Meredakan Gejala Asam Lambung Dengan Konsumsi Minuman Ini
Ahlinya Lambung

Meredakan Gejala Asam Lambung Dengan Konsumsi Minuman Ini

15 March 2021 - 3 menit membaca

Penderita asam lambung harus selektif dalam memilih makanan. Jika tidak ingin gejala asam lambung kembali menyerang, Anda dilarang keras mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan asam tinggi, makanan tinggi lemak, makanan pedas, makanan tinggi kafein, dan lainnya.

Selain mengkonsumsi obat maag, ada beberapa jenis minuman yang direkomendasikan dikonsumsi untuk membantu meredakan gejala asam lambung. 

Teh Jahe

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research, di tahun 2011 membuktikan jika sensasi hangat pada jahe dapat membantu menenangkan tubuh, mengurangi rasa mual, bersifat anti-peradangan, sekaligus mampu menurunkan produksi asam lambung.

Anda bisa mengkonsumsi jahe dengan cara diolah menjadi teh jahe, atau bisa juga dengan membuat ramuan herbal jahe madu. Tapi ingat, pastikan untuk tidak menggunakan gula tambahan karena gula bisa menyebabkan asam lambung kembali naik, dan tetap memperhatikan takaran minumnya, untuk menghindari iritasi lambung jika minumnya berlebihan. 

Teh Licorice 

Licorice atau yang lebih dikenal dengan sebutan akar manis, merupakan tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Sama seperti jahe, Anda bisa mengolahnya menjadi teh untuk meredakan gejala asam lambung, pilek hingga gangguan pencernaan. 

Tanaman ini bekerja dengan cara menenangkan lapisan lambung, kemudian melindungi lambung dan mampu meredakan rasa sakit. Selain itu, zat aktif dalam licorice pun terbukti ampuh melindungi dinding lambung dari iritasi yang disebabkan karena produksi asam lambung berlebih. 

Susu Rendah Lemak

Anda memang disarankan untuk menjauhi makanan berlemak, namun tidak untuk susu. Menurut Eka Gupta, M.D., dari Johns Hopkins Hospital, susu merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi heartburn, melancarkan sistem pencernaan dan penyakit asam lambung. 

Selain itu, susu pun bersifat menenangkan, sehingga baik untuk mengurangi rasa sakit akibat naiknya asam lambung. Tapi untuk mendapat manfaat yang lebih maksimal, Anda disarankan mengkonsumsi susu hangat rendah lemak saat gejala asam lambung menyerang. 

Air Kelapa

Air kelapa bersifat basa sehingga cocok digunakan untuk menurunkan kandungan asam dalam lambung. Selain itu, air kelapa pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama mampu melancarkan sistem pencernaan, bersifat menenangkan dan mudah diserap tubuh. 

Untuk meredakan gejala asam lambung, Anda bisa mengkonsumsi 250 ml atau segelas air kelapa murni. Agar manfaatnya lebih maksimal, air kelapa bisa juga ditambahkan dengan madu, potongan buah melon, semangka, atau dengan daging buah kelapa serut.

Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat yang mirip dengan obat pereda rasa nyeri, seperti NSAID, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengatasi rasa sakit akibat asam lambung naik, seperti nyeri perut, nyeri di ulu hati, dan heartburn. Bonusnya, chamomile aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. 

Secangkir teh chamomile yang dicampur dengan madu atau kayu manis, pun bersifat menenangkan, sehingga mampu mengurangi stres. Tapi hati-hati, beberapa orang dilaporkan memiliki alergi terhadap teh chamomile. Jika Anda termasuk salah satunya, sebaiknya hindari konsumsi minuman herbal ini.

Selain itu, masih banyak minuman alami lainnya yang terbukti ampuh meredakan gejala asam lambung, seperti kefir, susu almond, susu kedelai, jus wortel, sari cuka apel, jus wortel, jus lidah buaya, dan lainnya. Tinggal pilih saja sesuai dengan selera. Semoga bermanfaat.


Referensi: 

  1. Medicalnewstoday. Diakses pada 2021. What to drink if you have acid reflux
  2. Prevention. Diakses pada 2021. 7 Best Foods And Drinks To Fight Your Acid Reflux
  3. Foodfornet. Diakses pada 2021. Drinks For Acid Reflux That Can Offer Easy Relief
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya