obat sesak napas karena maag
Ahlinya Lambung

Penyebab dan Obat Sesak Napas Karena Maag

01 November 2019 - 3 menit membaca

Apakah kamu punya masalah maag? Jika iya, jangan heran kalau belakangan ini kamu merasa sesak dan napas terengah-engah. Nyatanya, salah satu dampak dari maag kronis adalah sesak napas. Kalau sudah begini, obat apa yang bisa mengatasi sesak napas karena maag?

Penyebab sesak napas saat maag melanda

Ternyata, Tidak hanya disebabkan karena masalah di paru, sesak napas juga bisa disebabkan karena masalah asam lambung naik, seperti GERD.

Sesak napas karena GERD biasanya diawali dengan kondisi di mana lower esophageal sphincter (LES) tidak bisa menutup dengan sempurna. LES adalah otot pada bagian bawah esofagus (kerongkongan) yang menjadi saluran penghubung perut dan mulut.

Oleh karena otot kerongkongan lemah, akhirnya menyebabkan makanan dan asam di dalam perut naik dan masuk ke dalam esofagus. Kondisi ini disebut refluks asam lambung.

Nah, ketika asam lambung masuk ke esofagus, ada kemungkinan cairan tersebut juga masuk ke dalam paru-paru. Umumnya, hal ini terjadi pada saat kamu sedang tidur sehingga saluran napas membengkak. 

Pembengkakan ini membuat udara tidak bisa keluar masuk hingga akhirnya kamu sesak napas. Bahkan asam lambung naik ini juga menyebabkan keluhan lain seperti:

sensasi terbakar pada dada (heartburn)

rasa asam di tenggorokan dan mulut

dada terasa sakit

batuk kering

suara serak

mengi atau napas berbunyi

Jadi jangan heran saat kamu mengalami gejala maag, kamu juga bisa mengalami sesak napas. Maka dari itu, sebaiknya kamu mencari tahu apa saja cara dan obat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah sesak napas karena maag.

Minum obat yang mampu mengontrol asam lambung

Jika memang sesak napas yang kamu alami disebabkan oleh asam lambung tingg, tentu saja untuk menghilangkan gejala tersebut kamu butuh obat maag. Pilih obat maag yang bisa cepat menetralkan asam dan melindungi lambung lebih lama, seperti Promag. 

Promag praktis dibawa ke mana saja karena tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet hingga cair. Dengan begitu, kamu bisa memilih sediaan obat untuk mengatasi sesak napas karena maag yang paling sesuai dengan kondisimu.

Selain itu, kandungan antasida di dalamnya dapat berperan aktif mengatasi berbagai gejala sakit maag yang kamu alami seperti nyeri ulu hati, mual, kembung, dan sesak napas. Bahkan ada juga Promag double action yang diformulasikan khusus untuk mengatasi kondisi maag yang sudah cukup parah.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika maag sedang menyerang di hari-hari yang sibuk karena obat ini bisa dibawa dan diminum di mana saja.

Cara mengatasi sesak napas karena maag

Selain menggunakan obat, mengatur pola makan atau mengubah gaya hidup bisa dilakukan untuk mengatasi sesak napas karena maag. Yuk, ikuti beberapa cara berikut ini. 

1. Menerapkan pola makan sehat

Selain mengonsumsi obat, mengatur pola makan yang sehat bisa membantu kamu mengatasi sesak napas karena maag. Bagaimana caranya? Makan makanan yang tepat dapat mengontrol asam lambung dan menghindari makanan yang bisa memicunya naik ke kerongkongan. 

Mungkin tidak ada makanan yang secara khusus mengobati kondisi yang sedang kamu alami, tetapi ada beberapa makanan yang berpotensi membantu dalam mengatur gejala refluks asam lambung. Misalnya, sayuran hijau, jahe, buah-buahan non citrus, putih telur, dan oatmeal.

Sedangkan hindari makanan yang asam dan pedas, karena dapat membuat produksi asam lambung melonjak. 

2. Menghindari pemicu maag 

Pemicu dari terjadinya refluks asam lambung yang kamu alami dengan orang lain belum tentu sama. Oleh karena itu, kamu harus lebih peka terhadap kondisi kesehatanmu. Jika terjadi refluks asam lambung, coba cari tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Hal yang paling sering memicu maag yaitu: 

Makanan

Kebiasaan tidur, seperti berbaring setelah makan

Kebiasaan makan terlalu cepat dan dalam porsi banyak sekaligus. 

Nah, jika kamu berhasil menghindari pemicunya tanpa perlu minum obat, kamu bisa menghindari sesak napas karena maag.

3. Mengurangi berat badan

Tahukah kamu bahwa kelebihan berat badan bisa menjadi salah satu penyebab refluks asam lambung? Hal ini disebabkan karena berat badan berlebih meningkatkan tekanan di area perut sehingga asam di lambung akan naik ke atas.

Nah jika kamu merasa berat badanmu sudah lebih dari batas ideal, tidak ada salahnya untuk menguranginya. Selain minum obat, cara ini cukup efektif untuk mengatasi sesak napas karena maag.

Saat berat badan turun, tekanan di area perut akan berkurang dan frekuensi refluks asam lambung pun akan berkurang. Semakin mudah kamu menghindari kondisi tersebut, semakin mudah kamu mengantisipasi sesak napas.



Referensi : 

Simic, P. Acid Reflux Symptoms, Remedies, Causes, Diet, Treatment & Foods to Avoid. Retrieved 8 October 2019, from https://www.emedicinehealth.com/acid_reflux_disease_gerd/article_em.htm#what_facts_should_you

Cherney, K. (2016). Weight Loss and GERD: Your First Defense | Healthline. Retrieved 8 October 2019, from https://www.healthline.com/health/gerd/weight-loss#acid-reflux

Madell, R., & Kinman, T. (2017). Acid Reflux and Shortness of Breath. Retrieved 8 October 2019, from https://www.healthline.com/health/gerd/shortness-of-breath#other-options

Madell, R., & Higuera, V. (2019). 7 Foods to Add to Your Diet for Acid Reflux. Retrieved 8 October 2019, from https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition#helpful-foods

Can Acid Reflux Cause Shortness of Breath? | Inside Mount Sinai. Retrieved 8 October 2019, from https://inside.mountsinai.org/blog/can-acid-reflux-cause-shortness-of-breath/


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif