Puasa Bikin Badan Tambah Sehat, Mitos Atau Fakta?
Health

Puasa Bikin Badan Tambah Sehat, Mitos Atau Fakta?

26 March 2021 - 3 menit membaca

Banyak orang yang ragu berpuasa karena khawatir dengan kondisi kesehatannya. Padahal jika dilakukan dengan baik, justru puasa bikin badan tambah sehat, mulai dari menyehatkan organ vital, seperti jantung, lambung, liver, hingga efektif menurunkan kolesterol.

Dalam istilah medis, puasa sendiri merupakan sebuah kondisi yang dikenal dengan nama Prolonged Intermittent Fasting, yang memiliki tujuan utama hampir sama dengan hikmah puasa, yakni menyehatkan tubuh, mengajarkan pembatasan asupan makanan, pengendalian diri dan keteraturan.

Prolonged Intermittent Fasting sendiri sebenarnya hal yang harus dijaga secara konsisten, namun sayang banyak orang yang mengabaikan hal ini. Dengan berpuasa, Anda akan ‘dipaksa’ untuk berada dalam kondisi tersebut demi mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih luas.

Dengan kata lain, klaim yang menyebut berpuasa merupakan aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh merupakan sebuah fakta ilmiah, dan telah dibuktikan secara ilmiah. Tentu ada beberapa alasan yang mendukung klaim puasa bikin badan tambah sehat, diantaranya:

  1. Berpuasa membuat Anda membatasi asupan kalori, hingga akhirnya membuat tubuh melakukan pembakaran lemak sebagai sumber energi. Berkurangnya lemak dalam tubuh akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menurunkan resiko penyakit jantung,
  2. Jika dilakukan dengan baik, berpuasa akan membuat kadar kolesterol dalam darah berkurang drastis, termasuk dalam menurunkan jumlah trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) yang selama ini jadi faktor resiko penyebab penyakit jantung dan stroke.
  3. Bagi perokok, berpuasa merupakan momen terbaik untuk berhenti merokok. Pasalnya, di siang hari Anda akan dibiasakan untuk tidak menghisap asap rokok. Jika malam hari pun Anda bisa menghindari rokok, setelah satu bulan dijamin Anda akan kehilangan ‘nikmatnya’ merokok.
  4. Orang yang berpuasa akan mendapatkan banyak kebahagiaan, mulai dari perasan tenang karena telah menjalankan perintah Agama, bahagia saat memasuki waktu berbuka, hingga bahagia saat menjelang Idul Fitri. Tentu kondisi ini akan memberi efek positif pada kesehatan Anda, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.
  5. Orang yang berpuasa umumnya akan lebih sadar dengan pentingnya kesehatan. Hal ini terbukti dari meningkatnya konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan lainnya. Tidak hanya itu, orang yang berpuasa pun akan jadi lebih peduli dengan kebutuhan cairan tubuh.

Pada dasarnya, berpuasa merupakan salah satu latihan agar Anda lebih peduli dengan kesehatan diri. Hasil latihan selama satu bulan tersebut akan dianggap berhasil jika Anda tetap konsisten menjalankan gaya hidup sehat tersebut di bulan-bulan berikutnya.

Kunci Pola Makan Sehat Selama Berpuasa

Seperti dijelaskan di atas, Anda harus menjalankan puasa dengan baik untuk bisa mendapatkan semua manfaat kesehatan dari berpuasa. Kunci dari puasa bikin badan tambah sehat sebenarnya cukup sederhana, yakni pola makan yang sehat.

Terkait hal ini, para ahli sepakat setidaknya ada 3 kunci utama yang harus Anda jalankan, diantaranya:

  1. Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Namun tidak dilakukan sekaligus di satu waktu, namun dilakukan secara bertahap atau diberi jeda sekitar 1-2 jam.
  2. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Anda bisa menggunakan pola 2-4-2, yakni 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat makan sahur.
  3. Tetap aktif berolahraga agar kalori dan timbunan lemak yang ada dalam tubuh Anda bisa berkurang, digantikan dengan massa otot dan tubuh yang lebih bugar.

Jika Anda punya keluhan penyakit tertentu, seperti diabetes, masalah lambung dan lainnya, segera berkonsultasi dengan dokter. Idealnya, ini dilakukan 1 minggu jelang memasuki bulan Ramadhan. Ingat, puasa bikin badan tambah sehat.

Namun harus dilakukan dengan cara yang tepat. Perlu dipastikan sebelum berpuasa untuk memeriksakan kesehatan lambung anda ke dokter, sakit maag fungsional akan sembuh dengan buasa, namun pada sakit maag yang organik memerlukan terapi penyembuhan terlebih dahulu dengan pantauan dari dokter


Referensi:

  1. Clevelandclinic.org. Diakses pada 2021. Tips for Fasting the Healthy Way
  2. Medicalnewstoday.com. Diakses pada 2021. What happens if you fast for a day?
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya