Nyeri Lambung Karena Maag, Begini Cara Menanganinya
Ahlinya Lambung

Nyeri Lambung Karena Maag, Begini Cara Menanganinya

18 February 2021 - 3 menit membaca

Sakit maag atau yang dikenal juga dengan istilah dispepsia merupakan rasa tidak nyaman, atau bahkan sakit di area lambung yang disebabkan oleh sejumlah kondisi. Dengan kata lain, maag bukanlah penyakit, tapi gejala dari sebuah penyakit. 

Maag sendiri sangat mudah dikenali dari beberapa gejalanya, salah satunya rasa sakit di area perut. Namun sebelum memastikannya, Anda wajib tahu jika nyeri perut karena maag berbeda dengan sakit karena usus buntu atau kondisi lainya. 

Biar nggak salah dalam menanganinya, yuk kenali ciri-ciri sakit perut karena maag, dan bedanya dengan sakit perut karena kondisi lainnya, seperti gejala GERD atau usus buntu. 

Ciri Nyeri Lambung Karena Maag

Nyeri lambung karena maag umumnya memiliki gejala yang tidak terlalu berat dan beberapa kasus bisa hilang dengan sendirinya tanpa membutuhkan penanganan dokter. Umumnya gejalanya akan diiringi dengan tambahan gejala lainnya, seperti nyeri ulu hati, mual, dan rasa asam di perut. 

Selain itu, maag pun bisa ditandai dengan gejala seperti cepat merasa kenyang, perut begah, mual, sering bersendawa, bagian perut atas kembung, nyeri di ulu hati dan di tengah dada ketika atau setelah makan, dan panas di sekitar perut bagian atas.

Hal ini berbeda dengan sakit perut karena kondisi lainnya, seperti usus buntu, atau karena infeksi bakteri. Rasa sakit yang Anda rasakan akan terasa lebih intens dan berlangsung lama. Rasa sakit ini pun tidak akan tuntas meski sudah mengkonsumsi antasida atau obat pereda maag.

Cara Menangani Nyeri Lambung Karena Maag

Menangani nyeri lambung karena maag sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi obat antasida, dan masalah sakit perut ini pun selesai dalam waktu yang sangat singkat. Ada banyak pilihan obat yang bisa Anda konsumsi, namun yang terbaik adalah PROMAG

Obat ini mengandung Hydrotalcite, Simethicone, Mg(OH)2, dalam bentuk tablet hisap dan cair, yang terbukti efektif mengurangi gejala yang berhubungan dengan gastritis, asam lambung, dan tukak lambung, yang ditandai dengan mual, nyeri ulu hati, nyeri lambung, kembung dan sakit perut

Untuk mencegah sakit perut karena maag kambuh kembali, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi PROMAG segera setelah perut terasa sakit, dan munculnya gejala maag lainnya, kemudian dilanjutkan untuk mengkonsumsi obat ini 1-2 jam sebelum tidur, dan sebelum makan atau sesudah makan.

Selain itu, Anda pun wajib melakukan pencegahan dengan melakukan beberapa langkah berikut ini: 

  1. Kurangi konsumsi makanan pedas dan banyak mengandung lemak, terutama junk food, atau makanan pedas yang bersumber dari saus dan cabai bubuk.
  2. Batasi konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda, minuman berenergi dan minuman beralkohol.
  3. Istirahat yang cukup dengan tidur minimalnya 7 jam setiap malam. Tapi ingat, hindari makan 2-3 jam sebelum tidur. 
  4. Rutin berolahraga, setidaknya 30 menit per hari untuk olahraga dengan intensitas sedang, dan berhenti merokok. 
  5. Ubah pola makan dengan makan makan sering namun dengan porsi kecil. Jangan lupa, kunyah makanan hingga maksimal dan jangan terburu-buru.
  6. Jangan tidur atau makan setelah makan. Anda harus menunggu dulu, setidaknya selama 2- 3 jam. Selain itu, sebaiknya makan dengan posisi badan tegak, jangan bersandar atau bungkuk.

Sebagai catatan, maag bisa juga bisa dipicu karena stres dan gangguan kecemasan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan stres healing dengan bermeditasi, melakukan olahraga ringan atau melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Meski cukup mudah diatasi, dan tidak terlalu berbahaya, nyeri perut karena maag sebaiknya jangan dibiarkan. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter begitu gejala sakit maag tersebut belum juga reda.


Referensi:

1. WebMD. Diakses pada 2020. Gastritis: Symptoms, Causes, Treatments, and More

2. Medical News Today. Diakses pada 2020. How to get rid of gas pain fast: 20 natural home remedies

3. Narayana Health. Diakses pada 2020. Stomach Pain and Gastric Ulcer: Treatment 

Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai