obat maag tablet
Ahlinya Lambung

Obat Maag Tablet, Solusi Praktis Redakan Perut Kembung dan Nyeri

10 September 2019 - 3 menit membaca

Perut yang tiba-tiba terasa nyeri dan kembung akibat maag bisa bikin kerja jadi tidak nyaman. Apalagi kalau kambuh sewaktu kamu nongkrong sama teman-teman. Rasa nyerinya pun bisa berlangsung cukup lama. Nah, satu cara paling cepat untuk mengatasinya adalah dengan minum obat maag tablet. Kenapa begitu?

Obat maag tablet cepat redakan perut nyeri dan kembung


Perut yang terasa perih dan kembung terjadi akibat cairan asam lambung yang mengalir naik ke kerongkongan. Namun sayang, bagian dalam kerongkongan kita tidak dilapisi oleh lendir khusus yang dapat melindunginya dari efek cairan asam.

Maka ketika asam dari lambung naik ke atas, cairan tersebut akan mengiritasi kerongkongan. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri dan panas seperti terbakar yang menjalar dari ulu hati ke tenggorokan.

Sementara itu, sensasi kembung yang kamu rasakan saat maag kambuh adalah karena produksi asam lambung yang berlebihan. Kadar cairan asam yang terlalu banyak ini akan mengeluarkan gas yang pada akhirnya bikin perut kembung.

Nah, untuk mengatasi kedua gejala tersebut, kamu bisa minum obat maag tablet dari Promag. Apa saja kandungan obat maag tablet yang ampuh meredakan nyeri perut dan kembung?

1. Hydrotalcite


Kandungan hydrotalcite dalam obat maag tablet merupakan salah satu golongan antasida yang bekerja menurunkan dan menetralkan asam lambung. Dengan begitu, gejala perut nyeri, mulas, dan kembung (bergas) yang sering kamu alami saat maag bisa mereda.

Menurut sebuah penelitian di Jerman pada tahun 2012, obat maag tablet yang mengandung hydrotalcite cepat meredakan gejala maag dalam waktu 15 menit setelah diminum

2. Magnesium hydroxide


Obat maag tablet juga umumnya mengandung magnesium hydroxide untuk mengatasi gejala perut nyeri dan kembung. Sama seperti hydrotalcite, magnesium hydroxide adalah golongan antasida yang bekerja menurunkan asam lambung.

Satu penelitian dari jurnal Gastroenterology Research and Practice mengatakan magnesium hydroxide dapat mengurangi gejala maag yang kambuh, dan aman digunakan ketika dicampur dengan obat golongan antasida lainnya.

3. Simethicone


Simethicone juga merupakan kandungan dalam obat maag tablet yang berfungsi mengatasi perut kembung. Obat ini bekerja menggabungkan gelembung-gelembung gas yang ada di dalam perut sehingga nantinya akan lebih mudah dikeluarkan oleh pencernaan Anda. 

Menurut sebuah penelitian dari jurnal Karger, simethicone terbukti lebih efektif mengatasi kembung dibanding obat cisapride. Selain itu, penelitian ini juga menyatakan bahwa obat maag tablet yang mengandung simethicone aman diminum oleh hampir semua orang.

Bahkan obat maag tablet yang mengandung simethicone juga kerap menjadi obat yang pertama kali direkomendasikan dokter dan apoteker untuk mengatasi kembung.

Ketahui aturan dan cara pakai obat maag tablet yang benar


Ketiga zat obat di atas pada dasarnya sudah lengkap terkandung di dalam tablet Promag. Namun agar gejala maag kamu cepat teratasi, pahami dulu aturan pakainya yang tepat.

Obat maag tablet harus dikunyah dulu baru ditelan dengan air agar kandungan obatnya cepat diserap oleh tubuh. Semakin cepat dan mudah obat diserap, gejala maag kamu akan cepat teratasi. 

Selain itu, kamu juga harus tahu takaran dosis yang tepat buat dirimu sendiri. Obat maag tablet dari Promag dapat diminum 3-4 kali dalam sehari, dan untuk satu kali minum kamu bisa konsumsi 1-2 tablet langsung. Nah, aturan dosis dan cara pakai selengkapnya bisa kamu baca di kemasan obat.

Untuk membantu obat maag tablet yang kamu minum bekerja lebih cepat, perhatikan beberapa hal ini, ya!

Hindari makan makanan pedas, dan berlemak; apalagi dalam porsi besar sekaligus. Ini dapat membuat asam lambung naik.

Berhenti merokok. Merokok rentan memicu dan memperparah gejala maag saat kambuh.

Jangan langsung rebahan setelah makan berat, ini bisa memicu asam lambung kamu naik.


Reference :

Heartburn relief https://www.healthline.com/health/gerd/heartburn-relief#takeaway 

Franziska Häcker and Hartmut Morck.Self-medication of upper gastrointestinal symptoms with hydrotalcite: a noninterventional community pharmacy study on drug usage and patient satisfaction. 2012; 50: 87-99. Diakses pada 29 Agustus 2019

Wang, Y. K., Hsu, W. H., Wang, S. S., Lu, C. Y., Kuo, F. C., Su, Y. C., … Kuo, C. H. (2013). Current pharmacological management of gastroesophageal reflux disease. Gastroenterology research and practice, 2013, 983653. doi:10.1155/2013/983653 Diakses pada 29 Agustus 2019

Magnesium Hydroxide 

 https://www.drugs.com/mtm/magnesium-hydroxide.html Diakses pada 29 Agustus 2019

(2019). Karger.com. Retrieved 29 August 2019, from https://www.karger.com/Article/PDF/286002


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif