makanan untuk sakit maag
Ahlinya Lambung

Panduan Memilih Makanan untuk Orang Sakit Maag

10 September 2019 - 3 menit membaca

Sudah jadi keharusan bagi penderita sakit maag untuk memastikan jadwal makannya. Makan pagi, siang, malam, dan sekadar ngemil juga bisa membantu agar asam lambung tidak bergejolak di tengah aktivitas. Tak hanya jadwal makan, kamu juga harus tahu pilihan makanan yang tepat untuk orang sakit maag. Apa saja?

Rekomendasi makanan untuk orang sakit maag


Meskipun melihat banyak pilihan menarik di foodcourt, mulai dari makanan Padang sampai makanan Sunda, pastikan kamu bijak saat memilih makanan, apalagi kalau punya sakit maag.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa makanan yang baik untuk mengurangi gejala sakit maag.

1. Sayur-mayur


Makan berbagai jenis sayur, seperti wortel, bit, buncis, kacang polong, ubi putih, bayam, dan labu, bagus untuk mengatasi maag yang kamu derita.
Cara memasak terbaik adalah dengan mengukus atau merebusnya. Jangan menambahkan butter, minyak, atau produk berlemak lainnya karena lemak bisa memperburuk gejala sakit maag yang kamu miliki.
Meski sehat, beberapa jenis sayur seperti kol, brokoli, kubis brussels, dan kale harus dibatasi. Sebab, jenis sayur ini mengandung gas dan bisa membuat perut semakin kembung untuk orang sakit maag.

2. Makanan rendah lemak


Makanan berlemak dapat memperparah gejala maag. Itu sebabnya, makanan yang rendah lemak lebih direkomendasikan untuk orang-orang yang sakit maag.
Cobalah memilih makanan rendah lemak, seperti keju cottage (keju rendah lemak), yogurt, dan susu rendah lemak. Hindari pula makanan yang digoreng dengan minyak banyak.
Apabila kamu punya intorelansi laktosa, produk olahan susu bisa memicu ketidaknyamanan lambungmu. Lebih baik kamu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui produk susu rendah lemak yang cocok untuk kesehatan lambungmu.

3. Sumber protein rendah lemak


Sumber protein rendah lemak juga bisa jadi pilihan makanan untuk orang yang sakit maag. Bahkan, protein rendah lemak dapat membantu memperbaiki dinding lambung dan mengatasi gangguan pencernaan.
Kamu bisa mencoba makanan sehat seperti dada ayam tanpa kulit, ikan salmon atau trout, dan telur. 

4. Karbohidrat


Karbohidrat menjadi salah makanan yang dapat dikonsumsi untuk orang sakit maag. Karbohidrat yang terbilang aman, antara lain roti tawar putih, nasi, pasta, pancake, wafel, maupun muffin. Namun, pastikan makanan itu kamu buat dengan bahan-bahan yang rendah lemak, ya.
Sebisa mungkin, kamu juga perlu menghindari karbohidrat yang mengandung lemak, biasanya dengan tambahan butter, keju, atau mentega. 
Hindari pula kombinasi makanan yang bisa memicu sakit maag, seperti sereal dan susu, biskuit, donat, serta pizza. 

5. Minum jahe


Meski bukan makanan, minum campuran jahe dan teh chamomile juga bagus untuk orang yang sakit maag. Jahe mengandung antioksidan tinggi dan bersifat anti-inflamasi yang bisa menjadi obat alami untuk penderita maag. 
Selain itu, senyawa fenolat pada jahe juga bermanfaat untuk meredakan iritasi saluran cerna dan kontraksi lambung. Dengan demikian, minum jahe mampu mengurangi terjadinya sakit maag dan mencegah naiknya asam lambung.
Menyediakan satu cangkir jahe hangat di atas meja kerja bisa jadi langkah mencegah yang tepat untuk kamu yang punya sakit maag.
Meski begitu, pastikan bahwa kamu tidak mengonsumsi jahe lebih dari 4 gram, ya. Mengonsumsi jahe kebanyakan justru dapat memperburuk gejala naiknya asam lambung.

6. Makanan berserat


Makanan untuk orang sakit maag selanjutnya adalah camilan yang mengandung serat, seperti biji-bijian, kacang yang direbus, maupun kacang polong. Makanan berserat ini baik untuk orang yang sakit maag karena bermanfaat untuk mengurangi risiko tukak lambung. 
Adapun sumber kacang-kacangan lain yang bisa kamu makan di antaranya almond, chia seeds, quinoa, ataupun gandum. 

7. Makanan dengan kandungan bawang putih


Saatnya kamu harus bersahabat dengan si bawang putih dan jangan menyingkirkannya dari makananmu. Bahan yang biasanya dijadikan bumbu masak ini juga bisa meredakan dan melindungi lambungmu. 
Kandungan antimikroba dan antijamur pada bawang putih bekerja melawan bakteri H. pylori si penyebab sakit maag. Kamu bisa makan dalam potongan kecil, atau mencampurnya dengan makanan tertentu, untuk meredakan atau menghindari sakit maag. 

8. Minum obat


Apabila kamu sudah melakukan berbagai cara, termasuk memilih makanan yang tepat, untuk meredakan sakit maag tapi gejalanya terus mengganggu, kamu bisa minum obat maag, seperti Promag.
Promag dalam kemasan tablet ataupun cair dapat dengan cepat menetralkan asam lambung karena kandungan antasidanya. Dengan begitu, kamu bisa beraktivitas dan tetap konsentrasi dengan pekerjaanmu tanpa maag yang mengganggu.

Reference:

Bland Diet: What to Eat and What to Avoid. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/bland-diet#foods-to-eat. Diakses 29 Agustus 2019.
Lifestyle Guidelines for the Treatment of GERD. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15530-lifestyle-guidelines-for-the-treatment-of-gerd. Diakses 29 Agustus 2019.
Can You Use Ginger to Treat Acid Reflux? https://www.healthline.com/health/digestive-health/ginger-for-acid-reflux#research. Diakses 29 Agustus 2019.
Gastritis Diet Treatment Plan. https://draxe.com/health/gut-health/gastritis-diet/. Diakses 29 Agustus 2019.
Heartburn Treatment. https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/9624-heartburn-treatment. Diakses 29 Agustus 2019.
A review of the gastroprotective effects of ginger (Zingiber officinale Roscoe). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23612703. Diakses 29 Agustus 2019.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif