kandungan-obat-maag-paling-ampuh
Ahlinya Lambung

Mengulik Kandungan Obat Maag Paling Ampuh

24 June 2020 - 3 menit membaca

Saat asam lambung kambuh, yang kamu inginkan pasti hanya satu. Menemukan obat maag paling ampuh untuk menghilangkan berbagai gejala menyakitkan yang muncul. Wajar saja, sakit maag memang menyebabkan rasa tidak nyaman di perut bagian atas, sensasi heartburn (rasa terbakar di dada), perut kembung, dan mual.

Banyaknya obat maag yang tersedia di pasaran mungkin membuat kamu bingung harus memilih yang mana. Agar tak bingung lagi, ketahui kandungan dalam obat maag yang ampuh. 

Mengetahui kandungan obat sakit maag paling ampuh

Kamu pasti pernah mendengar bahwa obat golongan antasida adalah yang paling sering diresepkan dokter untuk mengobati maag. Antasida bekerja cepat untuk menetralkan asam lambung, sehingga  gejala maag bisa cepat sembuh. 

Namun, obat maag yang paling ampuh biasanya mengandung kombinasi tiga zat obat yang bekerja sama menetralkan asam lambung serta menghilangkan gas berlebih. Tiga zat obat tersebut adalah:

1. Magnesium hidroksida

Kandungan magnesium hidroksida dalam obat maag dapat secara ampuh mengatasi sakit maag. Kandungan inilah yang berperan dalam menetralkan asam lambung. Dengan begitu, gejala sakit maag bisa segera diredakan dalam waktu cepat.

Magnesium hidroksida pada obat maag biasanya dikonsumsi secara oral, baik dalam bentuk tablet maupun cair. 

Di samping mampu menetralkan asam lambung, kandungan magnesium hidroksida juga dapat mempertahankan struktur tulang. Kandungan ini juga membantu mengaktifkan vitamin D untuk menyehatkan tulang.

Mineral tersebut terkait erat untuk menurunkan risiko hipertensi dan aterosklerosis. 

2. Hydrotalcite

Hydrotalcite merupakan komponen penting dalam obat antasida yang paling ampuh mengatasi sakit maag. 

Kandungan ini memiliki efek yang sama dengan magnesium hidroksida. Menurut penelitian dari Klinik Markus-Krankenhaus di Frankfurt, hydrotalcite secara signifikan dan efektif meredakan gejala tukak lambung pada sakit maag. Hydrotalcyte dapat membantu meningkatkan produksi mukus yang merupakan lendir pelindung pada lapisan lambung.

Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa obat maag dengan kandungan antasida hydrotalcite dapat mengurangi gejala seperti heartburn dan regurgitasi. Regurgitasi adalah kondisi di mana makanan kembali naik ke kerongkongan karena tingginya asam lambung. 

3. Simethicone

Kandungan simethicone dalam obat maag juga jadi salah satu senyawa yang paling ampuh untuk mengobati sakit maag. Simethicone dapat menghilangkan tekanan yang menyebabkan rasa sakit akibat gas yang dihasilkan lambung. 

Lambung memproduksi gas berlebih saat sakit maag. Tak jarang orang yang asam lambungnya tinggi juga mengalami perut kembung, sering bersendawa, dan merasakan adanya tekanan pada organ area perut.

Simethicone inilah yang kemudian bertugas memecah gelembung pada sistem pencernaan dan meredakan gejalanya.

Obat maag paling ampuh apabila diminum sesuai dosis

Sakit maag bisa dialami siapa saja. Kondisi ini amat umum terjadi di masyarakat, terlebih untuk mereka yang memiliki gaya hidup kurang baik. Misalnya saja sering menunda makan karena sibuk bekerja atau mengerjakan tugas.

Jika sakit maag melanda disertai dengan gejala perut perih, nyeri ulu hati, mual, dan kembung, segera atasi dengan obat antasida, seperti Promag. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan cair dan dapat mengobati gejala sakit maag dengan cepat.

Obat antasida dikonsumsi secara oral. Umumnya, obat golongan antasida bekerja paling ampuh untuk mengatasi sakit maag dalam kondisi perut kosong.

Antasida mampu meredakan berbagai gejala sakit maag dalam 20-60 menit setelah diminum jika dikonsumsi sebelum makan. Apabila Anda meminum obat ini setelah makan, obat biasanya baru akan memberikan efek sekitar 3 jam setelah minum obat.

Obat golongan antasida dapat dikonsumsi siapa pun, baik orang dewasa maupun anak-anak. Pada orang dewasa dan anak di atas 12 tahun, obat sebaiknya dikonsumsi 3-4 kali sehari, 1-2 tablet sekali minum. Sementara pada anak-anak, obat dikonsumsi 3-4 kali sehari 1/2-1 tablet sekali minum.

Promag cair tersedia dalam kemasan sachet. Ini memudahkanmu karena dosis yang ada sudah tepat. Kamu dapat minum sebanyak 3-4 kali sehari untuk 1-2 sachet pada orang dewasa dan anak di atas 12 tahun. Sementara pada anak 6-12 tahun perlu minum 3-4 kali sehari untuk 1/2-1 sachet sekali minum.

Obat maag akan bekerja paling ampuh jika kamu mengikuti dosis yang tepat atau sesuai dengan anjuran dokter. Dengan begitu, kamu dapat bisa segera terbebas dari sakit maag. 

  


Referensi:

Magnesium Hydroxide. https://www.drugs.com/mtm/magnesium-hydroxide.html. Diakses 8 Oktober 2019.

Simethicone Capsule. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-341-8265/simethicone-oral/simethicone-oral/details. Diakses 8 Oktober 2019.

Can You Use Magnesium to Treat Acid Reflux? https://www.healthline.com/health/gerd/magnesium-acid-reflux. Diakses 8 Oktober 2019.

Holtermüller, KH., Liszkay, M., Bernard, I., & Haase, W., Therapy of stomach ulcer--a comparison between the low dosage antacid hydrotalcite and ranitidine--results of a randomized multicenter double-blind study. Z Gastroenterol, 30(10):717-21. Diakses 8 Oktober 2019.

Antacids. https://www.rxlist.com/antacids/drugs-condition.htm. Diakses 8 Oktober 2019.

Hydrotalcite. https://www.netdoctor.co.uk/medicines/digestion/a6877/hydrotalcite/. Diakses 8 Oktober 2019.

Häcker, F., & Morck, H. (2012). Self-medication of upper gastrointestinal symptoms with hydrotalcite: a noninterventional community pharmacy study on drug usage and patient satisfaction. Int. Journal Of Clinical Pharmacology And Therapeutics, 50(02), 87-99. doi: 10.5414/cp201576. Diakses 8 Oktober 2019.

Drugs. Life Antacids. Diakses 8 Oktober 2019.


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif