kandungan-obat-maag-paling-ampuh
Ahlinya Lambung

Obat Perut Kembung dan Mual yang Cepat Atasi Gejala Sakit Maag

24 June 2020 - 3 menit membaca

Sakit maag adalah gangguan pencernaan yang dialami oleh banyak orang, dari anak muda hingga orangtua. Ketika sakit maag mulai menyerang, gejala yang paling pertama terasa biasanya perut kembung dan mual Kalau sudah telanjur muncul, makan jadi tak enak dan pekerjaan pun akan terhambat. Untuk menghilangkannya, ada beberapa obat yang bisa membantu mengatasi perut kembung dan mual. Namun, mana yang paling cocok untukmu?

Penyebab perut kembung dan mual

Perut kembung dan mual biasanya disebabkan oleh asupan makanan atau minuman tertentu, maupun efek samping obat-obatan tertentu. 

Namun, dua gejala gangguan pencernaan ini juga umum menjadi gejala sakit maag karena asam lambung naik.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut berbagai penyebab perut kembung dan mual akibat sakit maag:

  • Makan terlalu banyak

  • Makan terlalu cepat

  • Makan makanan yang berlemak, berminyak, atau pedas

  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein, alkohol, cokelat, atau soda

  • Merokok

  • Sering merasa gelisah atau punya gangguan kecemasan

  • Sedang minum antibiotik tertentu, obat pereda nyeri, atau suplemen zat besi

Daftar obat untuk atasi perut kembung dan mual

Saat perut mulai kembung disertai dengan rasa mual, segera cari obat untuk mengatasinya.

Perut yang kembung dan mual bisa segera teratasi dengan pilihan obat berikut:

Antasida

Antasida adalah obat yang biasanya pertama kali diberikan dokter untuk mengatasi sakit maag. Obat ini bekerja menetralkan asam lambung.

Antasida banyak dijual bebas tanpa resep dokter. Salah satu obat sakit maag jenis antasida yang mudah didapat adalah Promag. Promag mengandung hydrotalcite dan magnesium hydroxide yang bekerja cepat dan tahan lama mengatasi gejala sakit maag seperti mual dan perut kembung.

Pada beberapa kasus, antasida dapat dikombinasikan dengan H-2 blocker untuk menghasilkan efek obat yang lebih kuat dan tahan lama.

Antagonis reseptor H-2 (H2-blockers)

Antangonis reseptor H-2, seperti famotidine, bekerja mengurangi produksi asam lambung. Efeknya ini dapat bertahan lebih lama dari antasida, tapi cara kerjanya memang tidak secepat antasida. 

Maka dari itu, obat H-2 blocker sering dikombinasikan dengan antasida untuk bekerja lebih cepat menetralkan dan menekan produksi asam lambung, dengan efek yang bertahan lama.

Kombinasi calcium carbonate dan magnesium hydroxide sebagai antasida mampu menetralkan asam lambung. Sementara itu, famotidine mampu mengurangi produksi asam lambung dalam jangka waktu yang lebih lama. Maka obat ini akan cepat meredakan mual dan perut kembung, serta melindungi Anda lebih lama.

Promag Double Action termasuk salah satu contoh obat sakit maag kombinasi aksi ganda yang mudah ditemukan. Obat ini khususnya efektif untuk mengatasi sakit maag kronis atau sakit maag yang tidak bisa disembuhkan antasida biasa. Sebelum minum obat, baca petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan dengan teliti.

Saat sedang minum obat yang mengandung H-2 blockers, jangan merokok. Jika kamu perokok aktif, hentikan dulu kebiasaanmu ini agar efek obatnya tidak sia-sia. Sebab, rokok justru meningkatkan jumlah asam yang diproduksi lambung.

Antibiotik

Jika gejala sakit maag yang kamu alami muncul karena infeksi bakteri Heliobacter pylori, jangan sembarangan minum obat. Infeksi bakteri hanya bisa diobati dengan antibiotik yang diresepkan dokter.

Obat antibiotik mampu membunuh bakteri yang mengganggu dan menyebabkan perut kembung serta mual.

Habiskan antibiotik sesuai petunjuk dosis dan jangka waktu minum yang ditentukan dokter. Jangan berhenti minum obat meski mual sudah hilang dan perut tak lagi kembung.

Proton pump inhibitor (PPI)

Proton pump inhibitor (PPI) adalah obat yang mampu mengurangi produksi asam dengan memblokir enzim di dinding lambung penghasil asam.

Biasanya PPI ditujukan untuk mereka yang punya sakit maag kronis atau disebut dengan GERD. Namun, pbat PPI hanya bisa didapat dengan menebus resep dokter. 

Jika tidak yakin obat sakit maag mana yang tepat buatmu atau ternyata obat yang dibeli di apotek tidak mempan mengatasi perut kembung dan mual, segera konsultasikan ke dokter.

Selain minum obat, kamu juga perlu mengubah berbagai gaya hidup yang jadi penyebab sakit maag. Berhenti merokok, makan perlahan, dan kurangi kafein serta soda mulai hari ini, yuk!


Referensi:

Antacids https://www.healthline.com/health/antacids accessed on October 8th 2019

Histamine H2 Antagonist https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/histamine-h2-antagonist-oral-route-injection-route-intravenous-route/precautions/drg-20068584 accessed on October 8th 2019

Indigestion https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/diagnosis-treatment/drc-20352215 accessed on October 8th 2019

Treatment of Indigestion https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/indigestion-dyspepsia/treatment accessed on October 8th 2019

Proton Pump Inhibitors https://www.medicinenet.com/proton-pump_inhibitors/article.htm accessed on October 8th 2019


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai