Pekerja Kantoran Rentan Terkena GERD.
GERD

Pekerja Kantoran Rentan Terkena GERD. Ini Penyebabnya!

28 May 2021 - 3 menit membaca

Penelitian terbaru yang dilakukan tahun 2009 silam, dan diterbitkan dalam Internal Medicine, menyebut jika pekerja kantoran lebih rentan terkena GERD ketimbang profesi lainnya. Hal ini diketahui setelah tim peneliti melakukan survei terhadap 40 ribu relawan di Norwegia. 

Dalam penelitian tersebut dijelaskan stres terkait pekerjaan secara signifikan meningkatkan risiko GERD ketimbang faktor lainnya, seperti konsumsi makanan tertentu dan lainnya. Risiko GERD semakin tinggi jika Anda termasuk orang dengan kepuasan kerja yang rendah.


Kenapa Bisa Seperti Itu?

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan gangguan sistem pencernaan yang bersifat kronis. Gejala umumnya adalah, perasaan mual, mulas, nyeri dada dan dada terasa terbakar hingga ke bagian kerongkongan, mulut terasa asam, mual, muntah hingga nafsu makan menurun.

Seperti dijelaskan di atas, pekerja kantoran lebih rentan terkena GERD ketimbang profesi lainnya. Ada banyak alasan yang mendasari hal ini, diantaranya adalah: 

  • Karena jadwal kerja yang padat banyak pekerja kantoran memilih menunda makan, atau malah mendahulukannya. Jadwal makan yang berantakan inilah yang jadi penyebab lambung memproduksi asam di saat yang tidak tepat, dan meningkatkan risiko GERD.
  • Beberapa perusahaan memang menyediakan catering khusus untuk karyawannya. Tapi bagaimana kualitas makanan tersebut? Kondisi ini diperparah dengan kebiasaan karyawan yang justru lebih memilih makan di luar dengan menyantap junk food.
  • Kopi, coklat, saus, minuman berenergi dan camilan tidak sehat merupakan teman setia saat bekerja, terlebih ketika Anda kerja lembur. Bahkan dengan alasan demi menghalau kantuk, terkadang Anda mengkonsumsi kopi secara berlebih, dan melupakan makan malam.
  • Stres merupakan faktor terbesar yang menyebabkan pekerja kantoran rentan terkena GERD. Terlebih jika Anda bekerja di bidang pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi, seperti pelayanan publik/pelayanan, bagian keuangan, bagian teknis dan lainnya.

Dalam penelitian yang sama dijelaskan jika wanita lebih rentan terkena GERD ketimbang pria. Hal ini disebabkan karena wanita cenderung mengalami perubahan hormon, yang meningkatkan resiko stres, seperti ketika mengalami PMS, kehamilan dan lainnya. 

Selain itu, pola pikir wanita yang lebih mengedepankan perasaan ketimbang akal, akan membuat mereka lebih rentan dengan stres. Seperti dijelaskan di atas, efek dari kondisi tersebut dapat meningkatkan resiko stres, dan memicu kenaikan asam lambung. 


Mencegah GERD Bagi Pekerja Kantoran

Meski GERD kerap menghantui para pekerja kantoran, namun bukan berarti masalah tersebut tidak bisa dicegah. Anda bisa melakukan beberapa trik berikut ini sebagai bagian dari upaya pencegahan.

  • Hindari rokok, mengingat rokok sangat berbahaya untuk kesehatan, termasuk meningkatkan risiko GERD.
  • Makan dengan porsi kecil namun sering. Tapi ingat, pastikan makanan yang Anda konsumsi benar-benar sehat, terutama buah-buahan dan sayuran hijau. 
  • Cukupi kebutuhan istirahat harian, minimalnya Anda harus tidur selama 7 jam per malam.
  • Usahakan tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat, terutama di bagian perut
  • Jika harus kerja lembur, hindari konsumsi kopi berlebih. Anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi camilan sehat, seperti kacang rebus, atau buah-buahan.


Yang terpenting, pastikan Anda mengelola stres dengan baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari melakukan aktivitas menyenangkan bersama teman sekantor, bermain dengan hewan peliharaan, ikut kelas yoga, dan olahraga yang cukup. 

Jika GERD sudah terlanjur menyerang, sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter untuk mendapat solusi terbaik. Ingat, GERD tidak boleh dibiarkan karena selain dapat menurunkan kualitas hidup Anda, penyakit ini pun bisa menurunkan produktivitas Anda sebagai pekerja kantoran.


Referensi: 

  1. blackmores.co.th. Diakses pada 2021. Get GERD from office work?
  2. healthline.com. Diakses pada 2021. Can Stress Cause Acid Reflux?
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya