obat-sakit-ulu-hati-setelah-makan
Ahlinya Lambung

Obat Sakit Ulu Hati Setelah Makan

24 June 2020 - 3 menit membaca

Sakit ulu hati terkadang timbul setelah makan dan tentu saja kamu ingin segera mengatasinya dengan berbagai macam cara, termasuk minum obat. Sakit pada ulu hati menimbulkan rasa tidak nyaman di bawah tulang rusuk area perut atas. Umumnya gejala ini timbul karena naiknya asam lambung

Kalau sudah begitu, beraktivitas pun akan terhambat. Menyelesaikan pekerjaan juga tak dapat berkonsentrasi. Jika kamu sering kali mengalaminya, ini saat yang tepat untuk mengetahui penyebabnya dan obat yang mampu menangani sakit ulu hati setelah makan.

Alasan sakit ulu hati bisa terjadi setelah makan

Salah satu masalah umum yang terjadi saat ada banyak pekerjaan adalah menunda jam makan. Setelahnya, kamu tentu akan merasa sangat lapar dan cenderung makan berlebihan. Inilah yang akhirnya memicu sakit maag dan memunculkan gejala seperti nyeri pada ulu hati. 

Lambung kita sangatlah fleksibel. Saat ada makanan yang masuk, lambung akan menyesuaikan volumenya. Bila kita makan lebih banyak, maka lambung juga akan melebar dari kapasitas normal.

Lambung yang membesar bisa menekan organ-organ lain di sekitarnya dan menimbulkan sakit pada ulu hati. Makan terlalu banyak juga menyebabkan gangguan sistem pencernaan, asam lambung naik, dan heartburn (rasa terbakar di dada).

Terkadang nyeri pada ulu hati ini menimbulkan gejala lainnya, seperti sesak napas karena lambung menekan paru-paru. 

Selain makan terlalu banyak, rasa sakit pada ulu hati bisa timbul ketika makan makanan yang memicu naiknya asam lambung. Biasanya, sakit di ulu hati ini bisa diredakan dengan obat penetral asam lambung.

Menurut studi dari Central South University di China, terdapat beberapa alasan yang dapat memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan sakit pada ulu hati, di antaranya makan terlalu cepat, konsumsi makanan pedas, berlemak, terlalu asam, dan sering makan makanan manis. 

Kebiasaan tersebut mencetuskan gejala gangguan pencernaan, seperti sensasi heartburn atau rasa terbakar di dada, rasa sakit pada ulu hati, perut terasa penuh, maupun sulit menelan. Apakah kamu memiliki kebiasaan di atas dan sering mengalami keluhan serupa? Bila ya, kamu perlu minum obat yang dapat meredakan sakit ulu hati dengan cepat.

Obat untuk meredakan sakit ulu hati

Pada kondisi normal, lambung membantu mencerna makanan dan membunuh bakteri melalui asamnya. Asam lambung memiliki sifat korosif (mengikis). Namun, tubuh mampu menciptakan mekanisme pertahanan dengan menciptakan mukus untuk melindungi lambung agar tidak teriritasi.

Sayangnya, gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan telat makan, makan makanan tertentu, ataupun terlalu banyak makan bisa memicu naiknya asam lambung dan merusak proteksi lambung sehingga muncul gejala nyeri ulu hati.

Rasa sakit yang muncul di ulu hati tentu membuatmu merasa tak nyaman. Apalagi saat pekerjaan yang harus diselesaikan masih banyak. 

Agar asam tak sampai mengiritasi lambung, kamu bisa segera menetralkannya dengan obat Promag. Promag mengandung dua jenis antasida yaitu magnesium hidroksida dan hydrotalcite, yang dikombinasikan dengan simethicone. 

Antasida merupakan obat yang mampu cepat meredakan gejala sakit maag, seperti nyeri ulu hati, dengan cepat. Obat antasida bersifat basa sehingga dapat menetralkan asam lambung. Ketika antasida bekerja menetralkan asam lambung, simetichone bekerja menghilangkan gas pada lambung sehingga kamu terhindar dari perut kembung.

Promag tersedia dalam kemasan obat tablet dan cair yang dapat memudahkanmu untuk meminumnya saat ulu hati sakit karena maag. 

Kamu dapat meminum obat ini beberapa saat setelah makan jika merasakan sakit di ulu hati dan sebelum tidur bila perlu.

Untuk obat antasida bentuk tablet, sebaiknya kamu mengunyahnya dulu sebelum menelannya. Jangan lupa untuk minum segelas air setelah minum obat tablet antasida. Sementara itu, jika kamu ingin minum antasida cair, pastikan kamu mengocoknya terlebih dahulu agar larutannya tercampur sempurna.

Promag cair yang tersedia dalam kemasan sachet juga dapat membantu kamu karena dosisnya sudah sesuai takaran sehingga kamu tak perlu lagi repot-repot menakarnya. 

Jika maag melanda dan kamu merasakan sakit di ulu hati setelah makan, segeralah minum obat golongan antasida untuk cepat meredakan sakit yang kamu rasakan. Dengan begitu, kamu dapat kembali beraktivitas seperti biasa dan menjalani hari-harimu tanpa gangguan. 



Referensi:

ABC of the upper gastrointestinal tract: Indigestion: When is it functional? https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1121753/. Diakses 8 Oktober 2019.

Study on lifestyle in patients with gastroesophageal 

reflux disease. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28626103. Diakses 8 Oktober 2019.

What’s Causing My Epigastric Pain and How Can I Find Relief? https://www.healthline.com/health/epigastric-pain#acid-reflux. Diakses 8 Oktober 2019.

Ten causes of epigastric pain. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320317.php. Diakses 8 Oktober 2019.

Antacids. https://patient.info/digestive-health/indigestion-medication/antacids. Diakses 8 Oktober 2019.

ANTACID WITH SIMETHICONE Suspension, (Final Dose Form). https://www.webmd.com/drugs/2/drug-7176/antacid-simethicone-oral/details. Diakses 8 Oktober 2019.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif