perut sering kembung
Ahlinya Lambung

Perhatikan, Perut Sering Kembung Bisa Jadi Tanda Maag

10 September 2019 - 3 menit membaca

Apakah perut kamu terasa sering kembung? Sebetulnya masalah ini umum terjadi, apalagi jika kamu punya jadwal yang cukup padat. Terkadang kejar-kejaran dengan deadline buat kamu lupa waktu makan. Nah, sayangnya ketika mau makan justru jadi malas karena perut terasa penuh dan tidak keruan. Jika sudah begini, tentu saja kamu jadi serba salah. Aktivitas kamu jadi terganggu dan perut terasa tidak nyaman karena kembung. 

Meski kelihatannya sepele, kamu harus waspada. Pasalnya merasa perut sering kembung bisa jadi tanda maag. Bila dibiarkan, dapat mengacaukan semua jadwal harianmu, lho.


Hati-hati, perut sering kembung itu gejala maag


Seseorang rata-rata mengeluarkan gas sekitar 13 hingga 21 kali setiap hari baik melalui sendawa ataupun buang angin. Jika lebih dari itu, tandanya gas di dalam perut kamu sudah menumpuk.

Gas yang ada di dalam perut umumnya berasal dari beragam makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Misalnya saja, kamu sering minum berkarbonasi seperti soda. Penumpukan gas berlebihan juga dapat terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat, seperti makan terlalu cepat dan makan dalam porsi sangat banyak.

Kebiasaan tersebut akan membuat asam lambung meningkat dalam sekejap dan akhirnya menyebabkan perut terasa kembung. Kondisi ini pun juga bisa terjadi sebaliknya, gas yang terlalu banyak didapatkan dari makanan, bisa memicu kenaikan asam lambung hingga akhirnya menimbulkan maag. 

Maka itu, biasanya selain mengalami perut kembung, kamu juga akan merasakan gejala maag lainnya seperti:


Sering bersendawa

Perut tidak nyaman dan sakit

Nyeri di ulu hati


Tips mengatasi perut sering kembung


Supaya kamu tetap semangat beraktivitas dan kembali produktif, ada cara mengatasi perut kembung karena sakit maag. Yuk, baca tipsnya di bawah ini.


1. Minum obat


Cara tepat untuk mengatasi kembung karena sakit maag adalah dengan minum obat. Bagi kamu yang sering mengalami perut kembung dan sakit maag, kamu perlu minum Promag cair atau tablet.

Kandungan antasida pada Promag bisa menghilangkan sensasi perut kembung dalam waktu yang cepat. Kemasannya juga praktis bisa dibawa ke mana pun kamu pergi. Dengan begitu, produktivitas oke dan konsentrasi pekerjaan tidak lagi terhambat cuma karena sakit maag.

2. Menghindari pemanis buatan


Makanan yang diproses umumnya mengandung pemanis buatan sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Pilih makanan yang mengandung gula alami dan hindari makanan dengan kandungan fruktosa, sorbitol, manitol, dan xylitol ya!

3. Makan secara perlahan


Otak membutuhkan waktu 20 - 30 menit untuk menerima sinyal kenyang dari tubuhmu dan memberikan sinyal untuk mengurangi nafsu makan. Oleh karenanya, kamu tak perlu makan terlalu cepat, supaya perut tidak cepat kembung.

4. Kurangi makanan berlemak


Tubuh membutuhkan waktu cukup lama untuk mencerna lemak dan tertahan di perut cukup lama. Selain itu, makan-makanan tinggi lemak juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang akan berdampak pada keluhan yang sama yaitu perut kembung.

5. Makan secukupnya


Lambung memiliki ukuran kurang lebih sekepal tangan. Ketika makanan padat mulai masuk ke sistem pencernaan, lambung akan menyesuaikan ukurannya.

Ketika ada banyak makanan yang masuk, terutama makanan yang tinggi garam, berkalori tinggi, hingga berlemak, membuat perut terasa tidak nyaman dan kembung. Makan secukupnya dan perlahan bisa membantu perut supaya tidak terasa sering kembung.

6. Olahraga


Olahraga secara rutin juga dapat mengurangi keluhan karena olahraga secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit yang dapat menyebabkan gas sulit keluar. 

Tidak perlu olahraga berat, kamu cukup jalan kaki berputar ruangan kantor untuk mengurangi efek kembung.


Sumber :


Why Am I Bloated. https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-bloating-reasons  Diakses 28 Agustus 2019.

Gas and Gas Pains. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gas-and-gas-pains/symptoms-causes/syc-20372709  Diakses 28 Agustus 2019.

Bloating 101: Why You Feel Bloated. https://www.webmd.com/digestive-disorders/features/bloated-bloating#1  Diakses 28 Agustus 2019.

Tips to Reduce Bloating. https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-tips-to-reduce-bloating  Diakses 28 Agustus 2019.

hGastritis: Overview. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK310265/. Diakses 28 Agustus 2019.


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai