manfaat nanas
Ahlinya Lambung

Mengenal Manfaat Kandungan Ananas (Nanas) untuk Atasi Sakit Maag

25 September 2020 - 3 menit membaca

Ananas atau biasa dikenal nanas sering dijadikan hidangan penutup setelah menyantap makanan. Nanas merupakan buah tropikal yang berserat dan memiliki kandungan yang baik untuk melindungi kesehatan pencernaan, termasuk lambung. Tahukah kamu, dalam dunia kesehatan kandungan khusus di dalam nanas memberi manfaat untuk meredakan gejala asam lambung naik pada sakit maag.

Manfaat kandungan di dalam nanas untuk atasi sakit maag

Nanas, buah segar yang hampir digemari setiap orang. Namun, nanas bukan sedar buah yang menyegarkan lho. Di dalamnya, terdapat kandungan penting untuk mengatasi gejala awal sakit maag.

Nanas segar mengandung enzim bromelain yang memiliki sifat gastroprotektif atau melindungi kesehatan sistem pencernaan, termasuk lambung. Enzim bromelain hadir secara alami di dalam nanas dan memiliki sifat antiperadangan untuk mengatasi beragam kondisi kesehatan. Sifat antiperadangan dalam enzim bromelain mampu meredakan pembengkakan akibat peradangan, mulai dari masalah sistem pencernaan, pemulihan luka operasi, hingga cedera luka fisik.

Pada kasus sakit maag dan kenaikan asam lambung, berikut manfaat enzim bromelain di dalam nanas.

Mengurangi gejala perut kembung

Enzim bromelain dalam nanas memiliki kandungan spesifik yang membawa manfaat atasi gejala awal maag. Enzim bromelain berfungsi sebagai pemecah protein di dalam sistem pencernaan dan membantu mengurangi gejala kembung. 

Kembung biasanya ditandai dengan perut terasa begitu penuh dan kencang, sehingga perut terasa sakit karena banyak angin yang terjebak di dalamnya. Kembung juga menandakan kamu mengalami gejala awal sakit maag.

Kembung terjadi saat dipicu dari makanan tertentu yang menyebabkan asam lambung naik, seperti makanan pedas, terlalu asam, makanan berlemak, dan lainnya. Gejala ini tentunya mengganggu dan membuat kamu susah berkonsentrasi karena berusaha menahan sakit perut.

Namun, gejala ini dapat diredakan melalui kandungan bromelain dalam nanas. Bromelain menstimulasi kerja enzim pencernaan untuk cepat mencerna makanan dan mengurangi produksi gas berlebih di dalam perut. Dengan begitu, bromelain di dalam nanas memberi manfaat untuk mengurangi ketidaknyamanan perut kembung saat sakit maag.

Mengatasi peradangan pada lambung

Pada gejala sakit maag biasa, asam lambung belum sampai melukai atau meradang pada dinding lambung. Namun, jika masalah sakit maag tidak diatasi, ada kemungkinan berkembang pada gejala yang serius. Salah satunya peradangan pada dinding esofagus dan lambung.

Selain membuat perut kembung, produksi asam lambung saat sakit maag dapat mengiritasi dan memicu peradangan pada dinding lambung. Bila sudah terjadi, rasanya perut jadi perih karena dinding lambung mulai terluka.

Peradangan akibat asam lambung ini dapat diatasi dengan bromelain. Kandungan bromelain dalam nanas membawa manfaat antiperadangan dan mendukung pemulihan jaringan yang terluka. 

Dikatakan dalam penelitian Pienapple Research Station dari Kerala Agricultural University, bromelain memberikan efek terapeutik dalam mengatasi peradangan di dalam sistem pencernaan. Dalam artikel tersebut dikatakan, banyak peneliti menyarankan untuk menyertakan nanas dalam menu makan harian karena mampu melindungi kesehatan pencernaan.

Kini kamu sudah tahu kan, senyawa bromelain dalam nanas mendukung manfaat yang baik dalam pemulihan sakit maag. 

Selain buah nanas, obat herbal ini juga cepat atasi gejala maag

Berkat kandungan bromelain, manfaat nanas untuk meredam gejala gangguan lambung tidak perlu diragukan. Tapi perlu kita ketahui, mungkin tak setiap saat kita mengonsumsi nanas saat lambung terganggu. Ada cara yang lebih praktis untuk atasi lambung terganggu, yaitu dengan konsumsi Promag Herbal.

Promag Herbal mengandung delapan kandungan alami yang bantu redakan gangguan lambung, yakni kunyit, jahe merah, ananas, madu dan royal jelly, akar manis, adas, dan daun mint. Obat ini dapat diminum langsung ataupun dicampurkan ke air hangat serta dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Kandungan ini mampu atasi gangguan lambung, kembung karena asam lambung, maupun mual dan muntah.

Obat herbal maag tersebut dapat dikonsumsi sebagai upaya preventif sebelum timbul gejala maag. Dengan kemasan yang praktis dan bisa dibawa ke mana saja, kamu bisa selalu sedia Promag Herbal sebagai antisipasi sakit maag kapan saja.

Manfaat nanas dan obat herbal ini bisa kamu gunakan sewaktu-waktu gejala maag timbul. Namun, jangan lupa untuk mengatur pola makan dan menghindar pemicu sakit maag. Dengan demikian, kesehatan lambung dapat senantiasa terjaga, ya!


Referensi:

Pavan, R., Jain, S., Shraddha, & Kumar, A. (2012). Properties and Therapeutic Application of Bromelain: A Review. Biotechnology Research International, 2012, 1-6. doi: 10.1155/2012/976203

Joy, P.P.. (2010). Benefits and uses of pineapple. 10.13140/RG.2.1.2782.4888. 

de Lencastre Novaes, L., Jozala, A., Lopes, A., de Carvalho Santos-Ebinuma, V., Mazzola, P., & Pessoa Junior, A. (2015). Stability, purification, and applications of bromelain: A review. Biotechnology Progress, 32(1), 5-13. doi: 10.1002/btpr.2190

Godman, H. (2018). Digestive enzyme supplements for heartburn? - Harvard Health Blog. Retrieved 27 August 2020, from https://www.health.harvard.edu/blog/will-digestive-enzyme-supplements-help-your-heartburn-2018041313643

Pavan, R., Jain, S., Shraddha, & Kumar, A. (2012). Properties and Therapeutic Application of Bromelain: A Review. Biotechnology Research International, 2012, 1-6. doi: 10.1155/2012/976203

Indigestion - Symptoms and causes. (2020). Retrieved 27 August 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/symptoms-causes/syc-20352211#:~:text=Indigestion%20%E2%80%94%20also%20called%20dyspepsia%20or,soon%20after%20you%20start%20eating

Rathnavelu, V., Alitheen, N., Sohila, S., Kanagesan, S., & Ramesh, R. (2016). Potential role of bromelain in clinical and therapeutic applications. Biomedical Reports, 5(3), 283-288. doi: 10.3892/br.2016.720

R, P., S, S., D, S., S, R., F, P., & C, S. et al. (2009). Benefit of dietary integrators for treating functional dyspepsia: a prospective pilot study. Minerva Gastroenterologica E Dietologica, 55(3). Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19829282/

Publishing, H. (2020). Gut reaction: A limited role for digestive enzyme supplements - Harvard Health. Retrieved 27 August 2020, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/gut-reaction-a-limited-role-for-digestive-enzyme-supplements

Indigestion symptoms and treatments. (2020). Retrieved 27 August 2020, from https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/stomach-liver-and-gastrointestinal-tract/indigestion#:~:text=The%20stomach%20acid%20breaks%20down,(to%20acidity%20or%20stretching).

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Pantangan Makanan Sakit Maag, Mitos atau Fakta?

Ahlinya Lambung

5 Minuman yang Bisa Menjadi Obat Herbal Alami Redakan Gangguan Lambung

Ahlinya Lambung

4 Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag yang Kambuh