Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari
Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari

30 December 2021 - 3 menit membaca




Coba bayangkan ketika sedang enak-enak tidur, tiba-tiba Anda terbangun dan merasakan tenggorokan terasa sangat kering dan panas seperti terbakar, perut melilit, dan sejumlah gejala asam lambung naik lainnya. Tentu ini sangat mengganggu, dan dapat menurunkan kualitas tidur Anda. 

Yang lebih parah, gejala ini justru berpeluang semakin parah saat Anda mengalami masalah tidur. Boro-boro bisa beraktivitas, untuk sekedar bangun dari tempat tidur saja terasa sangat berat karena gejala asam lambung yang naik benar-benar ‘menyiksa’.

Nggak mau kan kondisi tersebut menyerang Anda? Berikut beberapa penyebab naiknya asam lambung di malam hari yang wajib Anda hindari. 

1. Tidur Setelah Makan

Karena kesibukan di kantor, kemacetan atau kondisi lainnya, beberapa orang terpaksa harus pulang lebih malam dan makan malam mepet dengan jam tidur. Alhasil, Anda pun akan mau tidak mau akan tidur dalam kondisi perut yang sangat kenyang.

Tidur atau berbaring setelah makan inilah yang menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan di malam hari, dan menyebabkan beberapa gejala asam lambung, seperti heartburn dan lainnya. Kondisi inilah yang pada akhirnya akan membuat Anda terbangun di malam hari.

2. Pilihan Makan yang Salah

Bukan hanya waktu makan yang mepet dengan am tidur, atau langsung tidur setelah makan, ternyata pilihan menu makan malam yang salah pun bisa menyebabkan asam lambung naik di malam hari dan mengganggu waktu tidur Anda. 

Ada beberapa jenis makanan yang wajib Anda waspada, dan bisa memicu naiknya asam lambung, seperti makanan tinggi lemak, coklat, makanan pedas dan berminyak, makanan asam, bawang-bawangan, termasuk bawang bombay, bawang merah dan lainnya. 

3. Menu Makan Yang Berlebihan

Karena terlalu capek dan lapar setelah pulang beraktivitas, beberapa orang tidak sadar telah mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan. Ini jelas sangat berbahaya, terlebih jika di lakukan di malam hari menjelang waktu tidur. 

Makan terlalu banyak dapat menyebabkan lambung tidak mampu menampung makanan yang masuk, hingga akhirnya makanan tersebut akan menekan otot sfingter bagian bawah (LES). Kondisi ini akan membuat otot tersebut terbuka, dan asam lambung pun naik hingga ke kerongkongan. 

4. Merokok atau minum alkohol

Merokok dan konsumsi minuman beralkohol merupakan dua kebiasaan yang sangat buruk, yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Termasuk dapat memicu kenaikan asam lambung, terlebih jika kebiasaan ini dilakukan di malam hari, sebelum tidur. 

Kandungan dalam rokok dapat melemaskan otot stingfer esofagus, dan meningkatkan risiko refluks asam lambung. Sementara alkohol dapat menyebabkan peradangan di dinding lambung, yang beresiko melukai lambung dan menyebabkan sakit maag parah.

5. Kehamilan

Jika Anda sedang hamil, terutama di trimester akhir masa kehamilan, masalah asam lambung yang tiba-tiba naik di malam hari bisa saja disebabkan karena kondisi Anda saat ini. Hal ini disebabkan karena janin yang menekan perut dan membuat asam lambung terdorong naik ke kerongkongan. 

Jika usia kehamilan Anda baru mencapai trimester pertama atau kedua, kondisi ini bisa disebabkan akibat perubahan hormon. Tidak perlu khawatir, konsultasikan semuanya kepada dokter untuk mendapat solusi terbaik dari masalah Anda. 


Referensi: 

  1. Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Heartburn
  2. NHS. Diakses pada 2021. Indigestion and heartburn in pregnancy.
  3. Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Why Does Your Heartburn Always Seem Worse at Night?




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya