anda lakukan bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi kesehatan, sekaligus membantu mengendalikan gejala asam lambung. 

Berikut merupakan beberapa tips berpuasa bagi pengidap GERD

  • Pastikan untuk makan sahur saat hendak berpuasa. Ini penting, selain sebagai sumber tenaga, makan sahur merupakan salah satu trik untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan saat perut lapar.
  • Jangan tidur setelah makan sahur karena dapat meningkatkan resiko heartburn. Jika Anda benar-benar ingin tidur, tunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan sahur.
  • Pastika berbuka puasa tepat waktu, jangan ditunda. Bagaimanapun juga tubuh butuh asupan kalori, dan nutrisi penting, terlebih di siang hari tubuh tidak mendapatkannya.
  • Meski Anda sudah sangat lapar, pastikan untuk memperhatikan cara makan. Cobalah untuk makan perlahan, dan dikunyah hingga lembut maksimal. 
  • Pilih menu makanan yang mudah diserap tubuh sebagai menu berbuka puasa, seperti air kelapa muda, makanan lembek seperti bubur, pudding, jus kurma dan lainnya. 
  • Jangan makan secara berlebihan. Segera berhenti saat perut sudah kenyang, Anda bisa menggunakan pola makan sedikit namun sering. 
  • Pastikan tidak mengkonsumsi makanan yang buruk bagi lambung, seperti makanan pedas, makanan yang digoreng, makanan tinggi lemak, dan lainnya. 

Yang paling penting, niatkan puasa Senin & Kamis Anda sebagai bentuk ibadah. Dengan sendirinya manfaat untuk kesehatan akan Anda dapatkan. Selain itu, berhenti merokok sekarang juga!


Referensi:

  1. Medical News Today. Diakses pada 2021. Fasting: Health benefits and risks.
  2. Healthline. Diakses pada 2021. 8 Health Benefits of Fasting, Backed by Science 
  3. Livestrong. Diakses pada 2021. Acid Indigestion When You're Fasting: What You Need to Know.
  4. Kompas. Diakses pada 2021. Jangan Salah, Puasa Terbukti Ringankan Gejala Penyakit Asam Lambung




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya