Mengatasi Gejala GERD Supaya Tak Sering Kambuh. Ini Tipsnya!
GERD

Mengatasi Gejala GERD Supaya Tak Sering Kambuh. Ini Tipsnya!

19 February 2021 - 3 menit membaca

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan gejala gangguan pada lambung yang cukup sering kambuh, terutama setelah Anda melakukan beberapa kebiasaan buruk, seperti konsumsi makanan pedas, makanan tinggi lemak, atau makan tidak teratur. 

Untuk mengobati GERD, tentu Anda wajib memotong penyebab utamanya, terutama beberapa kebiasaan buruk, seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan lainnya. Selain itu, Anda pun bisa disarankan beberapa trik berikut ini untuk mencegah GERD kambuh kembali.

Minum Banyak Air Putih

Selain untuk mencegah dehidrasi, penelitian membuktikan jika konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup efektif mengatasi iritasi di saluran pencernaan, sekaligus mampu menetralkan asam lambung. Anda disarankan mengkonsumsi air putih, setidaknya 2 liter per hari. 

Tapi ingat, sebaiknya konsumsi air putih secara berkala. Selain itu, hindari minuman dengan tambahan pewarna buatan, minuman bersoda dan minuman dengan kandungan gula tinggi.

Hindari Kafein

Kafein merupakan bahan yang dapat memicu kenaikan asam lambung. Dalam kondisi normal, kafein bisa dinetralisir oleh lambung. Namun ketika lambung Anda bermasalah, kafein akan sulit dinetralisir hingga menyebabkan masalah kenaikan asam lambung, dan memicu gejala GERD.

Maka dari itu, saat lambung Anda bermasalah, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, coklat, teh, beberapa produk minuman berenergi dan lainnya

Perbanyak Konsumsi Serat 

Makanan tinggi serat terbukti ampuh mengatasi GERD dengan cara membantu mengendalikan produksi asam lambung. Selain dapat membuat kenyang lebih lama, serat terbukti mampu menyerap kelebihan asam lambung, dan mencegah terjadinya GERD. 

Anda bisa mendapatkan asupan serat yang cukup dari beberapa makanan, seperti oatmeal, sayuran hijau, rumput laut, buah-buahan non asam dan makanan lainnya.

Makan Jadi Sering Tapi Sedikit

Untuk meringankan kinerja sistem pencernaan, sebaiknya ubah pola makan dengan cara makan sedikit tapi sering. Jika biasanya Anda makan 3 kali dalam sehari, kini cobalah untuk menggunakan pola makan 5-6 kali sehari dengan jumlah asupan yang lebih sedikit. 

Tapi ingat, selain pola makannya, Anda pun wajib memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Pastikan untuk menjauhi makanan pedas, tinggi lemak, buah-buahan asam, dan lainnya. 

Kunyah Makanan Hingga Halus

Sebenarnya tidak ada batasan berapa kali Anda harus mengunyah makanan. Namun yang jelas, banyak pakar kesehatan menyarankan agar Anda mengunyah makanan, setidaknya hingga 32 kali kunyahan, atau hingga makanan tersebut benar-benar halus sebelum menelannya. 

Selain untuk meringankan kinerja lambung dalam mencerna makanan, mengunyah makanan hingga halus bertujuan agar proses penyerapan nutrisi pada makanan berjalan lebih maksimal. 

Hindari Stres

Stres ternyata dapat menurunkan kadar hormon prostaglandin yang berfungsi memperkuat barrier yang bertugas melindungi lapisan lambung dari Asam lambung. Kondisi ini mirip dengan pemakaian obat anti-nyeri yang beresiko merusak lambung karena dapat menghambat prostaglandin.

Selain itu, stres ternyata dapat meningkatkan resiko infeksi bakteri Helicobacter pylori yang dapat mengganggu kinerja lambung, dan memicu gejala GERD. 

Konsumsi PROMAG

Saat maag menyerang, Anda butuh solusi cepat dan tepat untuk mengatasinya. PROMAG merupakan antasida yang berfungsi untuk membantu meringankan dan mengatasi gejala GERD, seperti perut kembung, sensasi terbakar di tenggorokan akibat asam lambung naik, sakit di area perut, mulut terasa asam dan lainnya. 

Untuk mengobati GERD, Anda bisa mengkonsumsi satu tablet hisap PROMAG sebelum atau sesudah makan. Anda bisa mendapatkan PROMAG di toko obat, apotik, atau warung terdekat.


Referensi:

  1. Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gastroesophageal reflux disease (GERD) - Diagnosis and Treatment
  2. Healthline. Diakses pada 2020. 14 Home Remedies for Heartburn and Acid Reflux
  3. Harvard Health. Diakses pada 2020. 9 ways to relieve acid reflux without medication
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai