obat maag akut
Ahlinya Lambung

Obat Maag Akut yang Cepat Atasi Sakit

28 August 2019 - 3 menit membaca

Banyak yang tidak tahu gejala maag itu berbeda-beda. Ada yang datang tiba-tiba, ada juga yang sering kambuh. Nah, kalau Kamu mengalami gejala maag yang tiba-tiba dan sakitnya luar biasa, bisa jadi itu tanda maag akut. Jika sudah begitu, Kamu harus  cepat minum obat yang efektif mengatasi rasa sakit. Lalu, apa saja obat yang ampuh untuk maag akut itu?

Apa itu maag akut dan apa penyebabnya?

Maag sebenarnya hanya istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai macam gejala yang muncul akibat gangguan pencernaan. Biasanya, gejala maag muncul akibat beberapa gangguan pencernaan seperti GERD (refluks asam lambung), tukak lambung, irritable bowel syndrome (IBS), serta radang lambung (gastritis).

Kamu bisa dibilang mengalami maag akut jika mengalami gejala tiba-tiba, padahal tidak ada riwayat maag sebelumnya. Biasanya gejala maag akut juga akan disertai rasa sakit yang cukup parah.

Maag akut umumnya disebabkan oleh radang lambung (gastritis). Kondisi ini terjadi ketika lapisan lambung meradang dan luka akibat asam lambung melonjak.

Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai hal, misalnya Kamu sering makan makanan pedas, terlalu banyak minum alkohol, sedang minum obat tertentu, atau terkena infeksi.

Tanda dan gejala yang ditimbulkan maag akut tidak jauh berbeda dari maag pada umumnya, seperti sakit perut, merasa lebih cepat kenyang, nyeri di dada dan ulu hati, mual, muntah, serta perut kembung.

Namun memang, bila Kamu mengalami maag akut, rasa sakitnya akan langsung parah. Maka itu, butuh penanganan yang cepat.

Apa saja obat maag akut yang ampuh mengatasi sakit?

Untuk meredakan maag akut, tentu saja Kamu harus pilih obat yang pas dan tepat sasaran. Obat-obatan yang dipilih sebaiknya memiliki formula yang lebih kuat untuk mengatasi maag akut.

Ketika memilih obat untuk maag akut, sebaiknya pilih obat yang mengandung beberapa bahan aktif berikut ini:

1. Antasida ganda (calcium carbonate dan magnesium hydroxide)


Sayangnya, jika Kamu mengalami maag akut, jenis obat antasida biasa tidak cukup mampu mengatasi rasa sakit. Maka itu, sebaiknya pilih obat yang mengandung antasida ganda.

Jenis obat antasida ganda ini menggabungkan dua jenis bahan aktif, yaitu calcium carbonate dan magnesium hydroxide.

Keduanya merupakan mineral alami yang bermanfaat untuk meredakan berbagai gejala maag seperti, sakit perut, perut kembung, dan sensasi panas di ulu hati.

Antasida ganda ini juga mampu menetralkan asam lambung dengan cepat, maka itu obat ini efektif untuk mengobati maag akut.

2. Famotidine


Famotidine adalah obat yang termasuk dalam golongan H2 receptor blocker. Obat ini biasa digunakan untuk mengobati radang perut dan usus, serta mencegah radang muncul kembali setelah sembuh.

Obat ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah pencernaan lainnya seperti GERD, radang saluran kerongkongan, dan sindrom Zollinger-Ellison.

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi produksi asam lambung berlebih, sehingga efektif meredakan gejala-gejala seperti sakit perut, batuk, sensasi panas di ulu hati (heartburn), serta kesulitan menelan.

3. Obat proton pump inhibitor (PPI)


Obat penghambat pompa proton atau PPI bekerja menyerupai antasida ganda dan famotidine, yaitu dengan menurunkan produksi asam lambung yang berlebihan. Obat ini umumnya digunakan untuk mengobati GERD serta mengurangi gejala heartburn.

Obat PPI menghambat dan mengurangi produksi asam di dalam lambung. Dengan berkurangnya asam lambung yang dihasilkan, jaringan pada esofagus akan memiliki waktu yang cukup untuk pulih, sehingga asam lambung tidak akan kembali naik.

4. Antibiotik


Gejala maag akut juga bisa terjadi akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bila ternyata maag yang Kamu alami akibat bakteri tersebut, Kamu harus minum antibiotik agar bakteri di lambung hilang.

Namun ingat, ya, obat antibiotik hanya bisa diberikan jika disertai dengan resep dokter. Kamu juga harus minum antibiotik sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter supaya cepat pulih.

Nah, untuk pertolongan pertama ketika maag akut menyerang, Kamu bisa menggunakan obat yang mengandung berbagai kandungan yang telah disebutkan sebelumnya. Salah satu obat maag akut yang bisa Kamu peroleh dengan mudah adalah Promag Double Action.

Promag Double Action diformulasikan dengan antasida ganda (Calcium Carbonate dan Magnesium Hydroxide) dan kandungan famotidine, sehingga mampu menetralkan asam lambung dengan cepat dan meredakan gejala maag akut yang menyiksa.

 
References:
Calcium Carbonate and Magnesium Hydroxide. https://www.uwhealth.org/health/topic/multum/calcium-carbonate-and-magnesium-hydroxide/d04290a1.html. Accessed July 15, 2019.
Calcium Carbonate and Magnesium Hydroxide Chewable Tablets. https://www.drugs.com/cdi/calcium-carbonate-and-magnesium-hydroxide-chewable-tablets.html. Accessed July 15, 2019.
Acute Gastritis: Causes, Symptoms, and Diagnosis. https://www.healthline.com/health/gastritis-acute. Accessed July 15, 2019.
Famotidine Tablet Peptic Ulcer Agents. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5035-2033/famotidine-oral/famotidine-oral/details. Accessed July 15, 2019.
Gastritis. https://www.emedicinehealth.com/gastritis/article_em.htm#what_otc_and_prescription_medications_treat_gastritis. Accessed July 15, 2019.
Indigestion. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/symptoms-causes/syc-20352211. Accessed July 15, 2019.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai