Optimalkan Khasiat Buncis Dengan Trik Berikut Ini
Health

Optimalkan Khasiat Buncis Dengan Trik Berikut Ini

21 June 2021 - 3 menit membaca

Buncis merupakan salah satu sayuran hijau yang cukup populer karena sering dijadikan sebagai bahan campuran salad. Sayuran ini sendiri termasuk dalam jenis kacang-kacangan, dengan kandungan nutrisi yang cukup komplit, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, serat, dan lainnya. 

Selain itu, buncis pun mengandung mineral lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan dan menjaga berat badan tetap ideal, seperti vitamin A, K, folat, zat besi dan lainnya.

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Karena kandungan nutrisinya yang cukup komplit, buncis dipercaya punya sejumlah khasiat khusus. Menurut penelitian dari Harvard Medical School, salah satu manfaat buncis yang sulit didapat dari sayuran lainnya adalah, mampu meningkatan kesuburan wanita di usia produktif.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buncis, diantaranya: 

  1. Buncis dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara menekan angka kolesterol jahat dalam darah yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di arteri.
  2. Buncis efektif memperkuat tulang. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin K dalam buncis tergolong tinggi, mencapai 14 mg per 100 gram. 
  3. Bagi ibu hamil, buncis mampu menjaga kesehatan janin. Hal ini terkait dengan kandungan folat yang mampu mendukung pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. 
  4. Konsumsi buncis secara rutin dapat mencegah kelebihan homosistein yang dibutuhkan untuk mensintesis protein dalam tubuh.
  5. Konsumsi buncis efektif menjaga suasana hati, meredakan depresi, mengatasi masalah insomnia dan mampu memperbaiki kualitas tidur Anda.
  6. Buncis merupakan sayuran yang mengandung kalori sangat rendah. Inilah alasan kenapa buncis selalu dimasukkan ke dalam menu utama diet Anda. 
  7. Selain mengandung serat tinggi, buncis ternyata FODMAP atau fermentable oligo, disakarida, monosakarida, dan poliol, sehingga terbukti dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, masih banyak manfaat buncis yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi sayuran hijau yang satu ini, termasuk baik untuk menjaga kesehatan kulit, dan memenuhi kebutuhan protein bagi para vegetarian.

Cara Optimalkan Manfaat Buncis

Karena termasuk dalam keluarga kacang-kacangan, banyak orang yang khawatir buncis mengandung anti nutrisi yang mungkin beracun jika dikonsumsi mentah. Sementara beberapa orang lainnya percaya manfaat buncis akan lebih optimal jika dikonsumsi secara mentah.

Lantas, manakah yang lebih baik. Dikonsumsi mentah atau masak? Dilansir dari Healthline, dalam kondisi mentah buncis mengandung lektin, sejenis protein pelindung yang secara alami berfungsi sebagai antijamur dan insektisida bagi tanaman.

Namun jangan khawatir. Untuk Anda yang tidak punya masalah pencernaan, atau alergi terhadap lektin, buncis aman dikonsumsi dalam kondisi mentah. Selain itu, buncis mentah pun tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak dalam sekali makan. 

Biasanya, orang yang alergi terhadap lektin, atau mengkonsumsi buncis dalam jumlah banyak, akan mengalami beberapa kondisi seperti perut kembung dan diare. Selain itu, konsumsi buncis mentah dalam jumlah banyak pun beresiko mengganggu penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buncis dalam kondisi matang. Tapi ingat, cara memasaknya jangan dipanaskan secara berlebih. Cukup direndam dalam air panas selama 5-10 menit, kemudian bisa langsung dikonsumsi setelah layu.  

Trik lainnya, manfaat buncis akan lebih optimal jika dikonsumsi tanpa tambahan garam secara berlebih. Anda bisa menambahkan saus kacang atau ditumis dengan minyak zaitun dan tambahan beberapa bahan lainnya, seperti bawang putih, bawang merah dan tomat. 


Referensi:

  1. healthline.com. Diakses pada 2021. Are Raw Green Beans Safe to Eat?
  2. medicalnewstoday.com. Diakses pada 2021. Everything you need to know about green beans
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya