nyeri ulu hati saat hamil
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

24 September 2019 - 3 menit membaca

Nyeri pada ulu hati bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja, tak terkecuali saat hamil. Selain menimbulkan rasa kurang nyaman, nyeri ulu hati juga bisa membuat ibu hamil (bumil) jadi sulit beraktivitas dengan leluasa. Jadi, jangan disepelekan! Mari kenali serangkaian cara memulihkan ulu hati yang nyeri saat hamil.

Penyebab ulu hati terasa nyeri saat hamil


Nyeri pada ulu hati, termasuk saat hamil, bisa disebabkan oleh beragam penyebab yang terkait dengan sistem pencernaan. Kondisi ini sebenarnya bisa terjadi kapan pun selama masa kehamilan.

Hanya saja, nyeri ulu hati biasanya mulai lebih intens dan sering muncul di trimester ketiga kehamilan. Kenapa keluhan ini bisa terjadi? Alasan utamanya sebenarnya belum ditemukan secara pasti.

Namun, peningkatan hormon progesteron di dalam tubuh selama kehamilan disebut-sebut dapat memengaruhi sfingter esofagus alias katup kerongkongan. Katup esofagus ini seharusnya bertugas untuk sebagai jalan masuknya makanan dan minuman dari mulut menuju ke perut. 

Sayangnya, kadar hormon yang naik saat hamil bisa membuat katup kerongkongan melemah dan menjadi gampang terbuka kapan saja. Hal ini kemudian menyebabkan asam di dalam lambung dengan mudahnya akan naik ke kerongkongan.

Inilah mengapa bumil bisa mengeluhkan nyeri pada ulu hati. Alasan lain timbulnya nyeri ulu hati saat hamil, karena seiring bertambahnya usia kehamilan, ukuran tubuh janin di dalam kandungan juga akan semakin besar.

Ketika mulai memasuki trimester kedua dan ketiga, ukuran perut bumil juga akan ikut membesar sebagai bagian dari perkembangan janin. Nah, itu membuat lambung terdorong dan tertekan. Akhirnya memicu asam lambung naik ke kembali ke kerongkongan dan menimbulkan nyeri pada ulu hati saat hamil.

Pemicu nyeri pada ulu hati saat hamil lainnya


Perubahan kadar hormon dan ukuran janin yang kian membesar memang bisa menyebabkan ulu hati nyeri saat hamil. Akan tetapi, ternyata ada berbagai hal lainnya yang bisa memicu keluhan ini terjadi pada para bumil, lho.

Mulai dari hobi makan makanan pedas, berlemak, dan asam, maupun porsi makan yang terlalu banyak. Jam makan yang mepet dengan jam tidur, langsung berbaring usai makan, bahkan merokok, juga bisa semakin memperparah nyeri ulu hati saat hamil. 

Cara mengatasi nyeri ulu hati saat hamil 


Kondisi kesehatan tubuh masing-masing bumil tidak selalu sama. Jadi, meski sedang hamil bukan berarti kamu sudah pasti akan mengalami nyeri ulu hati.

Timbulnya nyeri ulu hati saat hamil tentu tergantung dengan pola makan, kebiasaan harian, kondisi tubuh, hingga kondisi kehamilan masing-masing bumil.

Nah, saat ulu hati tiba-tiba terasa nyeri saat hamil, kamu bisa membantu meringankan keluhannya dengan cara seperti berikut ini :

1. Minum obat pereda nyeri ulu hati


Solusi cepat dan praktis untuk meredakan nyeri ulu hati saat hamil yakni dengan minum obat. Namun ingat, kamu tidak boleh asal minum obat selama hamil, ya.

Agar lebih aman, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan dosis serta waktu minum obat yang tepat. Bumil bisa minum promag cair maupun tablet untuk membantu mengatasi keluhan nyeri pada ulu hati.

Ini karena Promag mengandung formula hydrotalcite, magnesium hydroxide, dan simethicone di dalamnya. Di samping bekerja cepat dan tahan lama untuk mengatasi nyeri ulu hati, kandungan tersebut juga aman untuk diminum oleh bumil.

Selama diminum sesuai dengan dosis yang disarankan, Promag bisa menjadi solusi ketika nyeri ulu hati menyerang saat hamil.

2. Perhatikan waktu, sumber, dan jumlah asupan makanan harian


Apakah selama hamil ini kamu hobi makan makanan pedas, berlemak, asam, bahkan dalam porsi yang sangat banyak? Jika ya, coba mulai dikurangi atau dihentikan dari sekarang.

Beberapa jenis makanan tersebut memang lezat dan bisa semakin menambah nafsu makan. Namun tanpa sadar, jenis makanan tersebut juga dapat turut memicu munculnya nyeri ulu hati saat hamil, lho.

Selain itu, usahakan untuk makan tidak terlalu dekat dengan jam tidur. Penting juga untuk makan dalam porsi yang cukup, dan kunyah setiap suapan dengan perlahan atau tidak terburu-buru.

Jangan sampai kamu jadi tidak makan karena takut nyeri muncul di ulu hati ya. Jika begitu, sebaiknya makan dalam porsi yang kecil tapi sering. 

3. Hindari langsung berbaring setelah makan 


Langsung berbaring atau bahkan tidur setelah makan bisa memicu sekaligus memperparah nyeri pada ulu hati saat hamil. Jadi, biasakan untuk memberikan jeda waktu sekitar 2-3 jam bila kamu ingin tidur setelah makan.

Intinya, agar nyeri ulu hati cepat hilang dan tak mengganggu, kamu harus menerapkan pola makan yang sesuai kebutuhan, melakukan gaya hidup sehat, dan minum obat yang aman saat kehamilan.

Namun, apabila keluhan ini tidak kunjung membaik atau hilang selama kehamilan, konsultasikan kembali dengan dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. 


Reference :

Heartburn During Pregnancy: Causes and Treatment. https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/heartburn-during-pregnancy/ Accessed on August 28th 2019.

Pregnancy and Heartburn. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=pregnancy-and-heartburn-134-10 Accessed on August 28th 2019.

Heartburn, Acid Reflux, and GERD During Pregnancy. https://www.healthline.com/health/gerd/pregnancy Accessed on August 28th 2019.

Garcia-Gathright, J., Oh, A., Abarca, P., Han, M., Sago, W., Spiegel, M., Wolf, B., Garon, E., Bui, A. and Aberle, D. (2015). Representing and extracting lung cancer study metadata: Study objective and study design. Computers in Biology and Medicine, 58, pp.63-72. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4071443/

Ruth Law., Caroline Maltepe., Pina Bozzo., dan Adrienne Einarson. (2010). Treatment of Heartburn and Acid Reflux Associated With Nausea and Vomiting During Pregnancy. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2821234/

Interventions for Heartburn in Pregnancy. https://www.cochrane.org/CD011379/PREG_interventions-heartburn-pregnancy Accessed on August 28th 2019.

Over-the-Counter Medications in Pregnancy. https://www.aafp.org/afp/2003/0615/p2517.html Accessed on August 28th 2019.

Simethicone. https://www.mims.com/philippines/drug/info/simeticone?mtype=generic Accessed on August 28th 2019.

Magnesium Hydroxide. http://www.mims.com/indonesia/drug/info/magnesium%20hydroxide?mtype=generic Accessed on August 28th 2019.

Hydrotalcite. https://www.mims.com/malaysia/drug/info/hydrotalcite?mtype=generic Accessed on August 28th 2019.

Hydrotalcite. https://www.tabletwise.com/medicine/hydrotalcite Accessed on August 28th 2019.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Tips Mengatasi Asam Lambung Naik dengan Cepat