Minuman Ini Wajib Dihindari Bagi Penderita Sakit Maag
Lifestyle

Minuman Ini Wajib Dihindari Bagi Penderita Sakit Maag

29 December 2021 - 3 menit membaca




Selain makanan, pasien sakit maag wajib memperhatikan apa yang mereka minum. Pasalnya, salah memilih minuman bisa berdampak sangat fatal. Selain dapat meningkatkan peluang sakit maag kambuh, minuman-minuman tersebut dapat membuat gejala sakit maag bertambah parah.

Tidak hanya itu, beberapa minuman berpeluang besar memperburuk kondisi Anda. Misalnya minuman bersoda dan minuman beralkohol yang dapat memberikan efek kerusakan yang sangat tinggi pada lambung. Sementara untuk minuman asam, jus kemasan merupakan jenis yang wajib dihindari.

Berikut merupakan jenis minuman yang wajib dijauhi, atau minimalnya dibatasi konsumsinya untuk menurunkan resiko sakit maag kambuh. 

1. Minuman Kafein

Kafein merupakan salah satu minuman yang wajib Anda hindari, atau minimalnya dibatasi konsumsinya karena dapat melemahkan otot stingfer esofagus, dan mempermudah asam lambung  naik ke kerongkongan dan mengiritasinya. 

Tidak hanya itu, kafein juga dapat merangsang sekresi asam, yang memicu kenaikan asam lambung, menyebabkan produksi hormon gastrin meningkat, dan mempercepat datangnya gejala sakit maag. 

Ada beberapa contoh minuman berkafein yang wajib dihindari, atau dibatasi konsumsinya, seperti cokelat, kopi, minuman bersoda, minuman berenergi dan lainnya. Resiko asam lambung naik lebih besar jika kopi yang dikonsumsi dicampur dengan gula atau krim tambahan.

2. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda masuk dalam daftar teratas minuman yang wajib dihindari oleh semua kondisi, terlebih jika Anda mengalami masalah asam lambung. 

Selain mengandung kafein yang dapat melemahkan otot stingfer esofagus, dan merangsang tubuh memproduksi lebih banyak asam lambung, minuman bersoda cenderung mengandung gula tinggi dan memiliki efek yang lebih buruk terhadap lambung Anda. 

Selain itu, kandungan gula tinggi pada minuman bersoda dapat meningkatkan gangguan pencernaan lainnya, seperti sembelit, diare, dan memicu lonjakan berat badan. Ini jelas sangat buruk untuk kondisi asam lambung dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Minuman Asam

Mengkonsumsi minuman asam atau citrus memang menyegarkan. Tapi sebaiknya Anda berhati-hati dengan minuman tersebut, terutama jus kemasan. Pasalnya, kebanyakan minuman asam dibuat dari asam sitrat atau asam yang kebanyakan merupakan jenis asam sintetik.

Kandungan asam sintetik tersebut dapat mempengaruhi produksi asam lambung dan meningkatkan resiko sakit maag kambuh. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Korean Journal of Gastroenterology.

Minuman asam yang masih boleh dikonsumsi adalah asam askorbat atau vitamin C. Namun jumlahnya tidak boleh berlebihan. Harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lambung Anda.

4. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat mengiritasi dan mengikis lapisan lambung yang jadi pelindung lambung dari paparan asam lambung berlebih. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus menerus, kondisi ini akan membuat lambung terluka, sehingga mengalami kebocoran. 

Efek merusak minuman beralkohol semakin tinggi jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tinggi dan terus menerus. Bahkan bukan hanya lambung, ginjal, liver dan beberapa organ vital lainnya beresiko mengalami kerusakan yang cukup parah.

Maka dari itu, pastikan Anda untuk menjauhi minuman-minuman tersebut. Jika ingin atau terpaksa harus mengkonsumsinya, pastikan jumlahnya tidak berlebihan. 


Referensi: 

  1. WebMD. Diakses pada 2021. Top 10 Heartburn Food Triggers
  2. Healthline. Diakses pada 2021. Alcohol and GERD: Does It Hurt or Help?
  3. Healthline. Diakses pada 2021. GERD and Caffeine: Are Coffee and Tea Off Limits?
  4. NCBI. Diakses pada 2021. The Effects of Carbonated Beverages on Gastro-oesophageal Reflux Disease




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya