ciri-ciri maag kronis
Ahlinya Lambung

Perhatikan, Ciri-Ciri Maag Kronis Ini Mungkin Anda Alami

10 September 2019 - 3 menit membaca

Maag kronis bisa terjadi ketika gejalanya sudah berlangsung dalam waktu yang lebih dari 3 bulan. Nah, jika kamu kerap mengeluhkan maag yang hilang dan kambuh silih berganti, artinya maag tersebut telah tergolong kronis. Seperti apa, ya, ciri-ciri maag kronis yang bisa datang kapan pun ini?

Ciri-ciri maag kronis yang tidak boleh disepelekan

Sebenarnya, maag merupakan sekumpulan gejala penanda suatu penyakit, khususnya pada sistem pencernaan. Itu sebabnya, gejala maag yang biasanya muncul juga masih berkaitan atau tidak jauh dari sistem pencernaan.

Termasuk maag kronis, yang ciri-ciri penyakitnya mungkin pernah sesekali kamu alami. Agar kamu bisa lebih waspada, yuk ketahui beberapa ciri-ciri maag kronis berikut ini:


1. Timbul nyeri pada bagian atas perut

Ketika maag kronis kambuh, ciri-ciri pertama yang biasanya kamu rasakan yakni berupa nyeri atau rasa tidak nyaman pada perut. Umumnya, rasa tidak nyaman tersebut akan kamu rasakan di sisi bagian atas perut, lebih tepatnya bagian ulu hati

Terang saja, kondisi ini bisa merujuk pada posisi lambung yang menjadi sumber utama maag kronis ada di bagian atas perut. Biasanya, keluhan maag kronis yang kamu alami ini bisa terasa membaik atau bahkan malah memburuk sesudah makan.


2. Perut kembung

Terkadang, bukannya membaik setelah perut diisi makanan, ciri-ciri maag kronis yang kamu alami malah bisa bertambah parah. Keluhan yang satu ini biasanya muncul karena perut kamu terasa kembung seolah terlalu banyak makan.

Padahal, bukan makanan yang mengakibatkan perut kamu terasa kembung. Melainkan banyaknya jumlah gas yang ada di dalam perut. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, kembung juga bisa membuat perut kamu tampak lebih besar.

Rasanya seperti ada tekanan begitu besar pada perut, sehingga membuat terasa tidak nyaman terutama saat kamu bergerak dan beraktivitas.


3. Gampang kenyang saat makan

Jika biasanya kamu mampu menghabiskan satu piring penuh makanan, bahkan sampai menambah porsi, ketika mengalami maag kronis mungkin kamu malah tidak bernafsu makan.

Porsi makan kamu biasanya akan berkurang menjadi sangat sedikit, serta gampang merasa kenyang di tengah-tengah makan. Padahal, satu porsi makanan di piring mungkin belum sempat dihabiskan semuanya tapi kamu sudah tidak ingin melanjutkan makan.

Alhasil, kamu malah jadi malas melanjutkan makan karena merasa sangat kenyang seperti usai makan dua piring. Ini bisa menandakan ciri-ciri maag kronis lain yang mungkin terlihat sepele tapi mesti kamu waspadai.
Adanya penumpukan gas pada perut bisa menjadi salah satu faktor yang akhirnya membuat kamu gampang merasa kenyang. Bahkan bisa saja, kemudian muncul rasa nyeri pada perut setelah makan.


4. Sering sendawa

Selain mengakibatkan kembung dan nyeri pada perut, jumlah gas yang terlalu banyak pada perut kamu juga bisa membuat sering sendawa. Kita pasti pernah sendawa beberapa kali dalam sehari, terlebih setelah makan.

Namun, sendawa yang menjadi satu dari beberapa ciri-ciri maag kronis berbeda. Dalam sehari, kamu bisa mengalami sendawa berkali-kali bahkan saat bersantai, bekerja, maupun melakukan kegiatan lain yang bukan setelah makan.

Sendawa ini sebenarnya merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan kelebihan gas yang menumpuk di dalam perut. Bukan hanya sekali, tapi dibutuhkan beberapa kali sendawa sampai sisa gas bisa keluar perlahan-lahan. Itulah mengapa sendawa akan muncul kapan saja selama kamu sedang beraktivitas.


5. Nafsu makan menurun

Keluhan kembung dan nyeri pada perut yang menjadi ciri-ciri maag kronis, tak jarang bisa turut memengaruhi nafsu makanmu. Sebenarnya mungkin kamu lapar, hanya saja rasa tidak nyaman yang terasa di sistem pencernaan mungkin mendorong kamu untuk menunda waktu makan.

Cara ampuh untuk mengatasi maag kronis


Ciri-ciri maag kronis yang tiba-tiba datang memang bisa mengganggu kesibukan harian. Namun, jangan sampai keluhan ini malah jadi menghambat kegiatan kamu.Salah satu cara jitu yang bisa membantu mengatasi maag kronis yakni dengan minum obat Promag Double Action. Aksi ganda dari kandungan kalsium karbonat, magnesium hidroksida, dan famotidine bekerja cepat untuk menetralkan sekaligus menekan produksi asam lambung.


Pastikan juga kamu selalu membaca aturan konsumsi obat agar dosis yang diminum pun sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa, kurangi makan makanan yang bisa memicu munculnya maag kronis seperti makanan berlemak, pedas, dan terlalu asam.


Perhatikan porsi makan cukup dan selalu tepat waktu. Terakhir, usahakan kamu tidur dan bangun di jam yang sesuai sehingga mendapatkan waktu istirahat yang ideal, ya!


Sumber : 

Chronic Gastritis. https://ada.com/conditions/chronic-gastritis/ Accessed on August 28th 2019.

Gastritis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gastritis/symptoms-causes/syc-20355807 Accessed on August 28th 2019.

Chronic Gastritis. https://www.healthline.com/health/gastritis-chronic Accessed on August 28th 2019.

What Are the Cause and Symptoms of Chronic Gastritis? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321988.php Accessed on August 28th 2019.

Garcia-Gathright, J., Oh, A., Abarca, P., Han, M., Sago, W., Spiegel, M., Wolf, B., Garon, E., Bui, A. and Aberle, D. (2015). Representing and extracting lung cancer study metadata: Study objective and study design. Computers in Biology and Medicine, 58, pp.63-72. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4673514/

11 Proven Ways to Reduce or Eliminate Bloating. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-ways-to-reduce-bloating Accessed on August 28th 2019.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Promag: Dosis, Kegunaan, dan Aturan Pakai

Ahlinya Lambung

Penyebab Perut Kembung dan Mual