Minum Air Lemon Setiap Hari, Ini Dampaknya Bagi Tubuh
Health

Minum Air Lemon Setiap Hari, Ini Dampaknya Bagi Tubuh

21 June 2021 - 3 menit membaca

Lemon merupakan salah satu buah citrus yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan. Sebagai upaya detoks tubuh, banyak orang mengkonsumsi campuran air lemon dan air putih di pagi hari, sesaat setelah bangun tidur.

Menurut MedicalNewsToday, konsumsi segelas air lemon di pagi hari efektif meningkatkan suasana hati, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan tambahan energi bagi tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh dan lainnya. 

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin minum air lemon setiap hari. 

Tubuh Terhidrasi Dengan Baik

Selain asupan makanan, tubuh manusia butuh air untuk menjalankan fungsinya dengan maksimal. Meski masih banyak diperdebatkan, rata-rata tubuh manusia membutuhkan sekitar 1.5-2 liter air putih perhari, yang didapat konsumsi air putih langsung, atau makanan yang mengandung banyak air. 

Namun sayang, banyak orang malas mengkonsumsi air putih karena rasanya yang tawar. Inilah kenapa Anda butuh air lemon. Dengan menambahkan sedikit perasan air lemon, diharapkan Anda akan lebih bersemangat untuk mengkonsumsi air putih sehingga tubuh bisa terhidrasi dengan baik. 

Kebutuhan vitamin C Tercukupi

Lemon merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yang berfungsi membantu melindungi sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C dalam lemon pun efektif mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan lainnya.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 65-90 mg vitamin C per hari. Sementara dalam satu gelas air lemon, terkandung sekitar 18,6 mg vitamin C. Dengan kata lain, kebutuhan vitamin C Anda bisa tercukupi dengan minum air lemon setiap hari.

Terhindari Dari Obesitas

Menurut penelitian Oxidative Medicine and Cellular Longevity, air lemon mengandung antioksidan polifenol yang efektif menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme lemak, dan membantu mengendalikan asupan kalori.

Selain itu, senyawa antioksidan itu pun berfungsi untuk meningkatkan resistensi insulin, dan mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah. Imbasnya, Anda akan terhindar dari resiko diabetes tipe 2 dan masalah kesehatan lainnya terkait obesitas.

Terlihat Lebih Awet Muda

Antioksidan dalam air lemon pun terbukti ampuh membantu mengurangi kerutan di kulit, melembabkan kulit dan mampu mencegah penuaan dini. Anda bisa menggunakan air lemon untuk dikonsumsi langsung, atau digunakan sebagai campuran masker.

Selain itu, minum air lemon setiap hari pun efektif untuk meningkatkan penyerapan vitamin C di kulit, nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin, serta membantu mencerahkan kulit. 

Sistem Pencernaan Lebih Sehat

Konsumsi air lemon setiap hari efektif membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi dalam air lemon bisa bertindak sebagai pencahar alami yang efektif membantu mencegah sembelit dan membantu mencegah penumpukan racun di dalam tubuh. 

Rasa asam dalam air lemon efektif membantu menstimulasi agni. Dalam catatan pengobatan Ayurvedic, agni yang kuat merupakan modal utama untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat, dan memudahkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan.

Selain manfaat di atas, minum air lemon setiap hari efektif membantu mengatasi bau mulut dengan cara menghindari penumpukan bakteri di mulut, mencegah batu ginjal, dan sejumlah manfaat lainnya.  


Referensi: 

  1. healthline.com. Diakses pada 2021. 7 Ways Your Body Benefits from Lemon Water
  2. medicalnewstoday.com. Diakses pada 2021. Benefits of drinking lemon water
  3. fitnessengage.com. Diakses pada 2021. Drink Lemon Water Every Day for 7 Days and Here’s What Happens
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya