Pisang, Buah Yang Aman Dikonsumsi Oleh Penderita Maag
GERD

Pisang, Buah Yang Aman Dikonsumsi Oleh Penderita Maag

12 August 2021 - 3 menit membaca

Memilih makanan yang tepat merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan bagi pasien maag. Bahkan beberapa penelitian membuktikan ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dipercaya dapat membantu Anda mengatasi sakit maag. 

Misalnya saja makanan probiotik, makanan dengan kandungan serat tinggi, atau makanan tertentu dari jenis buah-buahan, sayuran dan lainnya. 


Pisang Aman Dikonsumsi Pasien Sakit Maag

Dari sekian banyak makanan yang aman dikonsumsi penderita sakit maag, menurut American College of Gastroenterology (ACG), pisang termasuk dalam kelompok buah-buahan yang aman dikonsumsi karena kandungan asam yang rendah.

Meskipun begitu, dalam beberapa kondisi tertentu, Harvard T.H. Chan School of Public Health mencatat jika pisang kerap dituding sebagai penyebab terjadinya peningkatan gangguan pencernaan dan sembelit, meski belum ada bukti ilmiah pisang dinyatakan tidak aman bagi lambung. 

Untuk memastikan buah-buahan tersebut aman dikonsumsi, Andrew L Rubman, ND, dari Klinik Southbury, menyarankan Anda untuk mengkonsumsi pisang dalam porsi kecil, kemudian tunggu selama 10-15 menit untuk melihat efek sampingnya. 

Jika Anda tidak menemukan reaksi negatif, seperti perut mulas, mual, sakit perut dan lainnya, konsumsi pisang bisa dilanjutkan. Hal ini berlaku untuk buah sejenis seperti pir atau apel yang selama ini diklaim sebagai buah paling aman dikonsumsi pasien sakit maag. 


Manfaat Pisang Untuk Sakit Maag

Tidak hanya sekedar aman dikonsumsi, buah pisang ternyata berperan besar membantu Anda mengatasi sakit maag. Hal ini dibuktikan lewat ulasan yang diterbitkan dalam jurnal medis Canadian Family Physician di tahun 2004.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan jika diet tinggi buah-buahan dan sayuran efektif menurunkan resiko ulkus duodenum. Selain itu, pisang pun mengandung serat pektin yang efektif membantu memperkuat sistem pencernaan, dan melindungi lambung dari paparan asam lambung berlebih

Dalam studi lainnya yang yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology di tahun 1997, menyebut jika pola makan dengan kandungan tinggi serat, seperti buah-buahan dan sayuran, efektif menurunkan resiko tukak duodenum hingga 45 persen.

Dalam penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Harvard School of Public Health, menjelaskan jika pisang merupakan buah terbaik yang bisa diandalkan untuk mengatasi sakit maag karena mengandung 3 gram serat pektin, dan beberapa jenis serat larut lainnya.

Pisang pun diklaim sebagai makanan terbaik bagi mereka yang mengalami refluks asam. Hal ini disebabkan karena pisang rendah asam dan mampu melapisi esofagus dari paparan asam lambung, menurunkan resiko esofagus barrett dan kondisi lainnya.


Trik Aman Konsumsi Pisang

Pisang merupakan buah dengan kandungan nutrisi yang sangat melimpah, mulai dari potasium, magnesium, vitamin B6, vitamin C dan lainnya. Selain baik untuk sakit maag, pisang pun terbukti baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kualitas tidur dan cukup bisa diandalkan untuk diet. 

Namun dalam beberapa kondisi, ada orang yang mengeluh sakit perut setelah mengkonsumsi pisang. Hal ini bisa disebabkan karena banyak faktor, salah satunya pisang yang dikonsumsi belum matang sempurna, atau jenis pisangnya yang tidak sesuai untuk Anda. 

Agar bisa membantu Anda mengatasi sakit maag dengan maksimal, pastikan pisang tersebut sudah matang sempurna. Jangan lupa untuk selalu mencatat jenis pisang mana saja yang tidak menimbulkan reaksi buruk, dan mana jenis pisang yang mendatangkan reaksi buruk untuk pencernaan Anda. 

Alternatif lainnya, Anda bisa mengkonsumsi pisang bersama dengan bahan makanan lainnya, seperti campuran yoghurt, mengolah pisang menjadi pisang panggang dengan tambahan madu serta kayu manis sebagai pemanis tambahan, dan lainnya. 


Referensi:

  1. Livestrong. Diakses pada 2020. Are Bananas Good for Ulcers?.
  2. AARP. Diakses pada 2020. 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya